Fakta Kontroversial PT. Freeport yang Menggali Emas Terbaik Dunia di Papua

oleh Centralismo
09:39 AM on Mar 5, 2015

PT. Freeport adalah sebuah perusahaan pertambangan yang mayoritas dari sahamnya dimiliki oleh Freeport-MCMoRan Copper & Gold Inc, sebuah perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat. Freeport sudah melakukan eksplorasi emas di Papua sejak tahun 1967 di tambang Erstberg dan pada 1988 di tambang Grasberg. Tambang tersebut berada di kawasan Tembaga Pura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Baca Juga: 5 Artis Ini Jadi Anggota DPR dan Tidak Paham Pekerjaannya Sendiri

Perusahaan ini berkembang menjadi perusahaan yang memiliki penghasilan “raksasa” yaitu sebesar 2,3 milyar dolar AS. Mereka juga pernah mencapai harga emas paling tinggi selama 25 tahun terakhir pada posisi 540 dolar per ons. Freeport sering menjadi kontroversial di antara masyarakat karena beberapa isu, antara lain isu eksploitasi yang meresahkan. Apa saja fakta dibalik perusahaan emas raksasa yang meraup keuntungan dari Indonesia ini?

Baca Juga
Hati-Hati! 4 Modus Penipuan ‘Pencarian Harta Karun’ Ini Sedang Marak Terjadi di Indonesia
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina

1. Menambang Emas Sejak 1967, Menyisakan Lubang Raksasa Mengerikan

Perusahaan ini sudah mendapat teguran keras dari Kementrian Lingkungan Hidup sejak tahun 1997. Perusahaan mereka dianggap telah melanggar aturan perundang-undangan lingkungan hidup. Menurut perkiraan, penambangan PT ini telah menghasilkan limbah sebanyak 6 miliar ton. Jumlah tersebut kira-kira dua kali lipat dari bahan bumi yang digunakan untuk membuat Terusan Panama.

https://www.youtube.com/watch?v=CD8h9D7A_ww

Kebanyakan dari limbah tersebut dibuang ke sekitar lokasi penambangan. Sebagian dari limbah juga mengalir ke sungai-sungai yang mengaliri dataran rendah yang dekat dengan Taman Nasional Lorentz, sebuah daerah hutan hujan tropis yang telah diberkan status “khusus” oleh PPB. Masalah lingkungan hidup ini tampaknya diabaikan oleh PT. Freeport dan mereka terus saja melakukan eksploitasi sehingga gunung emas di Papua malah berbentuk seperti lubang raksasa yang mengerikan.

Selanjutnya: 2. Memiliki Pengamanan Super Ketat

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA