4 Death March alias Perjalanan Kematian Paling Ngeri yang Pernah Terjadi di Dunia

oleh Rizal
07:00 AM on May 31, 2016

Kalau merujuk kepada istilah populernya, Death March adalah kondisi di mana sekumpulan orang dipaksa untuk melakukan perjalanan jauh dan selama masa itu mereka kerap menerima siksaan, bahkan juga dibunuh. Death march biasanya dilakukan dengan berjalan kaki untuk menuju destinasi yang sangat jauh.

Death march sendiri biasanya dialami oleh para tawanan perang atau para pengungsi yang diusir. Seperti yang sempat disinggung, kerap kali banyak yang mati ketika melakukan ini. Penyebabnya sendiri beragam, mulai dari kelelahan, kelaparan, sakit, sampai tertinggal kawanan. Ngerinya lagi, para pasukan yang mengiringi perjalanan panjang itu juga kerap berbuat sewenang-wenang. Mulai dari perlakuan fisik yang super kejam, sampai membunuh hanya untuk bersenang-senang.

Baca Juga
5 Fakta Gedung BEI, Bangunan Megah yang Kemewahannya Bukan Hanya Hisapan Jempol
5 Fakta Sri Wahyuni Manalip, Si Bupati Cantik Asal Talaud yang Terancam ‘Lepas Seragam’

Tercatat ada beberapa death march yang pernah terjadi dalam sejarah. Semuanya sangat mengerikan dan jadi bukti manusia bisa lebih keji daripada hewan. Simak ulasannya berikut.

1. Sandakan Death March, Bukti Keberingasan Jepang

Selama tahun 1942-1943 Jepang berhasil memenangkan beberapa pertempuran di Singapura. Dari hasil peperangan ini mereka menawan setidaknya 2.345 prajurit sekutu yang terdiri dari Inggris dan Australia. Dari tempat awal, kemudian para tawanan ini dipindah ke Sandakan, Sabah, untuk dipaksa bekerja membangun sebuah bandara.

Sandakan death march [Image Source]
Sandakan death march [Image Source]
Jepang benar-benar gila dalam memaksa para tawanan ini bekerja. Hingga akhirnya ratusan orang tewas dan tersisa sekitar 1900an saja. Pangkalan udara selesai dibangun, tapi kemudian dihancurkan oleh Sekutu di tahun 1945. Hal ini kemudian memicu Jepang untuk melakukan death march dari Sadakan ke Ranau.

Selama perjalanan, Jepang makin menjadi-jadi. Mereka menyiksa dan membunuhi para tawanan. Hingga akhirnya hanya tersisa 38 orang saja yang nantinya juga dibantai ketika sampai ke Ranau. Untungnya, beberapa tawanan berhasil lolos dan akhirnya memberikan kesaksian. Beberapa komandan Jepang yang terlibat pun akhirnya digantung sebagai hukuman.

2. Bataan Death March, Satu Lagi Bukti Kegilaan Jepang

Tak hanya Sandakan, Jepang ternyata juga pernah melakukan death march lain sebelum itu. Kali ini korbannya adalah tawanan Filipina dan Amerika. Mereka dipaksa untuk berjalan kaki sepanjang 97 kilometer dari Mariveles ke Camp O’Donnel di Capas, Filipina. Jepang ketika itu memperjalankan sekitar 80 ribuan orang.

Para tawanan di Bataan death march [Image Source]
Para tawanan di Bataan death march [Image Source]
Selama di perjalanan, tentara Jepang yang mendampingi perjalanan begitu kejam. Mereka main bunuh untuk sesuatu hal yang sangat kecil. Ketahuan menyimpan makanan dibunuh, tanya tentang makanan dibunuh, tertinggal di belakang di bunuh, sakit pun juga akan dibunuh. Ngerinya, para pasukan Jepang membunuh tawanan ini dengan katana dengan alasan hemat peluru.

Perjalanan kematian ini setidaknya membuat hampir 10 ribuan orang mati. Rata-rata tewas karena dibunuh dalam perjalanan. Atas kejadian ini, Jepang pun kemudian dipaksa untuk mempertanggungjawabkannya di mahkamah internasional. Beberapa jenderal besar dihukum gantung pada tahun 1948.

3. Nazi Death March, Bukti Kekejaman Hitler yang Jarang Diketahui

Tak hanya Jepang, ternyata Nazi Jerman juga pernah melakukan sebuah death march. Korbannya sendiri adalah para Yahudi yang sebelumnya dikurung di berbagai kamp konsentrasi. Alasan dari death march Nazi ini adalah karena Jerman saat itu sedang dalam posisi tidak menguntungkan. Beberapa wilayah kekuasaan mereka sudah mulai dikuasai oleh Soviet dan sekutu.

Nazi Death March [Image Source]
Nazi Death March [Image Source]
Diperkirakan hampir sekitar 60 ribu orang yang dipaksa melakukan perjalanan maut tersebut. Jarak yang harus mereka lalui adalah 35 mil. Nah, soal perlakuan kejam, tentara Nazi ternyata juga melakukannya. Dalam perjalanan para tentara membunuh tawanan dengan seenaknya. Bahkan kabarnya, mereka melakukannya dengan sangat kejam. Entah ditenggelamkan dengan tangan terikat, sampai dibiarkan mati kelaparan.

4. Brno Death March, Pengusiran Keji Warga Jerman di Ceko

Perang Dunia II berakhir dengan kekalahan Jerman. Meskipun demikian, cukup banyak penduduk negeri Panzer ini tetap tinggal di negara-negara yang tak lagi jadi jajahan Hitler. Hal ini akhirnya memunculkan semacam sentimen negatif, hingga kemudian muncul wacana untuk mengusir semua warga Jerman kembali ke negara asalnya.

Brno Death March [Image Source]
Brno Death March [Image Source]
Salah satu yang sangat menginginkan ini adalah orang-orang Ceko. Mereka sangat tidak suka dengan warga Jerman yang masih mendiami beberapa wilayah di sana. Akhirnya pengusiran dilakukan. Tak seperti tiga death march sebelumnya, kali ini korbannya tidak hanya pria-pria tapi juga ibu-ibu dan anak-anak.

Diperkirakan ribuan orang mati dalam perjalanan kematian ini. Penyebabnya sendiri karena kelaparan dan juga lelah lantaran jaraknya yang terlalu jauh.

Tidak bisa dibayangkan bagaimana perasaan orang-orang ini ketika melakukan perjalanan yang mematikan. Ngeri dan tak berperikemanusiaan, maka pantas kalau kemudian death march dikategorikan sebagai kejahatan menurut Fourth Geneva Convention. Hal ini juga jadi bukti tentang manusia yang ternyata bisa lebih kejam daripada binatang hanya gara-gara menginginkan kekuasaan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! 5 Sisi Gelap Dunia Pramugari yang Akan Menyadarkanmu Kalau Dunia Penerbangan juga Penuh Godaan Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 7 Sosok Pria Paling Aneh Dengan Keunikan yang Mencengangkan di Dunia 4 Surga Dunia yang Tersembunyi di Indonesia Ini Bakal Bikin Negara Tetangga Sirik! Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia 4 Fakta Caddy, Wanita Cantik di Lapangan Golf yang Buat Dengkul Para Pria Lemes 5 Kata yang Punya Arti Beda Jika Kamu Ucapkan di Medan 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan Kocaknya 10 Meme ‘Salah Gue Apa’ Ini Dijamin Bikin Kamu Ketawa Sampe Mules 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Pulau Terpadat di Dunia Ternyata Ada di Indonesia Loh, Bukan Jawa Apalagi Bali
BACA JUGA