in

Inilah 4 Fakta Power Balance yang Pernah Bikin Masyarakat Indonesia Heboh

power balance [image source]

Kalau menengok perilaku orang Indonesia, bisa dibilang masyarakat kita mudah terbawa arus. Misal, asalkan ada hal baru yang jadi viral di kalangan artis, langsung saja ikutan biar jadi bergaya. Entah itu cara berpakaianlah, makanan favoritlah hingga gaya hidup pun ditirukan. Padahal tidak selamanya kan apa yang dilakukan para orang terkenal itu cocok dengan kita.

Tentang kebiasaan tiru-tiru orang indonesia, pasti ingat dong gelang power balance yang pernah menjamur. Ya, dulu sempat viral, kini gelang yang dianggap menyehatkan ini seolah lenyap ditelan bumi. Kira-kira kenapa gelang itu dulu bisa seviral itu ya? Simak ulasan berikut.

Sempat menjadi trend masyarakat Indonesia

Rupanya jenis gelang yang satu ini pernah merebut perhatian dunia dengan berbagai khasiatnya. Ya, sepertinya masyarakat  Indonesia pun juga menjadi salah satu negara yang ikut-ikutan trend gelang yang satu ini. Tidak hanya orang biasa, bahkan kalangan orang terkenal seperti Christiano Ronaldo dan David Becham pun diketahui pernah menggunakan gelang power balance di tangannya.

power balance [image source]
Berdasarkan ketenaran gelang itu, akhirnya muncul pula versi imitasi power balance yang lebih murah namun juga punya khasiat serupa. Kocaknya, meskipun banyak yang imitasi, ribuan hingga ratusan ribu orang yang rela merogoh kocek tidak sedikit demi membeli barang yang satu ini.

Khasiat dari power balance versi 2010

Masyarakat tahun itu percaya bahwa gelang power Palace mempunyai sebuah khasiat khusus dalam bidang medis. Seperti dapat membuat tubuh semakin kuat, menghilangkan penyakit di dalam hingga memberikan aura positif. Itu semua karena manfaat dari terapi hologram yang ada dalam gelang ini.

Manfaat gelang PB [image soure]
Ya, hologram batu khusus yang ada dalam gelang ini serupa sebuah terapi pengobatan alternatif. Karena kabar keampuhan dari gelang power balance itu yang cepat menyebar, akhirnya dilakukanlah penyelidikan ilmiah dalam pada gelang viral yang satu itu. Rupanya, hasil yang diperoleh sungguh mengejutkan. Pasalnya bukan karena  hologram dalam gelang itu yang membuat sehat, melainkan sebuah efek plasebo.

Apa itu efek plasebo?

Bisa dibilang efek plasebo ini dapat disamakan dengan pepatah jawa “ Yang penting yakin”. Ya, plasebo sebuah pengobatan medis dengan penanganan palsu atau dalam arti lain mengontrol sebuah pengharapan. Bisa dibilang penggunaan teknik plasebo ini mencoba “menipu” pasien dengan meyakinkan mereka akan segera sembuh.

Dipakai banyak artis [image source]
Seperti yang diketahui, efektivitas sebuah keyakinan dalam sebuah dalam pengobatan bisa dibilang sangat tinggi. Alhasil, mereka yang dalam keadaan sangat parah pun akan bisa sembuh jika memiliki keyakinan yang tinggi. Rupanya efek itu pula yang selama ini ada di gelang power balance. Memang pemakai power balance bisa lebih bugar ketimbang yang lain, namun bukan karena pengaruh gelang melainkan keyakinan diri sendiri.

Bagaimana nasib gelang itu sekarang?

Ya, seperti yang sudah diduga, banyak pihak yang merasa dibohongi dengan gelang  unik tersebut. Akhirnya perusahaan pemroduksi gelang power balance meminta maaf jika memang ada pihak yang merasa tertipu dengan promosi mereka. Bukan hanya perusahaannya, namun nasib gelangnya pun rupanya mengalami nasib miris.

Ronaldo power balance [image source]
Dulu mungkin satu gelang itu bisa berharga ratusan ribu perbijinya. Bahkan yang KW pun masih dihargai lebih dari lima puluh ribu. Namun sekarang mungkin dengan sepuluh ribu bisa dapat banyak.

Kocak juga melihat betapa hebohnya orang Indonesia saat gelang ini jadi tren dulu. Bisa dibilang kalau kita sedang tertipu berjamaah. Memang mengikuti tren yang sedang berkembang itu sah-sah saja, tapi juga perlu dicek dulu kebenaranya ya.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

14 Berita Ngawur yang Sempat Viral Ini, Dijamin Bakal Buat Kamu Terpingkal Sampai Jengkulitan

4 Anggota TNI yang Rela Berkorban Harta dan Nyawa Demi Masyarakat, Bukti Pengabdian Total