in

Kerap Disepelekan, Ini Gejala Munculnya Kanker Lambung yang Sudah Bersarang di Tubuh Kalian

Penyakit kanker kini semakin banyak macamnya. Beda dengan dulu yang kita hanya tahu leukimia alias kanker darah. Itupun kita mengetahuinya dari sinetron yang para pemerannya divonis menderita leukimia. Nah, kali ini kanker sudah bisa menyerang ke seluruh anggota tubuh, salah satunya adalah lambung.

Lambung memang sangat rawan terkena gangguan. Ini disebabkan organ tersebut berfungsi untuk memecah dan mengaduk-aduk makanan sampai hancur layaknya hatimu yang ditinggal pas lagi sayang-sayangnya. Jadi, kalau tak terisi makanan dalam kurun waktu lama, si lambung akan mengoyak diri sendiri dan akhirnya membuat kalian menderita maag. Nah, itu tadi kan penyakit maag, kalau kanker lambung bagaimana sih cirinya?

Lebih sering bersendawa

Bersendawa merupakan salah satu kebiasaan manusia yang tak bisa dihindarkan. Apalagi ketika kita sedang enter the wind alias masuk angin, sendawa akan terjadi lebih sering. Tapi, kalau fenomena kesehatan satu ini terjadi berulang kali di kehidupan kalian seperti mengingat mantan, sebaiknya perlu untuk diwaspadai nih. Sebab ini bisa jadi salah satu dari adanya penyakit kanker lambung dalam tubuh.

Sering bersendawa [Sumber Gambar]
Hal ini juga diungkapkan oleh pakar kesehatan pencernaan asal Singapura yaitu Dr. Chua Tju Siang. Namun peristiwa ini perlu kalian khawatirkan ketika sendawa diiringi dengan rasa nyeri di bagian dada atau perut. Selain itu, dalam waktu satu jam kalian bisa bersendawa dari 20 hingga 40 kali. Kalau sudah ada tanda tersebut di tubuh kalian, sebaiknya jangan diremehkan ya.

Perut kembung yang terjadi sehabis makan

Pada umumnya orang-orang merasa perutnya kembung setelah makan karena terlalu kenyang. Maka dari itu, perut akan berbunyi seperti gendang ketika ditepuk-tepuk. Namun hal ini bukan jadi sesuatu yang dikhawatirkan lantaran semua orang juga mengalaminya.

Perut kembung [Sumber Gambar]
Tapi lain halnya kalau kalian mengalami ini setiap harinya sehabis makan. Lebih baik untuk segera periksakan ke dokter karena ini bisa jadi gejala munculnya kanker lambung. Dilansir dari laman mediskus.com, perut kembung ini terjadi karena tumor menyerang lambung sehingga mengakibatkan sisa-sisa makanan tak diserap dengan baik. Jadi, lama kelamaan lambung membengkak dan berakhir dengan perut yang semakin membuncit. Hayo, siapa di sini yang punya perut buncit?

Mengalami kesulitan menelan makanan

Bagi siapa saja yang menderita kanker lambung pasti mengalami kesulitan menelan. Dikutip dari laman health.detik.com, kalau kesulitan menelan ini terjadi karena melemahnya otot-otot pada dinding esofagus yang berfungsi untuk mendorong makanan masuk ke dalam lambung. Akibatnya, perut menjadi tidak terisi dan berakhir dengan penurunan berat badan.

Sulit untuk menelan [Sumber Gambar]
Kalau sudah seperti ini, kanker lambung bisa semakin menyebar nih Sahabat Boombastis. Alasannya karena tidak ada asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga sel-sel kanker dapat berkembang biak dengan bebasnya di dalam tubuh kalian.

Kanker lambung memang masih jarang terjadi di Indonesia ini. Namun, sebaiknya mulai saat ini kita lebih mewaspadainya. Sebab, dari kebiasaan dan juga apa yang kita konsumsi bisa jadi penyebab munculnya kanker lambung. Nah, apabila kalian mengalami salah satu atau semua dari ciri-ciri di atas, sebaiknya jangan tunda untuk memeriksakan ke dokter ya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Lampaui Valentino Rossi, Inilah 5 Rekor The Doctor yang Telah Dipecahkan Marquez

Piring Terbang Hingga Negeri Saba, Ini 4 Fakta Teori Tak Biasa Mengenai Candi Borobudur