in

Eike Batista, dari Orang Terkaya di Dunia sampai Jatuh Miskin dan Kekayaan Minus Triliunan

Menjadi orang terkaya di dunia, menjadi impian banyak orang. Bagi Eike Batista, seorang pengusaha minyak dan gas di Brasil, hal tersebut bukan sekadar impian. Ia membangun bisnis sejak usia 23 tahun, sampai akhirnya ditetapkan oleh Forbes sebagai orang terkaya di dunia.

Namun, malang tak dapat ditolak, status Eike Batista tidak bertahan terlalu lama. Eike mengalami banyak kasus dan utang, sampai membuatnya jatuh miskin bahkan kekayaannya minus. Bagaimana perjalanan Eike Batista? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Anak seorang penguasa sekaligus menteri di Brasil

Salah satu orang terkaya di dunia yang jatuh miskin mendadak. [Sumber Gambar]
Salah satu orang terkaya di dunia yang jatuh miskin mendadak. [Sumber Gambar]
Eike Batista yang lahir pada 3 November 1956, ayahnya seorang penguasa sekaligus menteri pertambangan dan energi Brasil periode 1960-an. Eike berdarah Brasil dan Jerman dari sang ibu. Eike mempelajari bidang metalurgi (pengerjaan logam) di Rhenish-Westphalian Technical University di Jerman. Pada usia 23 tahun, Eike mendirikan perusahaan sendiri di bidang perdagangan emas.

Mendirikan grup perusahaan di berbagai bidang

Eike Batista mengenakan baju OGX. [Sumber Gambar]
Eike Batista mengenakan baju OGX. [Sumber Gambar]
Sukses menghasilkan jutaan dolar dalam usaha pertambangan selama 1980-an, Eike memperluas bisnisnya selama dua dekade berikutnya. Dia berinvestasi di sejumlah industri, termasuk pembangkit energi, eksplorasi minyak dan gas alam, logistik, pembuatan kapal, dan properti. Eike mendirikan grup perusahaan bernama EBX. Beberapa perusahaan di dalamnya yaitu OGX dan MMX. Semua nama perusahaan Eike mengandung huruf “X”, dengan harapan kekayaannya berlipat ganda.

Tersandung berbagai kasus

Kesuksesan selalu dibarengi dengan batu sandungan, begitu pula dengan bisnis Eike. Salah satu perusahaannya, yaitu MMX yang bergerak di bidang pertambangan, rupanya tidak mengikuti peraturan lingkungan beberapa kali. Bukan itu saja, LLX yang merupakan bisnis Eike di bidang logistik, diduga menyuap pihak terkait untuk memaksa sekelompok orang Tupi (penduduk asli Brasil) keluar dari tanah milik mereka.

Eike Batista saat digelandang polisi. [Sumber Gambar]
Eike Batista saat digelandang polisi. [Sumber Gambar]
Sampai akhirnya pada 2008 kepolisian Brasil menyidak kantor dan rumah Eike dalam rangka penyelidikan atas kasus yang menimpanya. Ia dituduh menipu, menggelapkan pajak, dan menyelundupkan emas. Eike pun sempat dipenjara, tetapi dinyatakan tidak bersalah dan bebas dari penjara.

Orang terkaya di dunia pada 2010

Eike Batista di rumah mewahnya. [Sumber Gambar]
Eike Batista di rumah mewahnya. [Sumber Gambar]
Benar saja, Eike meraup keuntungan berlipat ganda dari OGX, perusahaannya yang bergerak di bidang minyak dan gas. Bahkan, Eike menghabiskan sampai sekitar 1 miliar dolar Amerika untuk mendapatkan lisensi daerah berpotensi minyak di lepas pantai Brasil. Perusahaan yang berdiri pada 2007 itu, membuat Eike dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di dunia oleh Forbes pada 2010.

Bikin perekonomian Brasil meningkat

Eike Batista, mantan miliuner asal Brasil. [Sumber Gambar]
Eike Batista, mantan miliuner asal Brasil. [Sumber Gambar]
Walau banyak terlibat kasus sampai dipenjara, perusahaan Eike menyumbang keuntungan bagi Brasil sehingga membuat perekonomian negara ini meningkat. Bahkan, bantuan keuangan dari Eike kepada Brasil berhasil menjadikan Rio de Janeiro menang lelang sebagai tuan rumah Olympic Games 2016. Tidak heran, pada 2012 saja kekayaan Eike menjadi lebih dari 34,5 miliar dolar Amerika atau sekitar Rp520 triliun (kurs 2022).

Tidak bisa bayar utang sampai kekayaannya minus

Mantan miliuner asal Brasil, Eike Batista. [Sumber Gambar]
Mantan miliuner asal Brasil, Eike Batista. [Sumber Gambar]
Kesuksesan Eike rupanya mulai runtuh. Harga minyak dunia dan ekonomi Brasil menurun, sehingga produksi ladang minyak OGX pun gagal. Eike juga harus melunasi utang obligasi (utang dari pemerintah). Namun, Eike gagal membayar utang tersebut beserta bunga sebesar 45 juta dolar Amerika atau sekitar Rp670 miliar (kurs 2022). Ia bahkan harus menjual berbagai aset. Walau begitu, utang Eike begitu besar hingga kekayaannya minus pada 2015. Pasalnya, utangnya mencapai lebih dari 1 miliar dolar Amerika atau sekitar Rp15 triliun (kurs 2022).

Dijatuhi 30 tahun penjara

Beragam kasus yang menimpa Eike, membuatnya menjalani sidang berulang kali sampai dipenjara. Seperti pada Januari 2017, ia dipenjara akibat melakukan suap sebesar 16,5 juta dolar Amerika sehubungan dengan skandal Petrobras. Petrobras merupakan perusahaan minyak dan bumi di Brasil, korupsinya melibatkan pengusaha sampai politikus.

Eike Batista di dalam mobil polisi. [Sumber Gambar]
Eike Batista di dalam mobil polisi. [Sumber Gambar]
Eike dipenjara sampai April 2017, kemudian ia menjadi tahanan rumah. Tidak berhenti sampai di situ, Eike dijatuhi hukuman penjara 30 tahun pada 2018 karena melakukan suap dan tetap menjadi tahanan rumah. Pada 2019 pun, Eike dipenjara sebentar atas tuduhan pencucian uang dan trading ilegal.

BACA JUGA: Jadi Miliarder Setelah Menang Lotre, Pria Ini Berfoya-foya Sampai Bangkrut dan Jatuh Miskin

Eike melakukan banding dan keluar dari penjara dengan membayar denda besar. Ia pun bertekad memulai kembali kerajaan bisnisnya dan berambisi sukses lagi. Semoga saja Eike tidak melakukan kesalahan seperti dahulu.

Written by H

Level Tajir dan Keren Raffi Ahmad, Undang Choi Siwon sampai Ronaldinho ke Rumahnya

Pernikahan Bintang Emon dan Alca Octaviani dilaksanakan di Jakarta. [Sumber Gambar]

Tak Pernah Umbar Hubungan Asmara, Bintang Emon dan Kekasih Menikah dengan Mahar Ribuan Dolar