in

5 Fakta Gus Sholah, Ulama Sekaligus Tokoh Besar NU yang Dikabarkan Tutup Usia

Indonesia kembali berduka setelah kepergian seorang ulama sekaligus tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Salahuddin Wahid atau Gus Solah yang dikabarkan telah meninggal dunia pada Minggu (2/2). Informasi ini dikabarkan oleh Irfan As’ari Sudirman Wahid atau Ipang Wahid, putra Gus Sholah dalam akun twitternya @ipangwahid.

Banyak dari petinggi dan pejabat negara merasa kehilangan atas kepergian Gus Sholah. Salah satunya adalah Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang datang untuk memberikan penghormatan dan mendoakan Gus Sholah. Berikut, adalah beberapa fakta dari sosok Kyai yang juga merupakan adik kandung dari Presiden Republik Indonesia keempat, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur tersebut.

Tokoh besar NU yang konsisten menjaga hubungan dengan Muhammadiyah

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin merupakan salah satu tokoh yang memiliki kesan tersendiri pada sosok Gus Sholah. Menurut dirinya, pengasuh pondok pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur itu memberikan banyak kontribusi dalam kehidupan beragama dan menjaga kerukunan bangsa. Salah satunya antara kalangan Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

Banyak tokoh besar dan pejabat di Indonesia yang merasa kehilangan

Menhan Prabowo Subianto disambut oleh keluarga almarhum saat melayat [sumber gambar]
Kepergian Gus Sholah membuat banyak pejabat dan tokoh politik Indonesia merasa kehilangan. Beberapa nama besar seperti Menhan Prabowo Subianto, Menag Fachrul Razi, Menlu Retno Marsudi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Wiranto, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan Presiden Joko Widodo, terlihat melayat ke rumah duka.

Gus Sholah di mata Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo saat melayat ke rumah duka [sumber gambar]
Di mata Presiden Joko Widodo, sosok Gus Sholah memiliki keistimewaan tersendiri. Terutama soal penyampaian mengenai keislaman dan keindonesiaan. Bahkan, Jokowi juga mengaku ia mendapat banyak titipan sebelum Gus Sholah Wafat. “Intinya beliau banyak menyampaikan mengenai keislaman, keindonesiaan. Banyak titipan kepada kita tetapi saya kira tidak perlu saya sampaikan di sini,” ucap Jokowi yang dikutip dari CNNIndonesia.com (03/02/2020).

Adik dari Gus Dur yang merupakan seorang negarawan

Gus Dur dan Gus Sholah dalam sebuah acara [sumber gambar]
Gus Sholah yang lahir di Jombang, 11 September 1942 itu, tak hanya dikenang sebagai ulama tapi juga sosok negarawan yang cerdas. Hal ini disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang menyebut bahwa dirinya merupakan sosok negarawan yang komplit. “Beliau adalah guru, aktivis, ulama, cendekia, sekaligus tokoh Hak Asasi Manusia di Indonesia. Insya Allah, husnul khotimah,” ujarnya yang dikutip dari Nasional.tempo.co (03/02/2020).

Kondisinya sempat dikabarkan menurun sebelum meninggal dunia

Gus Sholah [sumber gambar]
Sebelum meninggal dunia, Gus Sholah dikabarkan sempat mengalami penurunan kesehatan setelah menjalani operasi jantung di RS Harapan Kita, Jakarta. Dilansir dari News.detik.com (02/02/2020), mantan anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada masa awal reformasi 1998 itu menjalani operasi pada selaput jantungnya. Hingga pada Minggu (2/2/2020), Gus Sholah meninggal dunia pada usia 77 tahun.

BACA JUGA: 5 Tokoh NU yang Jasanya Tak Terbantahkan untuk Indonesia

Gus Sholah dikabarkan meninggal dunia usai saat dirawat di Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta, Minggu malam pada pukul 20.59 WIB. Banyak dari pejabat dan tokoh besar di Indonesia, merasa kehilangan akan sosoknya. Pribadi yang tak hanya mumpuni di bidang keagamaan, tapi juga dikenang sebagai seorang negarawan. Selamat jalan Gus Sholah.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Potret Pernikahan Isyana-Rayhan, Hari Patah Hati Nasional Kedua Netizen Se-Indonesia

Hoaks Bakso Tikus di Madiun, Daging Hewan Ini Kerap Diterpa Isu dan Jadi Momok Masyarakat