in

5 Fakta Gurkha, Pasukan Bayaran Paling Sangar yang Kiprahnya Mendunia

Pada awalnya hanya sekumpulan orang-orang dusun yang gila perang, namun pada akhirnya mampu membuat dunia terhenyak. Ya, ini adakah kisah tentang Gurkha, tentara bayaran paling berani, sangar, dan juga loyal yang pernah ada. Negara mana pun yang memakai jasa mereka, seakan sudah jaminan menang. Saking berprestasinya pasukan asal Nepal ini.

Baca Juga: 5 Kemampuan Ajaib yang Harus Dimiliki Pasukan Khusus ini Tak Mungkin Kamu Tiru

Awal munculnya Gurkha sendiri adalah sebagai buntut dari konfrontasi mereka dengan Inggris di tahun 1814. Ketika itu Britania mendeklarasikan perang terhadap Nepal lantaran sebuah sebab. Perang memang benar terjadi, namun tidak ada pemenang dalam konfrontasi itu. Inggris yang terkesan kemudian malah mengajak pasukan sangar ini untuk masuk ke dalam kesatuan mereka. Inilah awal mula lahirnya pasukan Gurkha yang terkenal itu.

Nah, untuk mengetahui lebih dalam tentang tentara gila ini, berikut adalah fakta-fakta unik dan sangar tentang mereka yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya.

1. Fisik Pasukan Gurkha yang Kecil Mungil Tapi Mematikan

Secara fisik sebenarnya pasukan Gurkha itu tidak jauh beda dari kita orang Indonesia. Posturnya cukup kecil dan tidak terlalu tinggi. Meskipun begitu, namun fisik yang kecil malah menjadi semacam keuntungan tersendiri buat mereka. Ya, kecepatan dan taktisnya mereka sangat unggul kalau dibandingkan orang-orang barat.

Pasukan Gurkha di masa lalu [Image Source]
Pasukan Gurkha di masa lalu [Image Source]
Fisik mungkin kecil, tapi mereka terlatih tanpa sadar. Tinggal di Nepal yang arealnya bergunung-gunung dan sangat ekstrem, memaksa mereka untuk beradaptasi. Hal tersebut akhirnya terbawa menjadi kebiasaan dan pada akhirnya malah memberikan keuntungan tersendiri.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Dunia Paling Tersembunyi di Bumi ini Akhirnya Ditemukan Manusia

Inilah Rupa Chernobyl Hari ini, Kota Mengerikan Bekas Tragedi Nuklir Paling Berdarah Sepanjang Sejarah