Salah satu hewan yang paling dibenci oleh orang-orang awam di malam hari adalah laron. Alasannya apalagi kalau bukan ia datang secara bergerombol dan mengganggu aktivitas kita. Parahnya lagi, komplotan laron tersebut mendatangi semua benda yang bersinar. Dari ponsel, televisi hingga lampu.

Sebel kan kalau sudah ada laron di rumah kita? Apalagi laron juga sangat susah untuk dibasmi. Coba deh kalian semprot dengan pembasmi nyamuk, yang ada gerombolan mereka tambah banyak. Eh tapi Sahabat Boombastis tahu enggak jika hewan satu ini ternyata punya kehidupan yang cukup miris lho. Mau tahu apa saja faktanya, yuk simak ulasan di bawah ini.

Begini lho asal mula dari laron

Laron berasal dari rayap [Sumber Gambar]
Sebelum kita membahas tentang fakta mirisnya, kita ulas dulu tentang asal mula lahirnya laron. Dilansir dari hipwee.com, kalau serangga satu ini ternyata merupakan rayap yang tugasnya untuk berkembang biak. Pada umur tertentu, di tubuh rayap akan tumbuh sayap yang nantinya akan menjadi laron. Lalu, bagaimana siklus kehidupan selanjutnya dari laron? Yuk deh kita ke poin yang kedua.

Inilah mengapa laron disebut sebagai pertanda awal dari musim hujan

Laron muncul di musim hujan [Sumber Gambar]
Melanjutkan dari poin sebelumnya, laron akan meneruskan hidup di luar sarang. Biasanya mereka akan keluar pada musim hujan. Nah, musim hujan kan dingin, jadi laron dan kawan-kawannya akan mencari kehangatan di benda yang bersinar. Dari sana, mereka akan mencari pasangan yang cocok untuk dijadikan kekasih seumur hidupnya.

Dari sini kita akan membahas fakta miris kehidupan seekor laron

Mati jika tidak dapat pasangan [Sumber Gambar]
Kalau mereka sudah menemukan kekasih hati, maka laron akan melepaskan sayapnya. Kemudian terbang beriringan dan lanjut ke tahap berkembang biak. Tapi, jika tak kunjung mendapatkan pasangan yang cocok, hidup mereka hanya tinggal hitungan jam. Umur para laron yang jomblo ini akan berakhir sampai dengan matahari terbit di keesokan harinya. Cukup tragis ya.

Laron yang mendapat pasangan pun juga tak luput dari kematian

Laron dimakan cicak [Sumber Gambar]
Jangan pikir laron yang mendapat pasangan akan bahagia selamanya lho ya. Mereka juga sebenarnya memiliki risiko lebih besar dari yang jomblo. Dikutip dari laman bernas.id, laron yang masih hidup akan lebih sering bertaruh nyawa melawan predator di luar sana. Biasanya mereka paling sering berhadapan dengan cicak di dinding yang diam-diam merayap.

BACA JUGA : 6 Fakta Mengejutkan Kecoak, Binatang Paling Dibenci di Dunia

Jadi itulah fase hidup laron yang ternyata semuanya bertaruh nyawa. Laron yang tidak mendapat pasangan hidup, umur mereka hanya akan sampai terbit fajar saja. Sedangkan yang sudah tidak jomblo, mereka akan lebih sering melawan predator di luar sana. Sehingga bagi Sahabat Boombastis yang di rumahnya ada laron, biarkan saja deh. Toh pagi harinya mereka akan menghilang. Tapi jika laron sudah mengganggu kehidupan di rumah, misalnya muncul setiap hari dan jumlahnya sangat banyak, kalian perlu untuk membasminya.