Chengdu J-20, Jet Tempur Andalan Tiongkok yang Bikin Amerika-Rusia Ketar-Ketir

oleh Rizal
14:05 PM on Nov 7, 2016

Meskipun Swedia dan Prancis bisa dibilang merupakan produsen pesawat yang mumpuni dan berpengalaman, tapi pamor mereka takkan pernah mengalahkan Amerika-Rusia. Kalau tak percaya, coba deh tanyakan kepada orang-orang lebih kenal mana mereka antara Gripen dan F-22 atau Su-35? Jelas jawabannya adalah yang kedua.

Amerika dan Rusia memang mendominasi soal pamor alutsista udara. Namun, untuk kehebatan tunggu dulu. Prancis dan Swedia juga tak kalah greget. Tak hanya itu saja, Tiongkok pun juga mulai menunjukkan tajinya sebagai calon negara produsen pesawat hebat. Ya, hal tersebut ditunjukkan negeri tirai bambu ini dengan merilis Chengdu J-20 yang digadang sangat hebat. Bahkan katanya bisa mengalahkan Sukhoi-nya Rusia maupun Lockheed Martin-nya AS.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

J-20 sendiri sangat dinanti oleh pemerintah Tiongkok, karena kehadirannya bisa mendongkrak kekuatan militer negeri panda ini. Dan bagi negara-negara lain yang mungkin kurang menyukai Tiongkok, kehadiran pesawat ini adalah momok baru yang bikin ketar-ketir. Lebih jauh soal jet baru ini, berikut beberapa fakta tentang J-20 Chengdu.

Kemampuan Sangar J-20 yang Mengesankan

Secara umum, J-20 digadang memiliki hampir semua kemampuan jet tercanggih kekinian, seperti F-35 atau T-50-nya Sukhoi. Kemampuan ini antara lain adalah bisa terbang dengan mode siluman, terintegrasi dengan sistem komputer, sensor canggih di mana-mana, sampai mampu mengusung rudal-rudal mematikan.

Kemampuan hebat J-20 [Image Source]
Kemampuan hebat J-20 [Image Source]
Tak hanya itu, pesawat ini juga dilengkapi dengan kemampuan menghilangkan jejak di radar serta sistem deteksi target dengan electro-optical. Mesinnya sendiri juga dikatakan sangat luar biasa. Para ahli menduga kalau J-20 sanggup terbang dengan kemampuan supersonik.

Keunggulan J-20 Dibanding Jet Tercanggih AS

Tak hanya berbekal kemampuan basis yang setara dengan jet-jet kekinian, J-20 juga dipercaya memiliki banyak keunggulan. Terutama jika dibandingkan dengan pesawat-pesawat buatan Amerika. Setidaknya ada tiga hal keunggulan yang dimiliki Chengdu.

Digadang memiliki kelebihan [Image Source]
Digadang memiliki kelebihan [Image Source]
Hal tersebut adalah kemampuan jelajah yang lebih luas, kapasitas bahan bakar yang lebih banyak serta mampu mengusung banyak senjata dalam satu waktu. Jika ketika keunggulan ini benar, maka kemampuan jelajah bakal jadi yang paling ngeri. Ya, dengan kemampuan sehebat ini serta didukung waktu operasi yang lama, maka J-20 benar-benar akan sangat menakutkan.

Menyimpan Kekuatan Misterius

Meskipun sudah begitu banyak berita tentang J-20, bahkan kita bisa baca spesifikasi mesinnya di Wiki, namun jet satu ini aslinya masih benar-benar misterius. Ya, masih belum ada seorang pun yang sanggup membaca semua kemampuan jet ini lantaran kerahasiaan yang tinggi.

Kekuatan misterius J-20 [Image Source]
Kekuatan misterius J-20 [Image Source]
Dipercaya, kemampuan J-20 lebih dari apa yang dituliskan di atas. Bisa jadi, jet ini adalah generasi paling canggih dengan kemampuan yang tak terduga. Para pakar sendiri mengatakan jika J-20 memiliki banyak kejutan di kokpitnya. Maksudnya adalah tombol-tombol rahasia di bagian panel pilotnya.

Sering Dianggap Sebagai Pesawat Hasil Maling

Tak hanya diceritakan kehebatannya, J-20 ini juga sering diulas keburukannya. Keburukan di sini bukan soal kemampuan atau semacamnya, melainkan rumor kalau sang jet baru Tiongkok ini diduga kuat hasil curian. Dugaan sementara, para pembuat J-20 sebelumnya telah mendapatkan data-data rahasia milik F-22 dan F-35 yang dicuri.

Diduga menjiplak F-22 [Image Source]
Diduga menjiplak F-22 [Image Source]
Kalau dilihat dari desain atau bentuknya, J-20 ini memang agak mirip dengan F-22 Raptor milik Amerika. Namun, J-20 memiliki sayap di bagian depan sehingga tidak identik. Sedangkan untuk teknologinya, diduga J-20 ini menjiplak F-35. Jadi, apakah benar kalau J-20 pesawat curian dan jiplakan? Belum pernah ada yang mengonfirmasi hal tersebut.

Hadirnya J-20 Membuat Militer Tiongkok Makin Mematikan

Rilisnya J-20 menurut para ahli adalah sebuah lompatan yang luar biasa bagi Tiongkok. Sekarang, mereka tak perlu lagi bergantung kepada barat untuk membeli jet-jet tempur, tapi sudah bisa bikin sendiri dengan waktu dan biaya yang dipercaya jauh lebih murah. Dan ini pun akan berdampak kepada kekuatan militer Tiongkok secara keseluruhan.

Chengdu J-20 [Image Source]
Chengdu J-20 [Image Source]
Pesawat J-20 ini diduga biaya pengadaannya jauh lebih murah dan singkat daripada jet-jet tempur lainnya. Dan didukung dengan kekuatan keuangan yang besar, rasa-rasanya bukan mustahil bagi Tiongkok untuk memproduksi pesawat ini banyak-banyak. Kalau sudah seperti ini, maka dunia wajib waspada. Termasuk bagi negara-negara yang tidak akur dengan negeri panda ini.

Setelah sekian lama, akhirnya Tiongkok mampu membuat jetnya sendiri. Hal ini adalah terobosan bagus bagi mereka sekaligus berpotensi besar sekali memperkuat militer secara keseluruhan. Nah, jika Tiongkok sudah bisa bikin jet tempurnya sendiri, kira-kira kapan ya giliran Indonesia? Bukan hal yang mustahil, tapi untuk ke sana sepertinya kita masih jauh sekali.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA