in

Sering Dipakai Usir Tikus, Ini 5 Fakta Pohon dan Buah Bintaro Mengandung Racun Mematikan

Mungkin beberapa di antara kamu tidak begitu familiar dengan pohon bintaro. Atau sebenarnya kamu sudah pernah melihat pohonnya, tapi tak mengetahui kalau itulah pohon bintaro. Karena pohon ini bisa ditemukan di sekitar kita atau di daerah pantai.

Selain itu, kalau kamu mencari tahu tanaman atau buah apa yang bisa digunakan untuk mengusir tikus, bintaro bakal jadi buah yang banyak direkomendasikan. Meski dikenal ampuh mengusir tikus di rumah, ternyata pohon dan buah bintaro mengandung racun yang sangat berbahaya lho.

Mengenal pohon bintaro

Pohon bintaro bisa tumbuh mencapai tinggi 10 hingga 12 meter, dengan daun runcing dan memiliki bunga kelopak warna putih. Buah dari pohon bernama latin Cerbera manghas ini berwarna hijau mengkilap dan halus. Jika dilihat sekilas, sangat mirip dengan markisa.

Pohon bintaro [sumber gambar]
Jika matang, warna buah akan berubah menjadi ungu kemerahan, kemudian menghitam dan mengelupas, menyisakan kerangka buah di dalamnya seperti kelapa kecil. Pohon bintaro biasa ditemui di daerah pantai atau mangrove. Tapi, tak sedikit ditemui di pekarangan dalam perumahan atau pinggir jalan.

Mulai dari pohon hingga buahnya mengandung racun mematikan

Dilansir dari Detik, dosen Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB Taufikurahman mengatakan bahwa pohon ini mengandung racun yang berbahaya. Pohon dan buahnya tidak berbahaya kalau disentuh secara langsung, tapi kalau termakan bisa fatal akibatnya. Jika buahnya dikonsumsi manusia, bisa menyebabkan kematian.

Buah bintaro yang mulai matang [sumber gambar]
Racun yang terkandung bukan hanya dari pohon dan buahnya, tapi juga daun dan getahnya. Racun yang terkandung dalam bintaro bernama cerberin. Jika tertelan, gejala awal bisa seperti muntah, diare, mengantuk, sampai detak jantung melambat. Jika terkena kulit dan mata, getahnya bisa mengiritasi dan menyakiti.

Punya manfaat tersendiri

Meski terdengar mengerikan karena punya racun di segala penjuru pohonnya, nyatanya bintaro bisa membawa manfaat tersendiri. Pohonnya bisa dijadikan untuk penghijauan, meneduhkan, hingga menahan erosi. Selain itu, buahnya dikenal bisa ampuh mengusir tikus.

Buah bintaro dimanfaatkan untuk mengusir tikus [sumber gambar]
Caranya cukup dengan meletakkan buah bintaro di daerah yang biasa dilewati tikus. Hewan pengerat yang punya indera penciuman kuat itu, akan terganggu dengan bau dan racun yang dikeluarkan buah bintaro. Bukan cuma tikus, buah bintaro juga bisa untuk mengusir hama ulat.

BACA JUGA: Waspada! 5 Tumbuhan Sepele yang Sering Ada di Sekitarmu Ini Bisa Menjadi Pembunuh

Segala sesuatu yang ada di dunia ini pasti punya dampak buruk dan manfaatnya, seperti pohon dan buah bintaro. Walaupun punya racun yang mematikan, nyatanya ada manfaat yang bisa dipetik oleh manusia dari bintaro. Tapi, untuk menghindari terkena getah dan keracunan bintaro, selalu waspada dan hati-hati ya! Apalagi jika ada anak-anak di sekitar pohon bintaro tersebut.

Written by H

Catatan Kebijakan Kontroversial 3 Menteri Agama Era Presiden Jokowi

5 Kontroversi Fuji Sejak Mendadak Terkenal, Begini Kata Artis Senior