Belakangan ada banyak sekali tantangan atau challenge yang viral dan menjamur di Internet. Mulai dari goyang dua jari, jogged baby shark, serta tantangan lain yang bis membahayakan. Salah satunya adalah choking game atau yang dikenal dengan istilah 5 menit ke surga. Game ini memang marak dilakukan oleh remaja di luar negeri seperti Amerika serta Australia. Mereka akan merasakan kenikmatan oksigen yang mengalir ke otak selepas dicekik beberapa saat.

Nah, walaupun tak begitu booming di Indonesia, satu hal yang perlu kamu tau adalah jangan coba-coba untuk mengikuti tren gila ini. Karena hal tersebut bisa membuat nyawa melayang. Tak hanya satu atau dua korban yang meninggal karena challenge ini.

Chocking game [Sumber gambar]
Permainan ini memang sudah lama beredar. Seorang akan menekan sekeras-kerasnya area leher untuk mendapat euphoria –seperti mengkonsumsi obat-obatan terlarang- sesaat setelah dilepaskan. Namun, banyak korban yang malah tidak bisa bernapas dan meninggal setelah melakukan aksi berbahaya ini.

Choking game ini merupakan permainan yang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan hipoksia serebral. Hipoksia ini adalah kondisi di mana seseorang akan kekurangan supply oksigen menuju otak karena darah yang terhenti akibat cekikan. Akibat lain adalah pecahnya pembuluh darah sehingga menyebabkan kerusakan organ secara fatal hingga berujung kematian.

Akibat bermain choking game [Sumber gambar]
Di Negara Amerika Serikat, popularitas choking game ini semakin naik dari tahun ke tahun. Ada lebih dari enam anak yang meninggal setiap tahun, bahkan di New Jersey 2017 lalu, ada 10 anak yang meninggal dunia. Jadi meskipun sedang tren, mending dijauhi dan jangan pernah mencoba ya Sahabat Boombastis.

Selain challenge di atas, masih ada beberapa yang juga berbahaya untuk dilakukan. Seperti pass out (menekan bagian dada kuat-kuat) serta blue whale yang pastinya sudah memakan korban dan haram dilakukan.