Ini yang Akan Terjadi Bila Seluruh Negara di Dunia Memboikot Amerika

oleh Faradina
18:30 PM on Jan 31, 2017

Peraturan tentang pemboikotan warga dari beberapa negara islam oleh Presiden Trump, saat ini seolah menjadi bahan pembicaraan yang tiada berujung. Sampai sekarang, orang-orang di seluruh dunia masih terus mengecam si peraturan diskriminatif yang sukses bikin citra Paman Sam makin memburuk. Trump mungkin bermaksud baik dengan membuat aturan ini, namun dampaknya begitu meluas, bahkan para CEO perusahaan ternama macam Google pun ikut menyindir presiden beristri seksi ini.

Menanggapi peraturan nyeleneh ini, orang-orang masih sebatas menyerukan suara saja. Namun, beberapa negara sudah mulai ancang-ancang untuk melakukan balasan dengan cara yang sama, misalnya seperti yang dilakukan Iran. Melihat fenomena ini, coba kita berandai-andai, seumpama semua negara melakukan hal yang sama yakni memboikot Amerika, kira-kira apa ya yang bakal terjadi? Hmm, jawaban dari pertanyaan ini bisa macam-macam.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Lalu, apa sih yang bakal terjadi seumpama seluruh dunia memboikot Amerika? Analisanya bisa kamu temukan lewat ulasan berikut.

Pengangguran merajarela

Apa hubungannya boikot Amerika dan jumlah pengangguran? Sekarang coba kamu hitung ada berapa produk Amerika yang merajai pasaran di banyak negara. Ambil saja contoh makanan, di Indonesia saja ada banyak sekali restoran cepat saji yang notabenenya adalah keluaran Amerika. Dan kamu tahu, mereka punya cabang yang begitu banyak di mana masing-masingnya memiliki pekerja yang tak sedikit jumlahnya.

pengangguran [image source]
Bayangkan jika seluruh negara termasuk Indonesia memilih memboikot Amerika, itu artinya semua restoran cepat saji tersebut bakal tutup dan membuat semua pekerjanya jadi pengangguran. Kabar buruknya lagi, perusahaan Amerika yang tersebar di seluruh dunia bukan hanya restoran cepat saji. Ada juga minyak, otomotif dan lain sebagainya. Kalau semua ini tutup gara-gara boikot, maka jumlah pengangguran bisa naik berkali-kali lipat dalam skala dunia.

Kehilangan kemudahan berjejaring dunia maya

Selain jumlah pengangguran di negara pemboikot Amerika, negara-negara tersebut harus siap untuk mengalami keterlambatan mendapat informasi dan berjejaring. Coba sekarang sebutkan sosial media apa yang sering kamu gunakan? Facebook? Twitter? Instagram? Biasanya untuk memperoleh informasi melalui internet, halaman apa yang akan kamu tanya? Google?

sosial media [image source]
Google dan kawan-kawannya tersebut juga berasal dari Amerika dan bila negara di dunia memutuskan memboikot Amerika itu berarti kita harus bersiap-siap mencari search engine baru dan menutup semua akun sosial media kita. Belum lagi selama ini perusahaan penyedia layanan internet terbaik di dunia bermarkas di Amerika, yang artinya kita harus bersiap juga dengan layanan internet kualitas seadanya.

Kondisi perekonomian dunia terguncang

Poin ini tentu saja berhubungan dengan yang pertama. Sekarang bila semua perusahaan Amerika harus ditutup di sebuah negara, berarti negara tersebut harus menyediakan bahan atau produk penggantinya. Bila hal tersebut terjadi dan ternyata hanya ada sedikit ditemukan penggantinya, maka bersiaplah melayani permintaan barang yang bertambah banyak. Jika permintaan bertambah banyak, barang langka, dan harganya terus menerus meningkat maka inflasi otomatis akan terjadi.

inflasi [image source]
Selain itu kurs dolar pasti akan mengalami carut marut. Dolar sudah tidak laku lagi di negara lain dan mereka yang terlanjur menyimpan dolar harus mencari cara untuk dapat menukarkannya. Nilai dolar akan terus menurun dan tidak tahu kapan perekonomian dunia dapat stabil. Karena dolar termasuk mata uang asing dengan pengaruh yang besar di dunia.

PBB akan turun tangan

Bila Amerika memang berhasil diboikot oleh seluruh negara, tentu saja PBB tidak akan tinggal diam. Seperti yang kita tahu bahwa organisasi ini membawahi hampir semua negara di dunia dan salah satu negara yang memiliki andil besar dalam organisasi ini adalah Amerika.

United Nations [image source]
Bisa jadi PBB akan mengadakan pertemuan membahas hal itu atau bahkan mengeluarkan sanksi atau aturan khusus bagi negara yang berani melakukan boikot. Intinya PBB takkan membiarkan hal tersebut terjadi karena memandang Amerika sebagai negara besar yang pengaruhnya juga tak main-main.

Itulah beberapa hal yang bisa terjadi bila wacana boikot Amerika benar-benar terjadi. Seperti yang kita tahu bahwa Amerika adalah negara besar yang memiliki pengaruh sangat kuat di hampir seluruh dunia. Bila kekuatannya sampai dilumpuhkan, maka seluruh dunia akan merasakan imbasnya. Kecuali mungkin Korea Utara yang bisa hidup tanpa campur tangan Amerika.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA