Inilah Fakta Di Balik Banyaknya Nama ‘Nguyen’ yang Melekat Pada Pemain Timnas Vietnam

Bisa dibilang kalau nama ini ibara Ahmad di Indonesia atau John di Amerika

oleh Arief Dian
16:00 PM on Aug 24, 2017

Jika melihat pertandingan SEA Games beberapa waktu yang lalu, pastinya kita sadar bahwa banyak sekali nama Nguyen pada timnas Vietnam. Nguyen inilah, Nguyen itulah, sampai-sampai bingung membedakan kalau tidak melihat langsung wajahnya. Jadi wajar kalau siapa pun dari tim Vietnam yang mencetak gol, orang Indonesia langsung menyimpulkan bahwa itu adalah Nguyen, karena saking banyak pemilik nama itu.

Ternyata, di balik banyaknya “Nguyen” di Vietnam, ada sejarah panjang bagaimana nama tersebut bisa populer hingga sekarang. Bukan hanya di Vietnam, ternyata di luar negeri pun banyak yang menggunakan nama serupa. Lalu bagaimana bisa terjadi? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
Mengenal Port Moresby, Kota ‘Paling Berbahaya’ yang Bertetangga Dengan Indonesia
Tajir tapi Dermawan, 5 Negara Ini Jadi Sasaran Bill Gates ‘Hambur-hamburkan’ Uangnya

Nama Nguyen ternyata ada sejarahnya

Tidak sembarangan seseorang menggunakan nama Nguyen di Vietnam, pasalnya ada doa dan makna khusus di dalamnya. Ya, nama yang satu ini memang sempat membingungkan bagi orang asing yang melihatnya, misalnya saja pada saat pertandingan bola Indonesia dan Vietnam beberapa waktu lalu, sebagian besar pemainnya menggunakan nama Nguyen.

Peninggalan dinasti Nguyen [image source]
Ternyata, nama Nguyen sendiri berasal dari salah satu pemimpin Vietnam zaman tahun 1803. Ya, dinasti Nguyen ini ternyata memang memiliki rekor kejayaan yang luar biasa, namun di balik itu, sayangnya pemerintahannya sering melakukan eksekusi pada warganya. Oleh sebab itu, banyak orang yang berbondong-bondong berganti nama menjadi Nguyen karena ingin mendapatkan perlakuan khusus bagi pemilik sebutan tersebut dan mereka pun selamat dari eksekusi.

Akhirnya nama yang satu ini jadi mendunia

Tidak hanya di Vietnam saja, rupanya popularitas nama Nguyen ini sudah mencapai mancanegara. Tepatnya sejak perang Vietnam berkecamuk, untuk menyelamatkan diri dari bahaya yang mengancam, banyak orang di sana yang memilih untuk mengungsikan dirinya ke berbagai negara. Dan bisa ditebak, sebagian besar dari pengungsi tersebut memiliki nama Nguyen.

dustin nguyen [image source]
Alhasil, nama asli Vietnam ini pun jadi menyebar di mana-mana. Ya biasanya pemilik nama Nguyen di luar negeri adalah mereka yang masih memiliki darah Vietnam. Bahkan tak jarang pemilik nama Nguyen ini juga jadi orang terkenal di luar negeri, semisal Dustin Nguyen, pemain film Hollywood.

Memiliki nama Nguyen bukan berarti ada hubungan keluarga

Umumnya mereka yang memiliki nama belakang yang serupa adalah berasal dari silsilah keluarga yang sama pula. Semisal beberapa nama marga yang ada di suku Batak, hingga nama belakang orang-orang Jepang. Meskipun mungkin, harus diurutkan secara jauh baru jika ingin melihat hubungannya.

Sangat banyak [image source]
Namun, di Vietnam, ada dua kemungkinan, bisa saja memang pemilik nama Nguyen adalah kerabat atau sebaliknya, tidak ada hubungannya sama sekali. Ya, jika ditengok kembali para warga yang mengubah nama saat dinasti Nguyen memimpin, maka akan sulit memilah keturunan aslinya atau hanya orang-orang baru yang mengubah namanya.

Hampir empat puluh persen orang Vietnam adalah Nguyen

Tidak dapat dipungkiri kalau pengguna nama Nguyen di Vietnam ini jumlahnya memang luar biasa banyak. Bayangkan, hampir 40 persen dari penduduk Vietnam, semua memiliki nama Nguyen. Selain itu, ternyata Nguyen sendiri memiliki sub nama yang luar biasa banyaknya. Mulai dari Nguyen Dihn hingga Nguyen Xuan, total ada 13 sub nama.

pemain bernama Nguyen [image source]
Pastinya bagi kita orang Indonesia akan sangat sulit membedakan mereka kalau hanya memanggil orang dengan nama Nguyen. Yang ada malah semua orang menengok pada kita. Beruntungnya, orang Vietnam menyebut orang lain dengan nama depannya, sehingga tidak akan pernah terjadi kebingungan antara pemilik nama Nguyen satu dan lainnya.

Memang sih terkesan sangat membingungkan, namun justru itulah cara orang Vietnam melestarikan tradisi mereka. Kita harus mengaca dari hal itu, sebagai warga Indonesia, seharusnya kita tidak malu menggunakan nama khas yang dimiliki. Entah itu Budi, Sapono atau siapa pun, mestinya kita tetap bangga.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 5 Sisi Gelap Dunia Pramugari yang Akan Menyadarkanmu Kalau Dunia Penerbangan juga Penuh Godaan Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia
BACA JUGA