5 Fakta Ngeri Sarcosuchus, Sesepuh Gila Buaya yang Untungnya Sudah Musnah

oleh Rizal
14:12 PM on Jul 16, 2016

Seperti yang kita tahu, Bumi pernah jadi korban tragedi hujan asteroid di mana kejadian ini membuat hampir seluruh makhluk hidup musnah, termasuk para dinosaurus. Sangat disayangkan memang, tapi sepertinya kita malah harus bersyukur atas kejadian ini. Ya, seumpama para dinosaurus itu masih ada, kita mungkin saja takkan ada hari ini gara-gara nenek moyang manusia disantap habis oleh mereka.

Tak hanya T-Rex atau Megalodon, dinosaurus yang juga bakal jadi ancaman manusia jika masih eksis adalah Sarcosuchus. Ya, makhluk buas satu ini bisa membuat manusia punah seketika. Sarcosuchus sendiri berbentuk buaya dan memang ia merupakan moyang dari reptil satu itu. Tapi, jangan bandingkan ia dengan buaya biasa, karena apa yang ditampilkan oleh Sarcosuchus sangat jauh lebih ngeri. Terutama soal ukuran dan kemampuan.

Baca Juga
Inilah 4 Cara Greget BNN dalam Menghukum Para Bandar Narkoba yang Mulai Merajarela
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam

Sarcosuchus  memang mengerikan, bahkan ia juga sangat ditakuti oleh Spinosaurus, si dinosaurus punggung gergaji yang terkenal akan keganasannya. Lebih jauh tentang Sarcosuchus, berikut adalah fakta-fakta dari sang nenek moyang buaya yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Ukuran Tubuh Sarcosuchus Bikin Ngeri

Sama seperti Megalodon yang ukurannya jauh lebih besar dari hiu biasa, hal ini pun juga terjadi kepada Sarcosuchus dan buaya modern. Nah, jika buaya masa kini bisa mencapai panjang tubuh kurang lebih 6 meter, Sarcosuchus memiliki ukuran tubuh berkali-kali lipat dari ini. Ukuran normal Sarcosuchus kurang lebih 15 meter dan kemungkinan bisa lebih dari ini.

Fosil Sarcosuchus [Image Source]
Fosil Sarcosuchus [Image Source]
Soal berat tubuh, tentu Sarcosuchus juga menggila. Jika buaya biasa mampu memiliki bobot sampai 2,5 ton, Sarcosuchus menurut peneliti setidaknya memiliki berat 10 ton. Jadi, bisa dibayangkan betapa hewan ini sangat besar. Kalau sulit membayangkan, coba imajinasikan buaya sepanjang 15 meter dengan berat 10 ton. Ngeri!

2. Tak Ada Batasan Umur Bagi Sarcosuchus Untuk Tumbuh

Kita mungkin sudah cukup ngeri dengan ukuran gila Sarcosuchus. Namun, siapa sangka jika ukuran tubuh buaya purba ini dikatakan peneliti masih bisa tumbuh lebih besar lagi. Ya, berbeda dengan buaya kekinian yang tumbuhnya terbatas umur, Sarcosuchus bisa terus tumbuh sampai ia mati.

Ukuran tubuh Sarcosuchus [Image Source]
Ukuran tubuh Sarcosuchus [Image Source]
Peneliti mengatakan jika Sarcosuchus hanya butuh 10 tahun untuk mencapai ukuran dewasanya. Lalu, sepanjang umurnya, mereka bakal terus tumbuh. Perlu diingat, buaya purba itu umurnya sangat panjang. Jadi, bisa dibayangkan bagaimana ukuran tubuh seekor Sarcosuchus ketika ia berumur 100 tahun atau lebih.

3. Kekuatan Gigitan Sarcosuchus Paling Mematikan

Untuk mengetahui seberapa kekuatan gigitan Sarcosuchus, maka kita perlu tahu dulu bagaimana kemampuan gigitan buaya zaman sekarang. Diketahui, buaya modern memiliki kekuatan sampai 7.700 psi dan masih yang paling gila sejauh ini. Sebagai gambaran lain, harimau memiliki kekuatan gigitan 1.100 psi.

Gigitan mematikan [Image Source]
Gigitan mematikan [Image Source]
Nah, jika buaya modern saja begitu gila kekuatan gigitannya, maka kita bisa bayangkan betapa ngerinya Sarcosuchus. Peneliti belum melakukan penelitian detail soal ini, namun secara kasar mereka mengatakan setidaknya gigitan Sarcosuchus adalah 10 kali lipat buaya modern.

4. Spinosaurus Bukan Tandingan Sarcosuchus

Spinosaurus adalah salah satu predator terkuat dan terbesar di masa lalu. Ia sangat dominan saking kuatnya. Bahkan Tyrannosaurus pun sepertinya belum bisa mengalahkan dino buas ini. Tapi, meskipun sangat kuat, bukan berarti Spinosaurus jadi yang paling hebat. Ya, siapa sangka jika dinosaurus besar ini kalah melawan Sarcosuchus.

Sarcosuchus vs Spinosaurus [Image Source]
Sarcosuchus vs Spinosaurus [Image Source]
Spinosaurus bukanlah mangsa utama Sarcosuchus. Namun, peneliti mengatakan jika keduanya pasti pernah bertemu sekali waktu, mengingat baik Spinosaurus dan Sarcosuchus sama-sama berburu di air. Nah, ketika bertemu kemudian terlibat pertarungan, Sarcosuchus kebanyakan pasti mengalahkan Spinosaurus. Alasan utamanya adalah kekuatan gigitannya tadi, serta Sarcosuchus yang lebih menguasai medan.

5. Binatang Besar Tapi Mangsanya Kecil

Dengan ukuran super besar seperti itu, kita pasti membayangkan jika mangsa Sarcosuchus pastilah berukuran raksasa. Namun siapa sangka nyatanya tidak demikian. Binatang raksasa ini ternyata memangsa ikan-ikan kecil.

Sarcosuchus memangsa ikan [Image Source]
Sarcosuchus memangsa ikan [Image Source]
Agak aneh ya, tapi faktanya memang seperti itu. Tapi, meskipun demikian Sarcosuchus memangsa ikan dengan jumlah yang sangat banyak. Ukuran tubuhnya saja sepanjang itu, maka sudah jadi hal yang logis kalau ia butuh makan yang banyak. Sebenarnya tak hanya ikan, Sarcosuchus kadang memangsa dinosaurus besar. Termasuk juga Spinosaurus.

Tidak terbayangkan rasanya jika hewan satu ini masih ada sampai sekarang. Untung mereka sudah musnah di masa lalu. Tapi, meskipun secara logika mereka punah, tapi sebenarnya belum benar-benar bisa dipastikan kalau Sarcosuchus punah. Mungkin saja ketika terjadi hujan asteroid dulu ada beberapa ekor yang berhasil bersembunyi dan bertahan sampai hari ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo
BACA JUGA