6 Fakta Pavel Durov, CEO Aplikasi Telegram yang Pemblokirannya Bikin Geger di Indonesia

Sosok CEO Telegram yang masih muda dan punya pendirian nggak tergoyahkan

oleh Nikmatus Solikha
07:00 AM on Jul 20, 2017

Akhir-akhir ini kabar tentang versi web dari Telegram yang diblokir memang banyak diperbincangkan. Banyak netizen yang menyayangkan keputusan pemerintah tersebut. Berita tentang pemblokiran itu rupanya juga sampai pada CEO Telegram, yakni Pavel Durov. Menyikapi itu, Pavel sendiri langsung menyampaikan permintaan maaf pada pemerintah Indonesia.

Seiring dengan menghangatnya berita tentang pemblokiran Telegram, sosok Pavel Durov juga makin dikenal banyak masyarakat Indonesia. Terlepas dari parasnya yang bikin para netizen cewek di Indonesia pada mimisan, ternyata pendiri Telegram tersebut juga punya beberapa fakta unik seperti berikut ini:

Baca Juga
Nggak Hanya Sandiaga Uno, 6 Public Figure Ganteng Ini Juga Lakukan Perawatan Wajah dan Tubuh
Nggak Semua Pejabat #SukaKemewahan, 5 Sosok Ini Malah Hobi Naik Transportasi Umum

Terang-terangan bilang nggak suka WhatsApp

Dalam salah satu wawancara di acara teknologi San Fransisco tahun 2015 silam,  Pavel dengan terang-terangan mengungkapkan bahwa WhatsApp memiliki kualitas yang buruk. Hal tersebut disampaikan bukan karena WhatsApp merupakan saingan terberatnya, tapi karena banyaknya keterbatasan aplikasi tersebut.

Pavel Durov CEO Telegram [image source]
Pavel juga mengatakan jika WhatsApp tidak menjamin privasi para pengguna, dengan kata lain data-data obrolan bisa diintip jika pemerintah suatu negara menginginkannya. Menanggapi kekurangan tersebut, Pavel menganggap jika WhatsApp tidak dapat diandalkan.

Selain Telegram, Pavel juga pendiri sosial media Vkontakte

Pada tahun 2006, Pavel bersama kakaknya Nikolai Durov bekerjasama dalam menciptakan sosial media pertama di Rusia yang dikenal dengan Vkontakte atau biasa disingkat VK. Konsep awalnya, Pavel juga mengaku jika dia terinspirasi dari Facebook. Dan ternyata, VK sendiri rupanya lebih populer di Rusia jika dibandingkan dengan Facebook. Pengguna aplikasi tersebut mencapai 350 juta orang. Kekayaan yang dimiliki saat itu melesat hingga $ 260 juta.

Pavel Durov meninggalkan Rusia [image source]

Tapi sayang, Pavel justru mundur dari perusahaan pada tahun 2014. Keputusan tersebut dipilih setelah dipaksa menjual 12% saham kepemilikannya pada Ivan Tavrin, pemilik perusahaan internet terbesar di Rusia. Ivan memang dikenal memiliki hubungan dekat dengan presiden Rusia, Vladmir Putin. Besar kemungkinan jika tujuan mereka agar pemerintah Rusia bisa memonitor aktivitas warganya di media sosial.

Mengaku Fans Beratnya Indonesia

Pavel Durov memang dikenal sebagai pribadi yang blak-blakan, terlebih setelah krikitan terbuka yang telah diberikan pada WhatsApp. Namun, siapa sangka jika pendiri Telegram ini secara pribadi ngaku sebagai fans berat Negara Indonesia.

Sempat mengunggah foto Raja Ampat di instagram [image source]
Pernyataan tersebut dia sampaikan dari channel resminya di Telegram, Pavel mengungkapkan sudah beberapa kali pergi ke Indonesia dan punya banyak teman di sana. Salah satu lokasi yang pernah dia kunjungi adalah Raja Ampat, Papua. Dilihat di salah satu postingan di akun instragramnya, ia memposting betapa indahnya perairan dengan pulau-pulau kecil yang masih perawan tersebut.

Dikenal sebagai pembangkang di negara asalnya

Kisruh memang pernah terjadi antara Pavel dengan pemerintah Rusia. Ketegangan tersebut berawal saat pihak pemerintah meminta agar laman kelompok oposisi pemerintah dicabut. Rupanya Pavel menolak menyerahkan data-data para pengunjukrasa di Ukraina pada agen intelijen Rusia. Para demonstran itu yang diketahui memiliki laman khusus di VKontakte.

Pavel Durov [image source]
Bahkan, saat pemerintah meminta menutup laman milik Alexei Navalny (orang yang menentang pemerintahan Putin), Pavel justru menolaknya. Pavel justru mengunggah surat yang dikirim pemerintah untuk menutup laman Alexei dengan alasan permintaan tersebut tidak memiliki dasar hukum yang kuat. Karena pembangkangan tersebut, pemerintah pernah mengirimkan tim intelijen ke apartemennya.

Tidak mau disebut tinggal di suatu negara

Pemerintah Rusia memang mengasingkan Pavel Durov sejak pembangkangan yang dia lakukan. Hingga pada akhirnya, pada tahun 2014 Pavel memilih meninggalkan negara asalnya. Akhirnya, Pavel sendiri tidak menunjuk satu lokasi yang disebut tempat tinggal. Dia sendiri tidak menyesal meninggalkan Rusia.

Pavel Durov kerap pindah-pindah [image source]
Terlebih, perusahaan yang dia dirikan saat ini jauh lebih sukses dari sebelumnya. Memang, Pavel memiliki niat untuk kembali ke Rusia suatu saat nanti. Namun dia tidak yakin akan bisa menetap atau tidak.

Nggak rela Telegram diblokir di Indonesia

Seperti dijelaskan sebelumnya, jika Pavel memang merupakan fans Negara Indonesia. Mungkin hal itu juga yang membuat CEO Telegram tersebut masih berusaha meyakinkan pemerintah Indonesia. Pavel mengakui telah adanya miskomunikasi yang terjadi antara Kementrian Komunikasi dan Informatika dengan pihaknya.

Pavel Durov nggak rela Telegram diblokir [image source]
Untuk menyikapinya, Pavel pun menyiapkan solusi untuk meyakinkan Pemerintah Indonesia bahwa Telegram akan serius memberantas konten negatif dan teroris. Telegram juga berjanji akan memblokir semua saluran yang berkaitan dengan terorisme. Dia juga sudah mengirimkan e-mail balasan kepada Menkomifo agar komunikasi berjalan langsung antarkedua pihak.

Itulah 6 fakta tentang Pavel Durov, sosok pendiri Telegram yang nggak bisa ditekan. Sifatnya yang pemberani dan nggak tergoyahkan itu memang patut diacungi jempol. Kira-kira, usahanya membujuk Menkominfo Indonesia berhasil nggak ya?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri
BACA JUGA