in

Inilah 4 Fakta Min Aung Hlaing, Sosok Penting di Balik Mimpi Buruk Para Etnis Rohingnya

Jenderal seniot myanmar [image source]

Keadaan Myanmar kini sedang memanas kembali. Ya, dikabarkan dari beberapa media internasional, rupanya aksi militer lagi-lagi dilakukan pada etnis Rohingnya. Sampai sekarang masih simpang siur kabar mengenai siapa yang memulai konflik berdarah ini apakah Rohingnya sendiri atau malah militernya, namun yang jelas sudah banyak korban jiwa berjatuhan.

Masih soal Myanmar, sebenarnya kekuasaan militer di sana tidak secara mutlak dipegang oleh presiden loh. Ya, presiden hanya menjalankan roda pemerintahan, sedangkan masalah militer dipegang sepenuhnya oleh Jenderal senior. Tanpa persetujuannya, tidak akan ada satu aksi militer pun yang akan berjalan. Untuk lebih paham, mari mengenal sosok Jenderal Min Aung Hlaing sang pemegang kekuasaan militer di sana.

Pangkat jenderal paling tinggi di Myanmar

Ternyata Min Aung Hlaing, bukan seorang prajurit sembarangan, melainkan jenderal dengan pangkat paling tinggi di Myanmar. Ya, pria yang satu ini rupanya memang miliki karir yang sangat cemerlang sejak dulu. Jadi bukan hal yang aneh seandainya di masa tuanya, dia mendapatkan jabatan yang tinggi.

Jenderal seniot myanmar [image source]
Asal tahu saja, Min Aung Hlaing, merupakan satu-satunya jenderal berbintang lima yang ada di Myanmar. Bisa dibilang kalau pria yang satu ini adalah orang yang memiliki kendali penuh atas aksi militer yang terjadi di Myanmar, bahkan tak terkecuali seperti yang dilakukan pada etnis Rohingnya beberapa waktu yang lalu.

Kekuasaan besar atas aksi militer yang ada

Seperti yang diketahui, rupanya pria yang satu ini bisa dibilang memiliki kekuasaan yang besar atas aksi militer yang terjadi. Mungkin kalian akan sedikit bingung, bagaimana seorang jenderal namun memiliki hak yang besar seperti itu? Itu bukan hal yang aneh melihat keadaan Myanmar yang sekarang ini.

Kebijakan yang unik [image source]
Mungkin benar, secara de facto Htin Kyaw merupakan presiden Myanmar dan San Suu Kyi adalah penasihat negara. Namun meskipun demikian, bukan berarti kedua tokoh ini bisa dengan mudah memerintahkan atau mengundur aksi militer, karena pada dasarnya parlemen dikuasai oleh militer. Tidak lain dan tidak bukan, Jenderal Senior Min Aung Hlaing lah yang memegang kendali atas aksi militer di Myanmar.

Jenderal Senior Min Aung Hlaing, sering memiliki kebijakan kontradiktif

Rupanya, sosok jenderal yang satu ini sering dikenal dengan kebijakannya yang sering berlawanan dengan San Suu Kyi sebagai penasihat negara di sana. Misalnya saja, Min Aung Hlaing mengalokasikan dana kesehatan dan pendidikan pada militer untuk memperkuat alusista serta ketahanan negara.

Pemegang aksi militer [image source]
Jelas hal ini menimbulkan pro dan kontra sendiri di kalangan masyarakat Myanmar. Selain itu, juga memiliki sentimen pada beberapa etnis yang ada di Myanmar karena dianggap mengganggu stabilitas negara.

Dalam memutuskan kebijakan militer, Min Aung Hlaing tidak sendirian

Rupanya tidak serta-merta jenderal senior ini dalam memutuskan sebuah kebijakan. Ya, ternyata masih ada anggota militer lain yang juga menjadi penasihat bagi aksi yang dilaksanakan. Dan yang paling dikenal dari jenderal-jenderal pembantu Min Aung Hlaing adalah Wakil Senior Jenderal Soe Win dan Jenderal Khin Aung Myint, dua anggota militer yang juga punya pangkat yang tinggi.

Dibantu jenderal lain [image source]
Ya, bisa dibilang kalau hampir semua aksi militer yang ada di sana tidak terlepas dari campur tangan para jenderal ini, bahkan untuk kasus Rohingnya kemarin, tanpa pengecualian. Sejatinya, memang mereka melakukan semua hal itu untuk negara yang lebih baik, namun dengan sudut pandang yang sangat berbeda.

Memang bisa dibilang keadaan yang ada di Myanmar ini sangat berbeda dengan di negara lain. Namun terlepas dari semua itu, kita berdoa agar apa yang terjadi pada etnis Rohingnya dapat segera selasai dan jalan keluar masalahnya dapat diselesaikan.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Mulai dari Mantan Juara Sampai Harga Melejit, Inilah Kliwon Si Sapi Kurban Jumbo Milik Jokowi

4 Kasus Insiden Buruk yang Menimpa Hewan Qurban Sebelum Disembelih