in

Mengenal Bozem, Danau Buatan yang Jadi Rahasia Walikota Risma Atasi Banjir Surabaya

Hujan deras yang terjadi di beberapa kota besar Indonesia memang sedang tinggi-tingginya. Seperti yang terjadi di Surabaya baru-baru ini, air sempat menggenang hingga menyebabkan jalanan umum sulit diakses dengan kendaraan bermotor karena berubah menjadi banjir.

Meski demikian, hal tersebut tak berlangsung lama karena banjir langsung surut. Terutama yang berada di daerah Mayjend Sungkono dan Komplek Ruko Vida yang normal dalam waktu kurang dari dua jam. Surutnya banjir yang melanda Surabaya dan sekitarnya, tak lepas dari peran Bozem yang dibangun oleh pemerintah Surabaya. Apa itu Bozem? Simak ulasan Boombastis di bawah ini.

Apa itu Bozem?

Jika dilihat dari bentuknya, Bozem merupakan sebuah waduk yang memiliki luas hingga puluhan hektar yang digunakan untuk menampung limpahan air hujan. Dilansir dari News.detik.com (22/03/2018), Bozem Morokrembangan menjadi danau buatan terbesar dengan luas mencapai 800 ribu meter persegi.

Sementara itu, urutan kedua hingga ketiga ditempati oleh Bozem Kedurus dengan luas 143 ribu meter persegi, dan Bozem Wonorejo seluas 120 ribu meter persegi. Hingga 2019, Surabaya di bawah Walikota Risma telah memiliki total 72 Bozem dengan luas keseluruhan mencapai 147,4 hektar.

Dibangun dalam jumlah besar di masa pemerintahan dua periode Walikota Risma

Selama memimpin Kota Surabaya, Walikota Risma banyak membangun Bozem untuk menampung air hujan. Tak hanya itu, beberapa program seperti penambahan pompa juga dilaksanakan untuk mencegah terjadinya banjir saat musim penghujan tiba. Hal ini kemudian dikombinasikan dengan teknik lainnya sehingga air tidak terlalu lama menggenang di permukaan.

Selain Bozem, pemerintah Surabaya juga melakukan normalisasi saluran air, hingga pemasangan box culvert. Hasilnya pun cukup ampuh untuk menghadang banjir sehingga tidak terlalu lama menggenangi tempat-tempat umum seperti jalan raya. Seperti yang terjadi pada Rabu malam ((15/1/2020), air berhasil surut hanya dalam waktu kurang dari tiga jam.

Memberikan banyak manfaat pada masyarakat Surabaya soal pengelolaan air

Selain membantu menampung air akibat curah hujan yang bisa menimbulkan banjir, Bozem yang dibangun Pemkot Surabaya memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menyediakan cadangan air bersih bagi masyarakat sekitar. Bahkan, keberadaannya juga dimanfaatkan oleh warga untuk menebar benih ikan.

Proses pembangunan Bozem di Surabaya [sumber gambar]
“Sekarang kita punya tampungan air lebih banyak sehingga kemarau pun air kita gak bakalan habis, bisa ambil dari situ. Begitu caranya, kita gak kebanjiran saat hujan, dan tidak kekeringan saat kemarau,” ucap Walikota Tri Rismaharini yang dikutip dari Radarsurabaya.jawapos.com (13/03/2019).

BACA JUGA: Inilah Bukti Bahwa Bu Risma Tak Hanya Tegas Tapi Juga Berhati Malaikat

Menurut Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, pembangunan Bozem diyakini mampu mengatasi banjir jika saat curah hujan mengguyur Kota Pahlawan tersebut. Bahkan, keberadaannya kini tak hanya sebagai solusi mengatasi banjir, tapi juga memasok air bersih bagi masyarakat di Surabaya dan sekitarnya. Bisa ditiru nih oleh Pak Anies Baswedan.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

10 Potret Menawan Renatta Moeloek, Juri MasterChef Indonesia yang Jadi Idaman Warganet

Melihat Efeknya Pada Masyarakat Kecil Jika Subsidi LPG 3 Kilogram Dicabut Oleh Pemerintah