Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun

oleh didi
10:09 AM on Oct 25, 2014

Umat muslim dari seluruh penjuru dunia saat ini sedang merayakan momen pergantian tahun baru 1436 Hijriah yang jatuh pada Sabtu, 25 Oktober 2014 penanggalan masehi. Sebagaimana tradisi agama Islam, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa awal tahun dan doa akhir tahun. Berikut ini doa akhir tahun dan awal tahun :

Doa Akhir Tahun

Baca Juga
Kabar Siti Rohmah, Si Kasir Minimarket Cantik yang Kini Sukses Menjelma Menjadi Model
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya

Dalam agama Islam ditanamkan prinsip khusnul khatimah sehingga sangat dianjurkan untuk menutup segala sesuatu dengan sebaik-baiknya sesuatu. Salah satunya adalah momen akhir tahun.

Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, puasa akhir tahun menjadi amalan sunnah yang dianjurkan oleh agama Islam. Bahkan, puasa akhir tahun merupakan puasa terbaik setelah puasa Ramadhan.

“Seutama-utama puasa sesudah puasa Ramadhan ialah puasa Muharam dan seutama-utama solat sesudah solat fardhu ialah solat malam.” (Sahih Muslim)

Selain puasa, ada juga doa yang harus dipanjatkan umat Islam sebelum datangnya waktu Maghrib di hari terakhir tahun itu. Berikut ini adalah teks doa akhir tahun :

Doa Akhir Tahun
Doa Akhir Tahun

Doa Awal Tahun

Setelah berpuasa di hari terakhir bulan Dzulhijjah, selanjutnya dianjurkan untuk berpuasa di hari pertama bulan Muharram maka Allah SWT akan menghapus dosa umat-Nya yang bersedia menjalani puasa di hari terakhir bulan Dzulhijjah dan awal Muharram sesuai dengan hadist berikut ini,

“Siapa yang berpuasa pada hari akhir Zulhijah dan awal Muharam, nescaya Allah ampunkan segala dosanya walau selama 50 tahun melakukannya.”  (Hadis riwayat Ibni Abbas r.a.)

Selain puasa, ada juga doa yang sebaiknya dipanjatkan pada waktu Maghrib di hari pertama awal tahun baru sebab ketika umat Islam membacanya maka akan ada dua malaikat yang akan membacanya sepanjang tahun.

“Siapa yang membaca doa ini pada 1 Muharam, Allah mewakilkan dua malikat memeliharanya pada tahun itu.”  (Hadis riwayat Ibni Abbas r.a.)

Berikut ini adalah teks doa awal tahun :

Doa Awal Tahun
Doa Awal Tahun
Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA