in

Fakta Beelzebufo, Katak dengan Julukan ‘Iblis’ yang Jadi Predator Para Dinosaurus

Kalau kamu berpikir di zaman dulu makhluk paling raksasa dan menakutkan adalah dinosaurus, maka pendapat itu tentunya salah.  Sebab selain dinosaurus, ada hewan raksasa lain yang justru ditakuti oleh dinosaurus. Fakta ini terkuak dari hasil penelitian tim dari Australia, Amerika Serikat dan Inggris. Dulu, terdapat hewan yang memiliki ukuran lebih besar dan mengerikan daripada dinosaurus.

Ya, hewan itu disebut dengan katak ‘iblis’. Meski ‘iblis’  yang dimaksud bukanlah sesuatu yang mati lantas hidup kembali, tapi kata ini mempunyai kemampuan aneh yang mematikan dinosaurus. Seperti apa sih bentuk dan kemampuan menakutkan hewan ini, yuk simak berikut ini!

Beelzebufo Ampinga

Beelzebufo Ampinga [image: source]
Disebut Beelzebufo ampinga, nama katak ini diambil dari kata Beelzebub yang berarti setan dalam bahasa Yunani.  Sedangkan bufo berarti katak. Ampinga sendiri bermakna perisai yang menunjukkan ciri khas tubuh Belzebufo secara sekilas menyerupai baja. Tidak seperti katak yang umumnya kita lihat, Beelzebufo memiliki ukuran yang besar dengan bentuk mengerikan.

Ciri-Ciri Fisik Beelzebufo Ampinga

Beelzebufo Ampinga [image: source]
Merupakan spesies katak yang paling besar di bumi, Beelzebufo memiliki panjang tubuh sekitar 40 centimeter dan berat 4,5 kilogram. Meski memiliki berat yang hampir sama dengan Katak Goliath di Afrika Barat yang bobotnya 3,5 kilogram, Beelzebufo nyatanya bukan kerabat katak tersebut. Justru katak yang memiliki bentuk serupa tanduk di kepala ini masih berkerabat dengan Ceratophyrs atau katak Pac Man. Selain bagian tanduk, mulut kedua katak tersebut juga berukuran sangat besar.

Kekuatan Mengerikan Katak Iblis

Di masa hidupnya, Beelzebufo ampinga merupakan katak yang memiliki kekuatan gigitan yang dahsyat. Hal ini diketahui para peneliti dari University of Adelaide, California State Polytechnic University, dan University College London dengan meneliti keturunan Beelzebufo ampinga yang hidup hingga kini yaitu katak bertanduk. Dan hasilnya, kekuatan katak ‘iblis’ bisa menyergap hewan seperti ular, hewan pengerat, bahkan dinosaurus sekalipun.

Beelzebufo Ampinga [image: source]
Kekuatan ini berasal dari rahang katak yang sangat kuat. Berperan penting dalam mendapatkan mangsa sekaligus menaklukkannya. Studi tersebut menghasilkan katak kecil dengan lebar kepala 4,5 sentimeter ternyata memiliki kekuatan gigitan sekitar 30 N. Jika menilik hal ini, Beelzebufo ampinga yang diperkirakan mempunyai panjang sekitar 41 sentimeter dan bobot 4,5 kilogram memiliki  kekuatan gigitan 2200 N atau setara dengan gigitan serigala. Karena itu, tak heran jika Beelzebufo dapat melumpuhkan dinosaurus remaja.

Hidup Sekitar 70 Juta Tahun yang Lalu

Beelzebufo Ampinga [image: source]
Krause, peneliti yang menemukan fosil katak raksasa di bagian barat laut Madagaskar memperkirakan bahwa katak tersebut hidup pada periode Cretaceous 65-70 tahun lalu. Temuan ini dideskripsikan pada makalah yang termuat dalam jurnal Proceedings of the national Academy of Sciences. Hal ini pun mengungkapkan histori baru tentang Madagaskar dan kaitannya dengan makhluk purba di masa lalu.

Fakta tentang Beelzebufo Ampinga dan keturunannya yang ada hingga kini bisa menjadi pengetahuan bagi kita semua agar bisa lebih berhati-hati. Sebab, katak-katak keturunan Beelzebufo juga memiliki kekuatan yang bahkan bisa menelan hewan yang seukuran dengannya. Kalau hal ini bisa terjadi, tentu keturunan beelzebufo bisa pula melukai manusia.

Written by Aini Boom

Leave a Reply

Bikin Kagum, Sosok Wanita Ini Sangat Dihormati Meski Hanya Seorang Tukang Sapu

Nggak Hanya Ari Wibowo, 6 Artis Ini Juga ‘Langganan’ Makan di Kaki Lima, Salut!