Setiap ada kejadian aneh di Arab Saudi, umat Islam di dunia dan khususnya di Indonesia, selalu mengaitkan fenomena tersebut dengan dekatnya hari kiamat. Bukan apa-apa, negeri yang menjadi lahirnya agama Islam tersebut memang kerap disambangi sejumlah peristiwa yang cukup menghebohkan. Di antaranya adalah gejala alam yang tak biasa.

Beberapa waktu lalu, sejumlah jamaah haji dibuat panik lantaran angin kencang yang berhembus hingga kiswah (penutup ka’bah) menjadi terbuka. Tak hanya fenomena alam. Beberapa peristiwa yang dianggap memiliki “pertanda” itu juga kerap dikait-kaitkan sebagai proses menuju kepada akhir zaman. Apa saja kejadian yang menghebohkan Arab Saudi dan seluruh umat muslim dunia itu?

Peristiwa bom meledak di masjid Nabawi

Bom bunuh diri di Arab Saudi [sumber gambar]
Salah satu kejadian yang meresahkan umat muslim dunia adalah, meledaknya sebuah bom bunuh diri di sekitar kompleks Masjid Nabawi. Peristiwa itu terjadi pada Senin 4 Juli 2016 setelah para jamaah usai melaksanakan Shalat Maghrib. Dilansir dunia.tempo.co yang dikutip dari Saudi Press Agency, aksi peledakkan juga terjadi di sebuah masjid dekat pasar Mias di Qatif. Apakah kejadian di atas merupakan salah satu bentuk terorisme yang ingin menguasai dunia Islam? Entahlah.

Badai angin dan hujan lebat yang melanda Arab Saudi

Cuaca tampaknya kurang bersahabat bagi jaamaah haji yang sedang menunaikan ibadah di tanah suci. Seperti tayangan stasiun televisi Al Arabiya yang viral di media sosial, memprlihatkan kiswah (penutup ka’bah) yang diterpa angin kencang sehingga tampak terayun-ayun dan terbuka. Sebelumnya pada 2009 silam, Arab Saudi juga pernah diterjang hujan hingga mengakibatkan banjir besar. Banyak yang menduga, peristiwa ini sebagai salah satu bentuk dari “tahapan” menuju hari akhir dari kehidupan manusia.

Insiden crane terjatuh

Salah satu insiden paling menghebohkan adalah, jatuhnya crane pada 2015 silam di sekitar lokasi tempat para jamaah haji sering berada. Dilansir dari internasional.kompas.com, akibat peristiwa ini, sebanyak 87 anggota jemaah dilaporkan meninggal dan 184 orang lainnya menderita luka-luka. 2 di antara jumlah korban di atas berasal dari Indonesia. Sementara 20 orang sisanya, mengalami luka-luka. Serupa dengan peristiwa terowongan Mina pada 2 Juli 1990 yang memakan korban lebih dari 1.400 jamaah haji tewas.

Malaikat turun di atas Kakbah

Salah satu kejadian paling fenomenal lainnya adalah, saat sebuah cahaya yang dipercaya banyak kalangan umat muslim sebagai malaikat, terlihat turun di atas kakbah. Meski belum dipastikan kebenarannya secara akurat, banyak orang di dunia merasa takjub akan hal tersebut. Kejadiannya pun berlangsung cepat dan sesaat. Tak lama, video rekamannya langsung beredar di dunia maya. Entah fenomena apa yang menyebabkan peristiwa itu. Yang jelas, kebenarannya hingga kini masih menjadi pertanyaan.

Salju yang turun di Arab Saudi dari kacamata para ahli

Beberapa waktu lalu, masyarakat muslim dunia dikejutkan dengan turunnya salju di wilayah Arab Saudi. Panorama panas ala padang pasir, langsung berganti dengan cuaca dingin dengan hamparan putih. Menurut Edvin Aldrian selaku Direktur Pusat Penelitian dan Pengembangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang dilansir dari dunia.tempo.co, ada dua kemungkinan yang menjadi penyebab. Pertama, tekanan udara di sebelah utara sangat tinggi sehingga mendorong udara dingin ke Arab yang memiliki tekanan sangat rendah. kedua, adanya blocking udara sehingga udara dari Eropa mengalir ke Arab Saudi.

Di Arab bisa jadi terlalu panas saat itu,” ujarnya

Memang, beberapa tanda di atas adalah salah satu tanda-tanda akhir zaman kian mendekati masanya. Namun, ada pula yang hanya disebabkan oleh faktor kelalaian manusia dan gejala alam biasa. Namun, tak ada salahnya jika kita mulai bersiap diri muai sekarang. Karena datangnya kiamat, bisa terjadi kapanpun juga tanpa kita sadari sebelumnya.