Inilah 5 Fakta Anjing Pitbull, Si Bodyguard Handal Namun Punya Gigitan Pembunuh

Pitbull memang bisa sangat berbahaya, namun jika dirawat dengan baik, mereka anjing setia

oleh Arief Dian
14:00 PM on Aug 7, 2017

Beberapa waktu yang lalu warga Malang heboh atas sebuah kematian seorang anak kecil di kelurahan Mojolangu. Bagaimana tidak, pasalnya bocah berumur 8 tahun ini ditemukan tewas karena gigitan anjing pitbullnya saat mengambil mainan. Ternyata ini bukan pertama kalinya, di tempat lain rupanya juga pernah ditemukan kematian akibat gigitan anjing jenis serupa.

Usut punya usut, jika ditengok sejarahnya, anjing ras pitbull ini memang dikenal petarung dan pemburu yang handal. Bahkan zaman dulu, sekawanan pitbull diadu dengan seekor beruang. Meskipun begitu, bukan berarti kalau anjing pitbull ini hewan yang ganas, pasalnya jika mereka dilatih dengan baik, anjing ini masuk jajaran binatang paling setia pada tuannya.  Untuk mengenal lebih jauh ras anjing yang satu ini, simak ulasan berikut.

Baca Juga
Kabar Siti Rohmah, Si Kasir Minimarket Cantik yang Kini Sukses Menjelma Menjadi Model
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya

Mantan pemburu paling handal

Zaman dulu, rekor pitbull sebagai hewan pemburu tidak bisa disamakan dengan yang lain. Pasalnya saat dilatih berburu, skill pelacakan dan penyerangan mereka sangat luar biasa. Pitbull tidak meliki gigi sangat tajam layaknya harimau ataupun serigala, namun gigitannya sangat sulit dilepaskan.

Pitbul vs Beruang [image source]
Oleh sebab itu banyak orang yang lebih memilih pitbull ketimbang jenis anjing yang lainnya. Namun, lama kelamaan, masa berburu sudah usai, era pitbull sebagai hunter terbaik pun selesai pula. Akhirnya pitbull dialih gunakan sebagai penjaga ternak dan penggembala. Namun demikian, pitbull masih tetap gahar, kawanan serigala tidak akan ada yang mau mendekat jika anjing yang satu ini sedang menjaga ternak.

Digigt pitbull, tidak ada kesempatan lepas

Secara ilmiah, bentuk fisik pitbull tidak didesain sebagai pemilik cengkraman paling ganas. Namun faktanya saat tergigit pitbull, maka banyak yang tidak bisa lepas. Lalu kenapa bisa jadi seperti itu? Ternyata itu semua berhubungan dengan karakter pitbull itu sendiri.

pitbull galak [image source]
Ya, anjing yang satu ini dikenal memiliki antusias tinggi melakukan segala sesuatu. Sebelum mereka mendapatkan apa yang dimau, maka anjing jenis ini tidak akan melepaskannya. Dan itulah yang disinyalir membuat gigitan pitbull ini sangat sulit buat dilepaskan.

Beberapa kasus kematian karena pitbull

Kasus seperti ini ternyata bukan pertama kali terjadi di Indonesia. Misalnya beberapa tahun yang lalu di Sragen juga pernah terjadi hal serupa. Akibatnya pemerintah setempat melarang pengembangbiakan anjing jenis ini agar kejadian yang sama terulang kembali. Kebanyakan tragedi ini terjadi karena kecelakaan atau keteledoran sang pemilik dalam merawat sang anjing. Pitbull mungkin punya gelar anjing gahar, namun bukan berarti mereka adalah anjing yang jahat.

Kesetiaan pitbull tidak usah ditanyakan lagi

Ternyata hewan yang satu ini dikenal sebagai hewan yang punya kesetiaan yang tinggi pada pemiliknya. Bahkan pitbull rela jika harus mengorbankan nyawanya demi menolong majikannya. Seperti kejadian beberapa tahun  di Filipina, yang lalu saat seekor pitbull mengorbankan dirinya melindungin majikan yang akan digigit ular.

Pitbull setia [image source]
Alhasil, pitbull itu meregang nyawa akibat tidak tahan menahan racun ular berbisa. Oleh sebab itu banyak orang yang memilih anjing jenis ini sebagai penjaga kediaman. Karena selain setia, mereka juga penyayang.

Sejatinya suka anak-anak

Meskipun punya tampang yang gahar, sejatinya pitbull bukanlah anjing yang jahat. Itu terbukti dengan kecintaan mereka pada anak-anak. Saat diajak bermain, pitbull akan menunjukkan kelembutannya sebagai seekor anjing peliharaannya. Dia akan menurut dengan apapun yang diperintahkan, entah itu bermain lempar tangkap ataupun permainan anjing lainnya.

Suka anak-anak [image source]
Anjing yang satu ini juga dikenal gampang akrab baik dengan manusia ataupun binatang sejenisnya. Namun demikian, jangan berharap jika mau berniat jahat pada rumah atau majikan dari anjing ini, pasti kena getahnya.

Pitbull mungkin memang memiliki rekor sebagai anjing yang gahar, namun bukan berarti mereka adalah binatang yang jahat. Justru hewan yang satu ini memiliki kesetiaan dan rasa sayang yang luar biasa pada pemiliknya. Dan mengenai kejadian yang ada di Malang, hal itu adalah sebuah kecelakaan, dan semoga tidak terulang kembali.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis
BACA JUGA