5 Fakta Gila Otto Skorzeny, Pria Sangar yang Jadi Buronan di Seluruh Eropa

oleh Rizal
07:00 AM on Jun 1, 2016

Bagi kita nama satu ini mungkin begitu asing, tapi tidak untuk orang-orang Eropa. Ya, di masa Perang Dunia II, nama pria ini begitu terkenal bahkan jadi buronan yang paling dicari di benua biru. Alasannya sendiri Otto Skorzeny melakukan berbagai aksi gila yang bikin sekutu termasuk Soviet geram tak karuan.

Otto Skorzeny adalah seorang Nazi yang bisa dibilang merupakan serdadu paling cakap dan mematikan. Kemampuannya benar-benar gila. Ia lincah, cerdas luar biasa, ahli intelijen, punya kemampuan militer mumpuni dan sebagainya. Tak heran ia bisa melakukan berbagai aksi yang sangar dan bikin Hitler bangga luar biasa.

Baca Juga
15 Status Resolusi Suka-suka ala Netizen Indonesia, dari Realistis Hingga Bikin Ngakak
Inilah 5 Fakta Makam Keramat di Purwokerto yang Tak Dipindah Meski Ganggu Lalu Lintas

The Most Dangerous Man adalah julukan Otto Skorzeny yang belum pernah diberikan kepada siapa pun. Dan untuk membuktikan gelar tersebut berikut adalah fakta-fakta tentang Otto Skorzeny yang pasti bakal membuatmu geleng-geleng.

1. Aksi Penyelamatan Benito Mussolini Oleh Otto Skorzeny

Benito Mussolini adalah teman baik Hitler, makanya ketika si diktator Italia itu ditahan, sang pemimpin Nazi ini pun tak tinggal diam. Hitler kemudian merencanakan untuk melakukan operasi pembebasan sang rekan. Dan dari banyak prajurit yang dimilikinya, Hitler memilih Otto Skorzeny.

Otto Skorzeny berhasil menyelamatkan Mussolini [Image Source]
Otto Skorzeny berhasil menyelamatkan Mussolini [Image Source]
Misi penyelamatan Mussolini sendiri sangat berat, karena untuk bisa melarikan si pria tua itu, Skorzeny harus melewati banyak rintangan. Mulai dari penjagaan super ketat, sampai berpindah-pindah ke tempat yang tak banyak orang tahu. Tapi, berkat pengalamannya yang sudah mumpuni, pada akhirnya Skorzeny mampu menyelamatkan Mussolini. Gilanya lagi, ia melakukan hal itu tanpa ada satu peluru pun yang ditembakkan.

2. Belajar Jadi Tentara Elit Saat Terbaring di Rumah Sakit

Pada sebuah pertempuran melawan Soviet di tahun 1942, Skorzeny mengalami cidera parah karena terkena serpihan roket. Mau tak mau ia pun harus dirawat di rumah sakit. Saat itu ia dikamarkan di Vienna. Namun, berhubung Jerman tengah dalam posisi yang sangat membutuhkannya, Skorzeny pun tak mau menyia-nyiakan waktunya untuk beristirahat begitu saja.

Jadi tentara elit saat sakit [Image Source]
Jadi tentara elit saat sakit [Image Source]
Sembari menunggu kesembuhannya, Skorzeny melahap habis buku-buku panduan untuk menjadi pasukan elit. Ketika sudah lumayan baik, Skorzeny pun naik level secara kemampuan meskipun ia hanya belajar lewat buku saja. Hingga pada akhirnya ia diangkat sebagai komandan di salah satu korps andalan Nazi.

3. Poster Wajah Skorzeny Terpampang di Seluruh Eropa

Begitu banyak kegilaan yang dilakukan oleh Skorzeny, membuatnya jadi cepat terkenal. Tak hanya reputasi baik di kalangan Nazi, tapi juga pamor berbahaya di mata Sekutu. Tak pelak, ia pun pada akhirnya menjadi orang yang paling diburu di Eropa untuk kemudian dimatikan.

Poster Otto Skorzeny [Image Source]
Poster Otto Skorzeny [Image Source]
AS mengawali langkah perburuan Skorzeny dengan menempel poster-poster bergambar wajah Skorzeny di tiap jalan, pohon, tembok-tembok di hampir seluruh Eropa. Sayangnya, langkah ini seperti tidak pernah membuahkan hasil karena Skorzeny selalu bisa tak terdeteksi.

4. Skorzeny Lolos Dari Penjara Militer

Berbeda dari loyalis Nazi kebanyakan yang memilih melawan meskipun Jerman sudah kalah, Skorzeny malah menyerahkan dirinya. Hal ini pun disambut baik oleh Sekutu yang tanpa basa-basi lagi lalu menyidangkan si pria Nazi tersebut.

Otto Skorzeny mampu lolos dari penjara militer [Image Source]
Otto Skorzeny mampu lolos dari penjara militer [Image Source]
Pengadilan memutuskan jika Skorzeny bersalah atas banyak hal. Dari keputusan hakim, Skorzeny harus merasakan penjara. Bukan yang biasa, tapi level militer di mana para penjaganya adalah tentara-tentara gahar. Skorzeny pun dijebloskan dengan hina. Hingga entah bagaimana caranya, si pasukan paling berbahaya Nazi ini bisa lolos dengan mudah. Skorzeny pun melarikan diri sejauh-jauhnya dari penjara super ketat yang pernah menahannya tersebut.

5. Skorzeny Tak Pernah Dibunuh

Ketika Hitler mangkat, negara-negara sekutu melakukan perburuan kepada para ex Nazi yang masih tersisa. Mereka yang tertangkap biasanya bakal diadili, bahkan ada juga yang langsung dieksekusi. Intinya, orang-orang yang masih ada bau Nazi-nya pasti bakal dihukum dengan berat.

Masa tua Otto Skorzeny [Image Source]
Masa tua Otto Skorzeny [Image Source]
Entah bagaimana bisa, tapi jauh setelah Perang Dunia II, Skorzeny bisa hidup dengan cukup tenang. Ia tak pernah diusik oleh sekutu untuk menyerah dan diadili lagi secara pantas. Kematian Skorzeny pun bukan di tiang gantungan atau bidikan eksekutor, tokoh besar Nazi ini mati karena sakit.

Inilah kisah hidup seorang Otto Skorzeny. Tentara terhebat Nazi dengan segala kemampuan serta pengalamannya yang benar-benar sangar. Melihat apa yang pernah dan bisa dilakukannya, sepertinya julukan manusia paling dicari di Eropa memang pantas untuk disandangnya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren! 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara
BACA JUGA