Atlantis memang selalu menarik perhatian kita karena misterinya. Ya, kota yang hilang secara misterius ini membuat banyak spekulasi luar biasa. Mulai dari peradabannya yang super maju, keturunan alien hingga keberadaannya yang sempat diisukan berada di Indonesia. Yang jelas, semua masih jadi misteri sampai sekarang.

Nah, kamu pernah dengar nggak sih mengenai Dwaraka? Sebuah kota misterius mirip Atlantis yang ada dalam Epos Mahabharata. Dwaraka ini dianggap sebagai kota emas karena kemakmuran penduduknya sehingga nggak kalah dengan kota misterius yang lain. Biar kamu tak penasaran, yuk simak ulasan tentang kota Dwaraka di bawah ini.

Dwaraka kota indah pada zaman dulu

Tak kalah dengan Atlantis, cerita kota indah yang hilang secara misterius si Dwaraka juga menarik perhatian banyak orang. Kota yang satu ini disebutkan dalam epos Mahabharata yang sangat terkenal. Dilansir dari laman Grid, Dwaraka diperintah oleh Sri Krishna dan dibangun dengan sangat megah dengan bahan emas, kristal, perak, dan zamrud.

Dibangun Krishna [sumber gambar]
Di dalamnya banyak ruangan besar yang sangat megah, dilansir dari laman IDN, ada sekitar 16.108 istana dibuat untuk 16.108 ratunya. Alhasil bukan hal yang aneh kalau kota ini diberi julukan kota emas karena memang kekayaan dan kemakmuran yang dimiliki oleh raja dan rakyat yang tinggal di sana.

Akhir kisah kota megah yang hilang ditelan samudra

Layaknya kisah kota misterius lainnya, jejak mengenai Dwaraka ini kemudian hilang tak tersisa. Oleh sebab itu bukan hal yang aneh kalau banyak yang mengatakan jika cerita itu hanyalah dongeng semata. Kisah hilangnya kota ini terjadi setelah Sri Krishna memerintah secara adil dan makmur di Dwaraka setelah 36 tahun.

Kota emas megah [sumber gambar]
Akhirnya sepeninggal Sri Krishna dan setelah terjadi beberapa konflik di kota itu, Dwaraka pun tenggelam tanpa jejak. Sebelum meninggal Sri Krishna sempat meramalkan hal ini sehingga semua penduduk kota sudah dipindahkan. Kota emas itu akhirnya hanya jadi sebuah misteri yang tak terungkap.

Titik cerah keberadaan Dwaraka yang hilang

Akhirnya setelah lama mencari, beberapa peneliti menemukan titik temu mengenai kota yang satu ini. Dilansir dari laman Grid, beberapa penelitian membuktikan adanya reruntuhan kuno bekas peradaban yang kemungkinan merupakan Dwaraka.

Diceritakan dalam Epos [sumber gambar]
Dalam reruntuhan tersebut ditemukan beberapa kuil yang menunjukkan kalau kota itu memang benar nyata. Peneliti lain, Dr. Jayantilal Thakkar menemukan beberapa bukti tambahan berupa sisa rumah-rumah, gerabah, koin, dan berbagai gelang tangan atau kaki yang terpendam dalam tanah. Ya, meskipun tidak ditemukan 16.108 istana perak seperti yang diceritakan pada epos, namun adanya reruntuhan di laut dekat India ini membuktikan kalau benar ada peradaban dengan lokasi tepat seperti yang dikisahkan.

Banyak juga para peneliti yang tidak sependapat

Akan tetapi siapa sangka kalau banyak juga peneliti dari India yang tidak setuju dengan temuan ini. Mereka yang menolak teori ini bukan tidak meyakininya keberadaan Dwaraka namun lebih menganggap kalau reruntuhan yang ditemukan itu merupakan peradaban kuno lain.

Peradaban kuno [sumber gambar]
Meskipun banyak bukti seperti keberadaan kuil, simbol teratai dan lain-lain, namun demikian itu masih belum kuat membuktikan kalau kota itu benar-benar Dwaraka yang hilang. Itu semua hanyalah hipotesa sehingga diperlakukan penelitian lanjutan karena masih banyak kejanggalan yang ditemui dalam reruntuhan kuno itu.

BACA JUGA: Menguak Sundaland, Area Sekitar Gunung Anak Krakatau yang Diduga Terdapat Jejak Atlantis

Keberadaan kota Dwaraka memang masih jadi sebuah misteri hingga saat ini. Adanya penemuan ini sejatinya menjadi sebuah titik terang untuk pembuktian sejarah. Entah nantinya benar terbukti atau tidak, namun demikian peneliti tak akan menyerah dalam mencari jawaban atas misteri ini.