5 Fakta Unik Laba-laba Ini Bakal Bikin Ketakutanmu Berkurang

oleh Tetalogi
09:51 AM on Mar 7, 2016

Kebanyakan orang merasa takut dengan laba-laba. Mulai dari bentuknya yang seram, badannya yang berbulu, kakinya yang banyak, sampai karena takut digigit. Belum lagi dengan jaringnya yang lengket-lengket kalau kena sentuh. Pasti deh bikin kebanyakan orang panik.

Sebenernya, kamu nggak parlu sampai panik seperti itu kok kalau ketemu laba-laba di rumahmu. Soalnya, laba-laba itu ternyata nggak seseram yang kamu kira, kok. Berikut ini beberapa faktanya.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Pengusir Serangga Alami

Kamu biasanya akan menemukan laba-laba di dalam rumah dan bikin kaget kalau tiba-tiba ketemu mereka. Makhluk ini sebenarnya cukup efektif untuk mengurangi serangga kecil lainnya yang bisa lebih berbahaya dari laba-laba.

Nyamuk [Image Souce]
Nyamuk [Image Source]
Laba-laba rumahan seperti ini memakan lalat dan ngengat yang mengganggu. Mereka juga memakan serangga lain yang bisa menyebarkan penyakit seperti nyamuk dan kecoak.

2. Cuma Sedikit yang Berbahaya

Salah satu alasan kenapa sebagian orang takut dengan laba-laba adalah karena khawatir mereka punya racun yang mematikan. Tentu saja ini alasan yang masuk akal karena kita juga perlu waspada dengan setiap hal.

Laba-laba di jaring [Image Source]
Laba-laba di jaring [Image Source]
Meski begitu, sebenarnya laba-laba yang mampu membahayakan manusia itu jumlahnya cuma sedikit. Setiap laba-laba memang punya racun yang tujuannya untuk melumpuhkan mangsanya, tapi di kebanyakan spesies, racun tersebut cuma berbahaya buat mangsa alias makanan mereka. Sekarang ini ada 34 ribu spesies laba-laba yang tercatat dan cuma ada puluhan yang membahayakan manusia.

3. Mereka Lebih Takut Kamu

Melihat seekor laba-laba kecil aja bisa bikin seseorang yang takut laba-laba menjerit ketakutan. Tapi sebenernya laba-laba itu kemungkinan lebih takut pada manusia daripada sebaliknya. Bayangkan, bagi mereka yang kecil, manusia pasti terlihat seperti raksasa yang seram.

Laba-laba kecil [Image Source]
Laba-laba kecil [Image Source]
Saat kamu melihat seekor laba-laba, biasanya mereka memang sedang berusaha mencari makan. Tapi saat kamu bergegas mengambil sepatu, buku, atau apapun untuk memukul mereka, laba-laba ini terlihat berlarian dengan panik. Nah ini menunjukkan kalau mereka ketakutan dan berusaha mencari tempat sembunyi.

4. Manusia dan Laba-laba Rumah Punya Sejarah

Laba-laba sebenernya punya sejarah dengan manusia sejak lama. Mengusir laba-laba dari rumah bisa jadi pekerjaan sulit karena mereka bergerak dengan cepat dan pandai menyelinap. Itu karena sekarang ini mereka sudah bisa beradaptasi dengan kondisi di dalam ruangan rumah.

Laba-laba rumahan [Image Source]
Laba-laba rumahan [Image Source]
Beberapa jenis laba-laba tinggal di dalam rumah bahkan sejak zaman kekaisaran Romawi. Laba-laba jenis ini jarang ditemukan di luar rumah, bahkan di negara asalnya. Siklus hidup mereka biasanya memang ada di bangunan tempat mereka menetas.

5. Laba-laba Rumahan Bisa Mati Kalau Ditaruh di Luar Rumah

Nggak semua orang yang takut laba-laba itu benci sama makhluk ini. Jadi, biasanya mereka cuma memindahkan laba-laba ke luar rumah daripada dibunuh. Memang sih ini perbuatan baik karena nggak sampai membunuh laba-laba.

Laba-laba di halaman [Image Source]
Laba-laba di halaman [Image Source]
Meski begitu, kalau yang kamu pindahkan memang jenis laba-laba rumahan, maka memindahnya ke luar rumah cuma akan membunuhnya. Sebagian laba-laba rumah memang mungkin bisa bertahan hidup di luar sana. Tapi kebanyakan malah akan cepat mati karena mereka nggak kenal dengan lingkungan di luar rumah.

Itulah tadi beberapa fakta soal laba-laba yang seharusnya membuatmu nggak terlalu takut dengan mereka lagi. Tapi kalau kamu masih ngeri lihat mereka, ada cara gampang kok yang bisa kamu lakukan.Kamu periksa saja jendela, rak buku, atau tempat lain yang sering kamu temukan sarang laba-laba. Tinggal bersihkan saja jaring laba-laba itu, jadi mereka akan lebih tersembunyi dan berhati-hati biar nggak bikin sarang atau muncul di tempat yang gampang terlihat.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA