in

4 Fakta Elizabeth Koesno, Istri Mantan Ajudan Soekarno yang Kini Hidupnya Memprihatinkan

Bukan lagi rahasia kalau terkadang nasib veteran tak sebahagia yang dikira. Bagaimana tidak, pasalnya meskipun telah berjasa untuk tanah air, namun karena satu dan beberapa alasan mereka berjuang untuk betahan hidup meski di usia tua. Walaupun begitu, mereka tak pernah menyesal telah berjuang demi Indonesia.

Bicara soal veteran, ada lagi kasus yang bikin terenyuh yang berhubungan dengannya. Seorang istri mantan ajudan Presiden Soekarno, rupanya di masa tua juga menderita. Padahal dulunya beliau juga sempat terlibat dalam peristiwa-peristiwa besar. Lalu bagaimana keadaannya? Berikut ulasannya.

Istri mantan ajudan Bung Karno tak ada biaya

Elizabeth Koesno adalah istri mantan ajudan Soekarno, Serma CPM Raden Koesno. Meskipun dianggap berjasa karena sempat menemani orang nomor satu Indonesia, namun ternyata di usia tuanya beliau hidup cukup menderita.

Elizabeth Koesno [sumber gambar]
Di usia lebih dari 90 tahun ini, beliau sempat jatuh dan mengalami luka yang lumayan serius. Bukan hanya itu, ternyata beliau selama ini juga masih mengontrak bersama keluarganya dan tidak mempunyai kediaman yang tetap. Elizabeth Koesno sebenarnya punya anak yang bekerja sebagai sopir taksi, namun sayang adanya pandemi ini membuat mereka jadi pontang-panting demi tetap bertahan mengehadapi berbagai masalah.

Sempat dibawa ke rumah sakit oleh Menteri Prabowo

Mengentahui kalau istri mantan ajudan presiden Soekarno sempat jatuh, Menteri Pertahanan pun tak tinggal diam. Prabowo sempat mengirimkan ambulans khusus RI 1 untuk menjemput Elizabeth dan dibawa ke rumah sakit. Ambulans itu pun sebenarnya kelas VVIP, di mana hanya orang penting dan pejabat negara yang bisa menggunakannya.

Dibawa ke RS [sumber gambar]

Demikian dengan pelayanan rumah sakit yang diberikan, tentunya kelas wahid. Dilansir dari laman Suara, keadan bagian punggung Elizabeth Koesno lumayan parah, namun sayang tidak dapat dioperasi terkendala faktor usia. Oleh sebab itu, dokter menyarankan beliau untuk menggunakan korset seumur hidup supaya punggungnya tidak terlalu sakit. Sebelumnya keluarga sempat kesusahan untuk membawa beliau ke RS bahkan mesti mengutang sana-sini.

Diberi dana oleh presiden untuk meringakan beban

Bukan hanya masalah kesehatan, tentunya adanya problematika lain yang harus diselesaikan. Seperti yang diketahui, pandemi rupanya membuat keuangan keluarga Elizabeth Koesno jadi surut. Cucunya sempat tak kerja karena diterapkan PSBB, alhasil mereka pun harus bertahan hidup dengan menjual barang-barang.

Diberi bantuan [sumber gambar]
Tak sampai di situ, adanya utang juga jadi masalah lain yang mesti diselesaikan. Dilansir dari laman Kumparan, oleh sebab itu Presiden Jokowi, pada tahun 2020 memberikan bantuan sebesar Rp50 juta kepada Elizabeth Koesno dan keluarganya. Diharap bantuan ini bisa meringankan beban ekonomi dari keluarga istri mantan ajudan Bung Karno itu.

Kini dikejar masalah biaya kontrakan

Cerita mengenai Elizabeth Koesno mungkin memang viral di tahun 2020, namun rupanya kini ramai kembali. Hal itu karena keadaan beliau yang sekarang bahkan tak bisa bangun dari tempat tidur karena cedera di punggungnya dulu. Bukan hanya itu, saat ini Elizabeth Koesno juga terancam tidak dapat tinggal terus di kontrakan yang selama ini beliau tempati karena masa kontraknya habis bulan Juni.

Ajudan Soekarno [sumber gambar]
Oleh sebab itu keluarga beliau memohon bantuan dari para pemimpin dan dermawan mengingat dulu suami serta Elizabeth Koesno juga sempat ada di peristiwa-peristiwa penting negara. Mereka mengharap bantuan dana atau tanah sepetak saja tak apa asal tidak usah memikirkan lagi masalah sewa kontrakan.

BACA JUGA: Kisah Mbah Waris, Mantan Pengawal Presiden Sukarno yang Kini Menjadi Penjual Koran

Cerita mengenai Elizabeth Koesno ini sejatinya satu dari banyak kisah lainnya mengenai nasib para veteran dan keluarganya. Meksipun telah memberikan jasa yang besar, karena satu dan beberapa hal mereka jadi hidup susah di usia tuanya. Tentunya hal ini harus dipikirkan bersama bagaimana jalan keluarnya.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Viral Chef Juna Mengamuk di Tengah Acara Masterchef, Sebenarnya Dia Nggak Seseram Itu Lho!

Putus Asa Gagal Masuk PTN? Simak Dulu Kisah Nisa yang Lolos Setelah 9 Kali Mencoba