in

Tak Sepenuhnya Sembuh, Operasi Amandel Punya Efek Jangka Panjang yang Bahayakan Kesehatan

Seperti yang kita tahu kalau amandel sering kali kambuh karena hal-hal sepele. Contohnya saja minum es secara berlebihan atau mengonsumsi makanan pedas terlalu sering. Oleh karena itu, enggak jarang kalau amandel itu bisa membesar dan dokter menyarankan untuk mengoperasinya saja. Ini dilakukan supaya gangguan pada amandel tak terjadi lagi di kemudian hari.

Namun sayangnya, amandel ini ternyata juga tidak begitu berdampak baik bagi sebagian orang Sahabat Boombastis. Banyak para ahli menyebutkan kalau operasi amandel mempunyai efek buruk bagi kesehatan. Contohnya adalah seperti di bawah ini.

Pernapasan yang tidak berjalan normal seperti biasanya

Pengangkatan amandel ternyata bisa berakibat infeksi pada saluran pernapasan Sahabat Boombastis. Hal ini telah dilakukan penelitian oleh beberapa ahli yang mempublikasikannya dalam Journal of the American Medical Association (JAMA).

Bisa terkena gangguan pernapasan [Sumber Gambar]
Di dalam penelitiannya, para ahli menemukan kalau orang yang melakukan pengangkatan amandel lebih tinggi risikonya sebanyak dua persen terkena gangguan pernapasan daripada manusia pada umumnya. Tapi pernyataan ini masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut oleh dokter THT yaitu Drs. Nikhila Raol. Sebab, penelitian tersebut masih lebih banyak menggunakan data statistik daripada klinis.

Tubuh lebih mudah terserang penyakit

Selanjutnya, menurut dr. Syahrial M Hutauruk SpTHT-KL selaku Ketua Divisi Laring Faring Departemen THT FKUI-RSCM, operasi amandel memang dapat mempengaruhi imunitas tubuh. Tapi, kepada suara.com ia mengungkapkan lagi jika ini hanya berpengaruh kepada anak berusia tiga sampai tujuh tahun. Ini disebabkan, kekebalan tubuh pada anak masih sangat rentan sehingga mudah sekali untuk terserang penyakit.

Lebih mudah sakit [Sumber Gambar]

Mungkin banyak dari kalian mengapa ini bisa berpengaruh pada kekebalan tubuh. Nah, menurut Dr dr Cita Herawati, SpTHT-KL dari RS Kanker Dharmais mengatakan jika amandel berfungsi untuk menangkal infeksi, baik yang bersumber dari virus maupun bakteri. Jadi sudah tahu kan mengapa imun tubuh berkurang ketika amandel diangkat?

Gangguan paru-paru juga tidak dapat dihindarkan

Dari penelitian yang dilakukan oleh Sean Bayers selaku pakar kesehatan di University Melbourne, Australia, ia mengatakan jika operasi amandel memiliki efek jangka panjang. Yaitu gangguan paru obstruktif kronik. Bahkan, infeksi pernapasan lainnya juga kemungkinan dapat timbul tergantung imun dari tubuh.

Ilustrasi gangguan paru-paru [Sumber Gambar]
Namun, lagi-lagi ini dikhususkan untuk anak-anak yang berusia di bawah 10 tahun. Jika operasi amandel dilakukan oleh orang dewasa, tentu tidak akan begitu berpengaruh Sahabat Boombastis. Jadi, Michael Abramson selaku ahli kesehatan dari Monash University, Australian menyampaikan jika ingin melakukan operasi amandel pada buah hatinya perlu berdiskusi dahulu kepada dokter yang bersangkutan supaya dampak tersebut tidak terjadi.

Untuk itu, kita tidak perlu lagi khawatir tentang efek jangka panjang dari operasi amandel . Namun perlu diperhatikan jika kita sebaiknya juga berhati-hati. Meski semua efeknya berdampak pada anak kecil, tidak menutup kemungkinan kalau kita bisa terserang penyakit tersebut tiba-tiba. Jadi, alangkah lebih baiknya kita menghindari perilaku penyebab amandel. Misalnya mengonsumsi minuman terlalu panas, pedas, asam. Lalu mengonsumsi minuman dingin terlalu sering.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Mengulik Fakta dan Tugas Tim Pertimbangan Monas yang Bakal Digaji Rp. 461 Juta

Wajib Tahu! Inilah 5 Pemain Indonesia yang ‘Panen Emas’ di Negeri Tetangga