in

Selama Ini Dipercaya Jadi Penjara Jin, Akhirnya Terungkap ‘Sumur Neraka’ Berisi Mutiara

dasar sumur neraka barhout

Berabad-abad lamanya, Sumur Barhout di Yaman disebut sebagai Sumur Neraka. Penduduk setempat percaya sumur ini adalah penjara bagi para jin. Sumur Barhout sendiri berada di tengah gurun di Provinsi Al-Mahra, Yaman. Selama ini, tak ada seorang pun yang berani mendekati sumur berdiameter 30 meter ini.

Namun Tim Penjelajah Gua Oman nekat masuk ke dalam dan berhasil mencapai dasar sumur misterius ini. Sebanyak delapan anggota turun ke dasar sumur yang dalamnya mencapai 112 meter. Mereka pun menemukan fakta yang jauh berbeda dengan kisah seram mengenai Sumur Barhout. Inilah informasi selengkapnya.

Tak temukan jin dalam sumur

dasar sumur neraka barhout
OCET masuk ke Sumur Barhout [sumber gambar]
Oman Cave Exploration Team (OCET) tak menemukan adanya tanda-tanda supranatural di dalam sumur tersebut. Tim penjelajah hanya menemukan batu, tanah, air, dan beberapa bangkai hewan di dalam dasar sumur. Setelah menjelajah Sumur Barhout, OCET sukses menjadi tim pertama di dunia yang berhasil mencapai dasar sumur tersebut.

Sumur dipenuhi mutiara hijau

dasar sumur neraka barhout
Dasar sumur dipenuhi mutiara [sumber gambar]

Tim penjelajah mengambil sampel air, batu, tanah, dan beberapa bangkai hewan untuk dianalisis lebih lanjut. Selain itu, OCET menemukan formasi gua yang dipenuhi dengan mutiara berwarna abu-abu dan hijau limau. Mutiara tersebut rupanya terbentuk karena tetesan air.

Temukan ular dan bangkai burung

dasar sumur neraka barhout
Ular dan bangkai burung di dasar sumur [sumber gambar]
Saat tiba di dasar umur, tim penjelajah menemukan ular. Hal itu dilaporkan oleh profesor geologi dan German University of Technology di Oman Mohammed al-Kindi, yang ikut menjelah bersama OCET. Namun, Mohammed menyebut ular tersebut tidak mengganggu penjelajah. Anggota tim juga menemukan bangkai burung dengan bau tak sedap namun tak menyengat.

Orang Yaman tak pernah mencapai dasar sumur

dasar sumur neraka barhout
Dasar sumur neraka [sumber gambar]
Sebelum OCET melakukan penjelajahan, pejabat Yaman pernah mengatakan bahwa mereka sama sekali tidak mengetahui apa yang ada di dalam sumur tersebut. Mereka mengaku belum pernah ada orang Yaman yang masuk ke dasar sumur yang berusia jutaan tahun itu. OCET juga membantah mitos lain yang mengklaim bahwa sumur tersebut adalah gunung berapi super yang dapat menghancurkan bumi.

BACA JUGA: 4 Fakta Lubang Misterius di Yaman, Dipercara Orang Sebagai Penjara Setan dan Para Jin

OCET sendiri mengatakan alasan mereka nekat menjelajah Sumur Neraka tersebut. Rasa semangat yang memotivasi mereka untuk melakukan riset. OCET merasa penjelajahan mereka di Sumur Bahrout akan mengungkap keajaiban baru dan menjadi bagian dari sejarah Yaman.

Written by F A Agustina

Nasib Syam Permana

Pencipta Lagu Dangdut Era 90-an Ini Hidup Merana, Tak Dapatkan Royalti dari Lagu Ciptaannya

Gempa Cianjur

Gempa Cianjur Sebabkan Kerusakan Parah hingga Ratusan Orang Meninggal Dunia