in

Sangat Viral di Sosmed, Inilah 4 Fakta Tentang Lagu Abdullah yang Jarang Diketahui

Si bocah penyanyi Abdullah [sumber gambar]

“Saya akan menyanyikan lagu Abdullah”, kalimat pembuka itu mungkin tidak asing lagi bagi kamu. Seorang anak perempuan berkerudung bersama adiknya berponi dalam sebuah video. Saat sang kakak asyik bernyanyi, sang adik mengajak bermain tapi diabaikan. Hingga terdengar suara petir yang membuat keduanya terkejut dengan ekspresi yang mengundang tawa.

Sekilas video itu biasa saja tapi banyak orang yang tertawa dengan ending dari video dengan kalimat pembuka, “Saya akan menyanyikan lagu Abdullah”. Banyak yang memparodikan video tersebut mulai dari anak sekolah hingga pekerja kantoran, buruh bangunan hingga oppa-oppa tampan, dari orang biasa sampai artis papan atas. Banyak. Tapi tahukah kamu fakta-fakta dari lagu Abdullah yang viral beberapa waktu lalu itu? Inilah faktanya,

Judul lagu Kisah Sang Rasul

Ilustrasi Mekah [sumber gambar]
Di sosmed, khususnya Instagram sudah ngehits banget hastag #Abdulllah yang diiringi video parody lagu kocak yang dibawakan seorang anak kecil yang ditemani adiknya. Memang, di awal lagu si anak bilang kalau akan menyanyikan lagu Abdullah tapi judul lagu yang dinyanyikan sebenarnya adalah Kisah Sang Rasul. Informasi penting nih buat kamu yang belum tahu soal judul lagu yang viral itu. Terlebih setiap lirik dari lagu tersebut mengandung sejarah penting bagi umat Islam. Buat kalian yang punya adik atau sodara yang masih kecil, lagu ini juga bisa jadi media belajar untuk mengenal bagaimana Nabi Muhammad SAW sejak dalam kandungan hingga menjadi Rasul. Jadi, lagu ini sebenernya bukan menceritakan tentang Abdullah loh ya, jangan salah.

Diciptakan oleh Habib Rizieq dan dipopulerkan oleh Habib Syech

Habib Riziq dan Habib Syech [sumber gambar]
Kalau menyebut nama Habib Rizieq, mungkin kita langsung teringat pada sosok pemimpin FPI ya. Sayangnya, saat ini beliau sedang berada di Arab dan belum kembali. Terlepas dari banyaknya problem yang sempat menimpa sang Habib, sebenernya lirik lagu Kisah Sang Rasul itu dikarang oleh Habib Rizieq pada tahun 1999 loh. Baru pada tahun 2013 dipopulerkan oleh Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaff dari Solo. Hingga kini masih banyak dinyanyikan oleh berbagai kalangan di pelosok Nusantara bahkan di manca negara juga, lho. Seperti Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Lagu wajib pengajian dan acara Maulid Nabi

Maulid Nabi [sumber gambar]
Kalian suka ikut pengajian? Kalau muslim wajib suka acara positif itu dong! Terlebih, di Indonesia sendiri sudah banyak pengajian akbar yang rutin setiap bulan atau bahkan tiap minggu. Kalian tinggal meluangkan waktu untuk mengikutinya. Dalam pengajian rutin, biasanya juga ada momen kita memperdalam rasa cinta pada rasul dengan menyanyikan lagunya. Selain saat pengajian, lagu ini juga kerap dinyanyikan saat acara peringatan Maulid Nabi. Lirik lagu dari Kisah Sang Rasul ini memang menceritakan sejarah Nabi Muhammad Saw sehingga sangat mudah untuk dikenalkan pada anak-anak melalui nyanyian. Apalagi maulid nabi merupakan momen peringatan kelahiran nabi pada tahun gajah. Cocok untuk mengenalkan sejarah nabi tanpa harus diceritakan dengan cara yang bertele-tele yang kadang membuat bosan.

Perjalanan lagu Kisah Sang Rasul hingga viral

Si bocah penyanyi Abdullah [sumber gambar]
Sebelum menjadi viral, kisah sang rasul mulai dibawakan pada tahun 2000 oleh Duet Laskar Cilik FPI yaitu Hadi dan Syaugi dalam album Ayo Sholawat. Pada tahun 2012 dibawakan oleh ustadz kembar Adi dan Alwi melalui ejelis Rutin Petamburan bersama Habis Rizieq. Nah baru pada 2018 mulai viral pada video kakak beradik yang diakhiri dengan ending petir yang mengundang tawa. Sejak saat itu, begitu banyak warganet yang memparodykan gaya ‘ngegas’ si bocah saat menyanyikan lagu tersebut. Bahkan, seorang selebgram asal Korea bernama Vincent juga nggak mau ketinggalan untuk berpartisipasi bikin video kocak tersebut. Kira-kira kamu kepikiran bikin juga nggak ya?

Sebagai umat muslim, harusnya kita sudah nggak asing sama lagu Abdullah alias Kisah Sang Rasul ya. Seenggaknya, kita harus hafal liriknya untuk mengetahui sejarah nabi. Selain lagunya, empat fakta di atas juga cukup penting untuk diketahui, kan? Semoga bermanfaat.

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

Inilah yang Bakal Dialami Oleh Indonesia Jika Kembali Ke Zaman Krisis 1998

Belasan Tahun Berlalu, Begini Penampilan Para Pemain Ronaldowati yang Bikin Pangling