in

Inilah 5 Fakta Misterius yang Menyelimuti Pantai Slamaran

Di Indonesia, pantai sering diidentikkan dengan hal-hal yang berbau mistis. Di pantai selatan misalnya, dikenal dengan tempat berkuasanya Nyi Roro Kidul dan rumah bagi kerajaan jin. Itulah kenapa tempat tersebut dianggap begitu keramat.

Nah, di wilayah utara Jawa juga terdapat pantai-pantai yang dikenal penuh misteri. Salah satunya adalah pantai Slamaran yang terletak di Pekalongan. Berikut ini beberapa misteri yang meliputi pantai yang terletak di Timur Pantai Pasir Kencana tersebut.

1. Tempat Tinggal Penguasa Pantai Utara

Jika di wilayah Pantai Selatan ada Nyi Roro Kidul sebagai penguasa, maka di Utara ada Dewi Lanjar. Istilah Lanjar adalah sebutan bagi wanita yang telah bercerai dari suami di usia muda dan belum punya anak. Nama tersebut sesuai dengan kisah asal-usul si penguasa laut Utara ini.

Pantai Slamaran [Image Source]
Pantai Slamaran [Image Source]
Masyarakat daerah Pekalongan memiliki kepercayaan tentang keberadan Dewi Lanjar ini. Jika ada anak kecil yang hilang saat bermain di pantai, masyarakat percaya bahwa anak tersebut dibawa oleh dewi tersebut.

2. Kerajaan Gaib di Pantai Slamaran

Konon kabarnya kerajaan gaib wilayah pantai utara terletak di Pantai Slamaran ini. Menurut cerita orang-orang yang mengaku memiliki kemampuan gaib, kerajaan ini terlihat sangat mewah dan megah. Temboknya tebal dan tinggi serta banyak dihiasi kain pernik dan permadani.

Ilustrasi Kerajaan Gaib [Image Source]
Ilustrasi Kerajaan Gaib [Image Source]
Di dalam istana terdapat jembatan yang menghubungkan bangunan utama dengan bangunan yang ada di sebelahnya. Yang membuatnya makin seram, jembatan tersebut terbuat dari beberapa manusia. Kabarnya manusia-manusia itu adalah orang-orang yang dulunya memuja dan meminta pesugihan pada Dewi Lanjar.

3. Menjadi Tempat Berkunjung Mereka yang Mencari Pesugihan

Pantai Slamaran dikenal ramai dikunjungi oleh mereka yang ingin kaya atau mencari pesugihan. Namun hanya orang dari luar Pekalongan saja yang bisa meminta pesugihan di sini. Orang dari Pekalongan sendiri tidak bisa karena dianggap masih berasal dari satu keturunan dengan Dewi Lanjaran.

Pantai Slamaran [Image Source]
Pantai Slamaran [Image Source]
Konon siapa saja yang melakukan semedi atau meditasi di pantai Utara ini sampai bertemu Dewi Lanjar, ia akan mendapatkan segala hal yang diinginkan. Dari sinilah kemudian beredar cerita tentang pesugihan Dewi Lanjar.

4. Pesugihan dengan Tumbal Nyawa

Mendapatkan kekayaan itu tidak pernah gampang dan selalu ada syaratnya. Pesugihan Dewi Lanjar juga memiliki syarat dan bahkan lebih memberatkan dari cara mencari uang dengan halal. Pasalnya, apa yang diminta sebagai tumbal adalah nyawa diri sendiri atau anggota keluarga.

Ilustrasi Dewi Lanjar [Image Source]
Ilustrasi Dewi Lanjar [Image Source]
Memang si pelaku akan mendapatkan kekayaan yang melimpah dari Dewi Lanjar. Namun ketika pesugihan tersebut sudah habis masanya, rumah si pelaku akan didatangi oleh 2 orang pengawal Dewi Lanjar dengan berkendara kereta kuda. Pagi harinya salah seorang dari anggota keluarganya akan meninggal dunia tanpa sebab.

5. Asal Usul Dewi Lanjar

Konon dulunya Dewi Lanjar adalah seorang wanita cantik bernama Rara Kuning. Suaminya meninggal sehingga ia menjadi janda di usia yang sangat muda dan tidak punya anak. Karena kesedihan yang mendalam, ia berkelana dan bertemu dengan Panembahan Senopati. Mendengar kisah sedihnya, raja Mataram tersebut menyarankan Rara Kuning untuk bertemu dengan Nyi Roro Kidul.

Ilustrasi Dewi Lanjar [Image Source]
Ilustrasi Dewi Lanjar [Image Source]
Tanpa berpikir panjang, ia bertapa di pantai Selatan untuk menemui Nyi Roro Kidul. Ratu pantai Selatan tersebut kemudian diangkat menjadi pengikutnya. Suatu ketika ia diberi tugas untuk menggoda Raden Bahu yang sedang membuka hutan untuk mendirikan kerajan. Tapi Dewi Lanjar gagal menjalankan tugasnya sehingga tidak berani kembali ke Pantai Selatan. Karena itulah ia kemudian diperintahkan mendirikan kerajaan gaib di pantai Utara.

Misteri sepertinya memang sesuatu yang lekat dengan kehidupan manusia. Tapi soal percaya atau tidak percaya tentang adanya kerajaan gaib dan pesugihan di pantai tersebut, itu semua ada di tangan Anda. Yang pasti, jangan pernah sampai melenceng dari ajaran agama dan ikut-ikutan melakukan kegiatan tidak baik seperti meminta pesugihan.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

Inilah Rupa Chernobyl Hari ini, Kota Mengerikan Bekas Tragedi Nuklir Paling Berdarah Sepanjang Sejarah

Howard Schultz, Bocah Miskin yang Kini Jadi Pebisnis Kaya Raya Berkat Kopi