Inilah 5 Fakta Penting La Nyalla, Sosok yang Jadi Sorotan karena Berantem dengan Prabowo

Susah, deh, kalau sudah terjun ke dunia politik, pelik

oleh Harsadakara
14:00 PM on Jan 12, 2018

Menjadi orang yang tenar di Indonesia adalah perkara mudah. Tanpa memiliki sederet prestasi pun ketenaran bisa didapatkan. Pasalnya, banyak dari mereka yang ingin terkenal akhirnya membuat deretan kontroversi yang akhirnya akan menguntungkan dirinya.

Akhir-akhir ini predikat viral tersebut diraih oleh pemilik nama lengkap La Nyalla Matalliti. Mungkin sebagian boombers mengenalnya, tapi bagi kalian yang belum, Boombastis.com akan merangkum (sekian) fakta penting yang akan membuatmu ngeh siapa sebenarnya sosok yang sedang cari gara-gara dengan Prabowo ini.

Baca Juga
Bak Romeo dan Juliet, 5 Pasangan Ini Meninggal Dunia dengan Tragis
Saat Nyawa di Ujung Tanduk, Ini 7 Cara Selamatkan Diri Dari Bencana Gedung Runtuh

Menjabat Sebagai Ketua Umum PSSI Periode 2015 dengan Mudah

Pada tanggal 18 April 2015, Pemilihan Ketua Umum PSSI digelar di Hotel JW Marriott Surabaya. La Nyalla Matalliti menjadi salah satu kandidat terkuat dari saingan Syarif Bastaman, Subardi, Saman, Muhammad Zein, dan Benhard Limbong. Dalam pemungutan suara tersebut, La Nyalla berhasil menang telak dengan 94 suara, sedangkan Syarif hanya meraih 14 suara saja.

Ketua PSSI [image source]
Namun, selama masa perjalannya menjadi Ketua Umum PSSI, banyak hal yang terjadi. Selain karena dirinya berstatus menjadi buronan atas kasus korupsi, ternyata ia juga pernah membiayai operasional PSSI dengan uang pribadinya. Dilansir dari cnnindonesia.com, PSSI disebut memiliki utang sebesar Rp. 25 M kepada La Nyalla.

Sebagian Kasus Korupsi di Indonesia Menyeret Namanya

Dilansir dari rappler.com, Komisi Kejaksaan Republik Indonesia sudah menerima 50 pengaduan yang melibatkan nama La Nyalla. Namun, kasus yang paling diingat oleh publik adalah korupsi dana hibah Kamar Dagang Indonesia (Kadin) serta tindak pencucian uang dana hibah.

Korupsi La Nyalla [image source]
Dalam kasus dugaan korupsi dana hibah Kadin, La Nyalla dituding pernah menghabiskan uang sebesar Rp. 5,3 M untuk membeli saham perdana Bank Jatim pada tahun 2012. Sedangkan untuk kasus tindak pencucian uang dana hibah, La Nyalla diduga menggunakan dana Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebesar Rp. 48 M.

Kabur ke Singapura dan Malaysia Ketika akan Diperiksa KPK

Seperti yang sudah kita tahu bahkan hafal dengan alasan-alasan mangkir pejabat ketika akan diperiksa KPK, La Nyalla pun pernah menjadi salah satunya. Pada tahun 2016, di tengah-tengah kasus korupsi dana hibah Kadin Jatim yang menyeret namanya, La Nyalla ditemukan kabur ke Malaysia menggunakan pesawat Garuda Indonesia sehari setelah penetapan tersangka.

Kabur ke Luar Negeri [image source]
Ia pun sempat kabur ke Singapura juga untuk menutupi jejaknya. Berbekal ulahnya tersebut, akhirnya paspor La Nyalla dicabut secara resmi oleh Dirjen Imigrasi Ronny F. Sompie. Selain paspor yang dicabut, ATMnya pun sudah diblokir sehingga ia mengirimkan petugas dari Indonesia untuk membawakan uang tunai padanya ke Negeri Jiran tersebut.

Gagal Nyagub Jawa Timur, padahal Sudah Keluar Banyak Duit

Rupanya Pilkada 2018 ini membuat banyak politisi sumpek. Bagaimana tidak, kualisi-kualisi yang semakin sempit serta persyaratan yang diperketat membuat banyak calon pemimpin kelabakan. Hal ini pun dirasakan oleh La Nyalla.

Nyagub Jatim [image source]
Dilansir dari detik.com, ia menyatakan sudah keluar uang Rp. 5,9 M hanya untuk kampanye. Namun, ia mengungkapkan bahwa pihaknya harus menyerahkan dana sebesar Rp. 40 M kepada Partai Gerindra yang telah mengusungnya. Pada akhirnya, La Nyalla mundur dari pencalonan dirinya menjadi bakal Gubernur Jatim periode 2018-2023.

Terlibat Perkara dengan Pentolan Partai Gerindra

Hal inilah yang membuat nama La Nyalla Matalitti naik lagi ke permukaan. Ia mengungkapkan kekesalannya terhadap Prabowo Subianto selaku Ketua Umum Partai Gerindra. Ketika partai Gerindra akan membawa nama La Nyalla menjadi Cagub Jatim, ia menyatakan sudah dimintai dana sebesar Rp. 40 M, dilansir dari detik.com.

La Nyalla x Prabowo [image source]
Selain itu, ia juga mengungkapkan sakit hatinya karena dimaki-maki oleh 08 alias kode dari Prabowo. Ia bahkan menelepon Fadli Zon selaku Wakil Ketua Umum Partai Gerindra untuk menanyakan kenapa dia dimaki-maki. “Kok saya dimaki-maki, saya ini siapa? Prabowo ini siapa? Saya bukan pegawai dia, kok dia maki-maki saya?” ungkapnya.

Rupanya itulah sepak terjang La Nyalla di dunia politik yang kejam ini. Ternyata, nama La Nyalla lebih sering dikaitkan dengan hal-hal negatif seperti terjerat kasus korupsi serta mangkir ketika akan dipanggil KPK. Namun kembali lagi, La Nyalla juga seorang manusia biasa yang memiliki sisi baik dan buruk, tergantung bagaimana kalian akan menilainya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren! Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia
BACA JUGA