in

Dalang Wayang Kulit dari Luar Negeri Ini Enggak Kalah Luwes dari yang Asli Indonesia loh!

dalang bule

Profesi dalang di Indonesia tidak begitu umum diminati oleh banyak orang. Pertama karena menjadi dalang sangatlah sulit, seseorang harus menguasai banyak cerita, bisa berbicara dengan beragam nada, kuat duduk semalaman, hingga hal-hal lain yang sangat rumit. Selanjutnya, pertunjukan wayang di era modern ini mulai sepi oleh peminat sehingga menjalani sekolah dalang pun seperti tidak berguna.

Meski sangat sepi peminat di Indonesia, beberapa bule atau orang asing justru giat mempelajarinya. Mereka rela datang jauh-jauh dari luar negeri untuk belajar dan menampilkan pertunjukan wayang itu di luaran sana. Berikut nama-nama dari dalang warga asing yang patut kita acungi jempol.

Gaura Mancacaritadipura – Australia

Bagi Gaura, wayang adalah hidupnya. Sejak kenal wayang di tahun 1997 silam, dia langsung jatuh cinta dan memutuskan untuk mempelajarinya dengan saksama. Dia mempelajari segala jenis wayang di Indonesia sehingga memutuskan untuk menekuni aliran wayang Surakarta secara mendalam. Dia pun mempelajari beragam teknik wayang sehingga menguasainya dengan baik.

Gaura Mancacaritadipura [image source]
Gaura Mancacaritadipura [image source]
Pada acara tertentu, Gaura kerap diundang untuk tampil. Bahkan dia kerap diundang ke Korea untuk menampilkan wayang yang sebenarnya bukan budaya aslinya. Saat tampil di luar negeri, Gaura biasanya menggunakan Bahasa Inggris agar semua orang yang menontonnya paham. Oh ya, sejak tahun 2004, Gaura memutuskan untuk menjadi WNI karena ingin mendedikasikan seumur hidupnya untuk wayang.

Mattew Isaac Cohen – Amerika

Mattew Isaac Cohen lahir di Amerika meski akhirnya menetap di Inggris. Pada tahun 1988, dia mulai mempelajari seni pertunjukan wayang saat kuliah di ISI Solo sebagai penerima beasiswa. Berangkat dari kuliahnya ini, Mattew mulai tertarik mempelajari wayang karena mendapatkan banyak dukungan dari dosen-dosen yang pernah mengajarinya.

Mattew Isaac Cohen [image source]
Mattew Isaac Cohen [image source]
Dari semangat juang yang tidak ada habisnya dari dunia seni wayang, Mattew akhirnya menjadi dalang sungguhan. Dia mendapatkan julukan Ki Mattew seperti layaknya dalang lain di Indonesia. Saat ini Mattew lebih banyak tampil di luar negeri, dia kerap melakukan pertunjukan di Inggris sehingga menarik ratusan penduduk dan akademisi lokal untuk menyaksikan kemegahan pertunjukan wayang.

Ryoh Matsumoto – Jepang

Ryoh Matsumoto adalah salah satu dalang asal Jepang yang berhasil memainkan wayang dari Indonesia dengan baik. Dia mampu menggabungkan banyak sekali elemen dari wayang Jawa dengan beberapa kisah dari Jepang sehingga aliran baru dari wayang diciptakan. Saat berada di Indonesia, dia menggunakan Bahasa Jawa saat mendalang dan Bahasa Jepang saat tampil di negerinya sendiri.

Dalang Matsumoto [image source]
Dalang Matsumoto [image source]
Oh ya, dalam melakukan pertunjukan, Ryoh kerap menggabungkan teknologi video dan pencahayaan yang baik untuk efek menakjubkan. Kemampuan yang hebat dari Ryoh dalam seni pertunjukan wayang ini tidak didapatkan dengan dengan mudah. Dia sudah mempelajari seni ini selama 20 tahun lebih.

Urban Wahlstedt – Swedia

Urban Wahlstedt adalah salah satu dalang bule yang mampu menampilkan pertunjukan wayang dengan bak. Dia pernah melakukan pertunjukan di Stockholm, Swedia beberapa tahun lalu. Pertunjukan yang dimainkan oleh Urban ini juga dibantu oleh gamelan binaan KBRI bernama Riris Genda Raras.

Urban Whlstedt [image source]
Urban Whlstedt [image source]
Pertunjukan yang dilakukan oleh Urban merupakan bagian dari promosi budaya Indonesia di Eropa. Melalui gaya berwayangnya yang sangat unik dan khas, Urban mampu menarik banyak sekali pengunjung dalam pementasan wayang yang menakjubkan itu.

Inilah beberapa dalang wayang kulit bule hebat yang kemampuannya sangat mumpuni. Kalau bule saja mampu melestarikan budaya Indonesia, kenapa kita tidak? Ya, walau tidak jadi dalang, kita masih bisa menjadi penonton yang akan mengapresiasi kiprah para dalang di Indonesia.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

Mengenal Roebiono Kertopati, Sang Genius Ahli Sandi Pertama dari Indonesia

Sangarnya Custom Tactical Unit, Satuan Elit Paling Aktif dan Berprestasi di Indonesia