in

Djamester Simarmata, Sosok yang Terima Tantangan Debat Luhut Pandjaitan Soal Utang Negara

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, sempat mengutarakan keinginannya untuk bertemu dengan orang-orang yang kerap melontarkan kritik terkait dengan utang Indonesia. Ajakan tatap muka tersebut ternyata direspon oleh DR. Djamester Simarmata yang dikenal kritis terhadap kebijakan utang pemerintah.

Djamester Simarmata menyanggupi tantangan Luhut yang ditulis lewat akun Twitternya, @DSimarmata. “Caranya gimana? Saya termasuk yg tdk setuju. Tolong ditentukan waktunya, saya persiapkan bahan!” cuitnya pada (03/06/2020). Lantas, siapa DR. Djamester Simarmata?

Dosen Senior Universitas Indonesia (UI)

Dikenal sebagai dosen senior FE-UI [sumber gambar]
DR. Djamester Simarmata merupakan tokoh sekaligus akademisi yang kini aktif mengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE-UI). Mengutip dari situs situs web staff.ui.ac.id, pengampu mata kuliah ekonomi publik itu termasuk dosen senior di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Dirinya menjadi sorotan setelah diketahui menerima tantangan debat yang dilontarkan oleh Menko Maritim, Luhut Pandjaitan.

Jadi sorotan karena terima tantangan debat Menko Maritim, Luhut Pandjaitan

Sebelumnya, Menko Luhut mengeluarkan pernyataan agar mereka yang kerap mengkritik kebijakan utang pemerintah agar bertatap muka dengan dirinya. DR. Djamester Simarmata rupa-rupanya menyanggupi hal tersebut lewat Twitter pribadinya, @DSimarmata. “Caranya gimana? Saya termasuk yg tdk setuju. Tolong ditentukan waktunya, saya persiapkan bahan!” cuitnya pada (03/06/2020).

Dikenal kritis terhadap teori-teori ekonomi yang dianggap tidak tepat

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia [sumber gambar]
Sebagai seorang ahli soal ekonomi, Djamester Simarmata dikenal sangat kritis dalam menyampaikan pendapatnya pada sejumlah pihak. Terutama menyangkut implementasi teori ekonomi yang tidak tepat. Dilansir dari RMOL (04/06/2020), dirinya bahkan mengkritik wacana cetak uang secara Modern Monetary Theory (MMT) yang dilontarkan oleh Mardigu Wowiek beberapa waktu lalu.

Punya berbagai jurnal ekonomi yang telah dipublikasikan

Djamester Simarmata [sumber gambar]
DR. Djamester Simarmata diketahui telah banyak mengeluarkan tulisan dan jurnal ekonomi yang telah dipublikasikan. Salah satunya adalah buku Analisa Proyek Publik dan Pemerataan, yang diterbitkan oleh Lembaga Penerbit FEUI (1990). Beberapa karya tulisnya juga pernah dimuat di sejumlah media cetak seperti di majalah GATRA, No. 41 Tahun XVI, pada 19-25 Agustus 2010, dan majalah INFOBANK No.379, yang terbit pada Oktober 2010.

Teori ekonomi soal utang menurut Djamester Simarmata

Ilustrasi utang Indonesia [sumber gambar]
Menurut Djamester Simarmata, teori ekonomi yang berlandaskan utang untuk pembangunan dianggapnya keliru. Menukil teori pembangunan yang dikembangkan oleh Joseph Schumpeter, hal tersebut tak perlu dilakukan dengan berutang. Menurutnya, Cina dan Jerman adalah dua negara yang sukses mengembangkan teori tersebut dengan tak mengajukan utang meski tidak memiliki dana.

BACA JUGA: Jadi Sorotan di Tengah Wabah Corona, Inilah Jasa Luhut Binsar Panjaitan Pada Indonesia

Jika debat antara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dengan DR. Djamester Simarmata bisa terealisasi, tentu akan sangat menarik karena bisa memberikan pengetahuan dan pengalaman baru kepada rakyat. Terutama mengenai kebijakan ekonomi seperti utang negara yang dilakukan pemerintah. Tapi kira-kira Luhut apakah akan menyambut hal ini juga?

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Terjebak di Bali karena Wabah, Turis Cantik Asal Kirgistan Ini Malah Temukan Belahan Jiwa

Video ‘Bukan Boneka’ Kekeyi Ditakedown oleh Youtube, Begini Fakta di Baliknya