in

Pedang Al-Battar, Senjata Legendaris yang Dikatakan untuk Melawan Dajal di Akhir Zaman

Keberadaan pedang di masa lalu bisa dibilang merupakan saksi sejarah dari peristiwa yang terjadi pada saat itu. Tak heran jika nilai historis yang terkandung di dalamnya memiliki kisah yang sangat bernilai. Salah satunya adalah Al-Battar, yang merupakan senjata peninggalan Nabi Muhammad SAW.

Al-Battar sendiri merupakan satu dari sekian jenis pedang yang menjadi warisan peninggalan Nabi Muhammad. Bukan sekedar senjata, pedang tersebut memiliki nilai sejarah karena ikut menjadi bagian dari upaya sejarah Islam di masa lalu. Bahkan, Al-Battar diklaim akan digunakan untuk membunuh Dajal kelak di akhir zaman. Simak ulasan dari Boombastis.com berikut ini.

Pedang legendaris yang merupakan hasil rampasan perang

Dilansir dari laman Usna.edu, pedang Al-Battar merupakan bagian dari benda rampasan yang sebelumnya dimiliki oleh Bani Qainuqa’ di Madinah. Secara fisik, senjata tajam tersebut memiliki panjang 101 cm, dengan desain gagang melengkung khas pedang Timur Tengah di masa itu. Pedang Al-Battar sendiri memiliki keterkaitan sejarah sebagai peninggalan para Nabi

Senjata tajam yang memiliki ukiran nama-nama Nabi sebagai penggunanya

Ukiran pada pedang Al-Battar [sumber gambar]
Datang dari zaman di mana peperangan masih lazim terjadi, pedang Al-Battar diklaim sebagai senjata yang merupakan warisan dari para Nabi. Pada salah satu bagian pedang, terukir nama-nama dari Nabi yang menggunakan Al-Battar, yakni Daud, Sulaiman, Musa, Harun, Yusa’, Zakariyah, Yahya, Isa, dan Muhammad, dalam khat (tulisan atau huruf) Arab.

Diklaim akan digunakan oleh Nabi Isa alaihi salam untuk melawan Dajal

Diklaim akan digunakan untuk melawan Dajal [sumber gambar]

Menurut keterangan yang dilansir dari Usna.edu.com, pedang Al-Battar diklaim akan digunakan kelak oleh Nabi Isa untuk melawan sosok Dajal yang muncul di akhir zaman. Dalam hadist, dikisahkan bahwa Nabi Isa akan membunuh manusia bermata satu itu di gerbang Lod (kota Lud) yang kini berada di Israel. “Sesungguhnya Isa Bin Maryam Akan Membunuh Dajal Di Bab Lud (Gerbang Lod).” (Hr Ahmad, Turmudzi, Dan Nu’Aim Bin Hamad).

Pedang lainnya yang merupakan warisan dari Nabi Muhammad SAW

Semasa hidupnya, Nabi Muhammad setidaknya meninggalkan 9 pedang yang dulu pernah digunakannya selain Al-Battar, yakni Dhu al-Faqar (perang Badar), Al-Ma’thur, Hatf, Al-Mikhdam, Al-Rasub, Al-‘Adb, dan Al-Qadib. Kesemuanya merupakan senjata yang juga menjadi saksi sang Rasul memperjuangkan Islam di tanah Arab pada saat itu.

BACA JUGA: Inilah 9 Pedang Milik Rasulullah SAW Yang Melegenda

Kini, pedang bersejarah itu tersimpan dengan aman di Museum Topkapi yang berada di Istanbul, Turki. Kelak di akhir zaman, Nabi Isa memang akan kembali ke dunia untuk membunuh Dajal, sosok yang menjadi penyesat umat manusia dengan fitnahnya yang luar biasa pada saat itu.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Kilas Balik Sejarah Perang Aceh, Pertempuran Terlama yang Bikin Militer Belanda Frustasi

Nggak Kalah dari Perompak Somalia, Para Begal Lampung Sekarang juga Beraksi di Lautan