Ini Loh Alasan Kenapa Indonesia Sudah Pantas Jadi Anggota Tetap Dewan Keamanan PBB

oleh Adi Nugroho
07:42 AM on Oct 22, 2016

Dewan Keamanan PBB adalah sebuah lembaga yang memiliki kekuatan besar dalam menjaga keamanan dan perdamaian di dunia. Kelompok ini terdiri dari 15 anggota dengan 5 anggota tetap dan 10 anggota tidak tetap yang bisa berganti setiap setahun sekali. Anggota-anggota ini akan membahas isu-isu penting terkait perdamaian dan perang yang ada di dunia.

Menjadi salah satu anggota Dewan Keamanan PBB adalah sebuah prestasi yang luar biasa. Artinya perjuangan yang dilakukan selama di PBB tidak sia-sia. Indonesia adalah salah satunya. Negeri yang kita cintai ini sudah kerap menunjukkan prestasinya di kancah pasukan penjaga perdamaian. Bahkan, pasukan Indonesia dikenal sangat hebat dan selalu membuat banyak warga menyukainya.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Ngomong-ngomong, masih tentang Indonesia dan Dewan Keamanan PBB, ini loh alasan kenapa Indonesia sudah pantas jadi Anggota Tetap Dewan Keamanan PBB.

Kerap Mengirim Kontingen Pasukan Perdamaian

Tidak bisa dimungkiri lagi kalau Kontingan Garuda selalu dikirim ke mana saja konflik terjadi. Bahkan sejak tahun 1957, Indonesia sudah mengirim setidaknya 35 ribu pasukan perdamaian dunia. Pasukan ini ditempatkan di kawasan konflik seperti di Afrika dan juga Timur Tengah hingga sekarang.

kerap mengirim Kontingan Garuda [image source]
kerap mengirim Kontingan Garuda [image source]
Para tentara ini diberi tugas untuk membantu rakyat sipil. Mereka juga berusaha menjaga keamanan di kawasan konflik agar tidak terjadi yang namanya konflik berkepanjangan. Dari dahulu hingga sekarang, total pasukan yang dikirimkan Indonesia jauh lebih banyak dari pasukan yang dikirimkan negara lain meski mereka adalah anggota tetap Dewan Keamanan PBB.

Sering Jadi Anggota Tidak Tetap

Selain masalah prestasi yang tidak ada habisnya bahkan terus bertambah, Indonesia juga sudah sering menjadi anggota tidak tetap. Setidaknya sudah tiga kali Indonesia ikut ambil bagian dalam sistem pengambilan keputusan Dewan Keamanan PBB. Pada era Presiden Soeharto, Indonesia pernah jadi anggota tidak tetap pada periode 1973-1974 dan 1995-1996. Pada era Presiden SBY Indonesia menjabat pada tahun 2007-2008.

sering jadi anggota tidak tetap [image source]
sering jadi anggota tidak tetap [image source]
Dengan pengalaman menjadi anggota tidak tetap, negara kita sedikit banyak sudah tahu seperti apa sistem kerjanya. Untuk masalah loyalitas Indonesia dalam hal mengirim pasukan perdamaian juga tidak bisa diragukan lagi. Jadi sudah tidak alasan untuk tidak mempertimbangkan negara kita ini menjadi anggota tetap Dewan Keamanan PBB.

Negara Demokrasi yang Terus Berkembang

Indonesia adalah salah satu negara demokrasi terbesar di dunia. Di Regional Asia Tenggara, Indonesia adalah negara yang cukup memberikan pengaruh besar baik dari segi ekonomi dan juga militer. Sebagai negara demokrasi, Indonesia sudah terbiasa dengan sistem yang memihak pada rakyat. Jika menjadi anggota tetap Dewan Keamanan PBB, Indonesia bisa berbuat banyak dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan di seluruh dunia.

negara demokrasi [image source]
negara demokrasi [image source]
Selain masalah demokrasi, Indonesia juga dikenal sebagai negara dengan jumlah tentara aktif terbanyak di dunia. Selain itu, cadangan yang bisa digunakan untuk berperang juga tidak sedikit. Dengan keadaan ini, Indonesia akan lebih mudah mengirimkan pasukan untuk misi perdamaian di seluruh dunia.

Negara yang Netral dan Tidak Memihak

Jika kita melihat anggota tetap Dewan Keamanan PBB, maka kita bisa melihat adanya sebuah keironian. Negara yang bergabung menjadi anggota tetap adalah Amerika, Inggris, Prancis, Rusia, dam Tiongkok. Jika dilihat sekilas negara ini terbagi menjadi dua kubu. Pertama kubu Tiongkok dan Rusia lalu Amerika dan juga sekutunya yang sama-sama ada pada NATO.

Negara yang netral [image source]
Negara yang netral [image source]
Dalam pengambilan keputusan negara-negara di atas bakalan susah netral. Pertama kedua kelompok negara selalu terlibat perang proksi yang mengerikan. Semuanya memiliki sentimen negatif yang akan memengaruhi keputusan. Kalau Indonesia masuk dalam anggota tetap, maka kepentingan-kepentigan yang memihak negara tertentu bisa dinetralkan atau paling tidak ditekan agar tidak terjadi.

BACA JUGA:  4 Terowongan Kereta Api Terangker di Indonesia Ini Konon Kerap Meminta Tumbal Manusia

Inilah beberapa alasan yang mendasari mengapa Indonesia pantas menjadi anggota tetap Dewan Keamanan PBB. Barangkali yang membuat negara kita masih di sini-sini saja adalah masalah persenjataan yang masih minim dan juga kemampuan negara dalam membuat senjatanya sendiri.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA