Berbicara tentang negara dengan militer terkuat di dunia, tentu mayoritas orang akan mengatakan Amerika. Namun untuk kasus sebaliknya alias terlemah di muka bumi? Rasa-rasanya tak banyak orang tahu. Jika kalian menebak bahwa negara dengan angkatan perang paling lemah adalah negara-negara Afrika maka salah besar, karena ternyata negeri dengan militer ter-letoy adalah Bhutan.

Yup, berdasarkan data dari globalfirepower.com, negara tetangga Nepal ini adalah yang paling lemah alias peringkat 138 dari 138 negara. Ada banyak alasan kenapa negara ini lemah, tapi tentu faktor terbesarnya adalah dari jumlah alutsistanya. Masing-masing matra militer mereka memiliki segelintir saja peralatan perang. Bagaimana jika dibandingkan dengan Indonesia? Ya, tentu seperti bumi dan langit.

Lalu selemah apa militer negara paling damai ini? Simak ulasan menariknya berikut.

Jumlah tentaranya sedikit sekali

Tentara aktif Bhutan hanya sedikit [sumber gambar]
Dengan total penduduk sekitar 750 ribuan, kira-kira berapa tentara aktif yang dimiliki Bhutan? Bukan 50 ribu apalagi 100 ribu, melainkan hanya 7.000 saja. Sebagai perbandingan, Indonesia punya setidaknya 400 ribu tentara aktif. Meskipun serdadu siap perangnya hanya 7.000, namun Bhutan bisa mengerahkan sekitar 178 ribu penduduknya jika dalam keadaan darurat. Tapi jumlah ini masih terhitung sedikit juga sih.

Kekuatan daratnya pas-pasan

Ilustrasi kendaraan lapis baja [sumber gambar]
Jika jumlah personel aktifnya begitu minim walaupun bukan yang paling sedikit di dunia, lalu bagaimana untuk kekuatan daratnya? Ya, kurang lebih minim juga. Berdasarkan globalfirepower.com negeri indah ini hanya memiliki 27 kendaraan lapis baja sebagai pertahanan daratnya. Mereka tidak punya tank apalagi kendaraan pengangkut rudal.

Kekuatan udaranya juga sangat biasa

Ilustrasi helikopter pengangkut [sumber gambar]
Untuk kekuatan udara, Bhutan juga bisa dibilang yang paling irit di dunia. Negara ini hampir tidak memiliki apa pun untuk pertahanan angkasa, entah pesawat tempur atau bahkan cuma pesawat transport. Diketahui negara yang dikunci daratan ini hanya memiliki dua helikopter saja. Ya, cuma itu saja. Bahkan helikopternya sendiri bukan tipe penyerang atau semacamnya.

Tak memiliki kekuatan armada laut

Bhutan tidak memiliki wilayah laut [sumber gambar]
Melihat geografis Bhutan kita tentu tahu jika negara ini dikepung oleh daratan-daratan. Alhasil, hal ini pun membuat mereka tidak berinvestasi untuk kekuatan laut. Berdasarkan data, diketahui jika negeri dengan bendera bergambar naga ini sama sekali tidak memiliki armada laut. Tapi, pada umumnya memang negara-negara dengan kondisi land-locked begini tidak berkonsentrasi untuk kekuatan laut.

BACA JUGA:

Meskipun jadi negara paling lemah di dunia, namun Bhutan adalah negeri paling bahagia. Alasannya tak hanya karena orang-orangnya yang sangat terbuka dan ramah, tapi alamnya yang begitu luar biasa. Beberapa spot di Bhutan bahkan termasuk yang paling indah. Pada akhirnya, apalah artinya ketika sebuah negara memiliki militer kuat tapi rakyatnya tidak bahagia. Benar begitu saudara-saudara?