Menjadi terkenal sekarang sangat mudah. Salah satunya adalah lakukan hal nyeleneh atau mempraktikkan challenge yang tengah viral di media sosial. Misalnya #kikichallenge atau #icebucketchallenge yang ternyata memakan beberapa korban.

Nah, kini ada challenge yang baru lagi nih. Adalah challenge selfie bareng kecoak. Ya, hewan yang bakal jadi mode terbang ketika merasa terintimidasi ini dijadikan bahan challenge oleh beberapa orang. Seperti tak kenal jijik, mereka dengan bangganya berselfie dengan binatang yang super bikin bulu kudu berdiri tersebut.

Tidak ada kejelasan siapa yang memulai challenge

Setiap challenge yang kerap viral di media sosial, jarang sekali kita tahu siapa pelopornya. Ya salah satunya seperti tantangan foto bareng kecoa ini. Warganet hanya mengetahui dari seseorang dengan akun twitter @ChelseaMiklas yang mengunggah beberapa foto dari remaja dengan kecoak di wajahnya. Bahkan, ada yang sampai menggigit hewan kotor tersebut. Akhirnya, unggahan dari salah satu rakyat twitter ini seketika menjadi perbincangan di media sosial.

Mengundang banyak cemoohan dari para warganet

Komentar dari warganet [Sumber Gambar]
Setelah melihat unggahan ini, banyak netizen yang berkomentar pedas tentang kelakuan tiga remaja tersebut. Terang saja, binatang yang banyak dijauhi ini malah diajak untuk berfoto. Parahnya, hewan berwarna coklat ini diletakkan di wajah hingga digigit. Ya bagaimana warganet tidak auto merinding melihatnya. Sampai ada seorang netizen yang berkata “kenapa enggak sekalian aja tarantula yang diletakkan di pipi” dari @UCxUP.

Bisa berdampak kurang baik bagi orang yang melihatnya

Anak kecil bisa meniru perbuatan tersebut [Sumber Gambar]
Tidak hanya mengundang netizen untuk berkata keras. Tapi, challenge ini juga bisa berdampak kurang baik bagi siapa saja yang melihat. Seperti anak di bawah umur yang sekarang jauh lebih kekinian dari emak bapaknya. Mereka bisa saja meniru hal tersebut tanpa memikirkan bagaimana dampaknya bagi dirinya sendiri. Kalau hanya untuk memegang sih sepertinya tak masalah. Tapi, bagaimana jika mereka sampai menggigit hewan berbau tak sedap ini? Apa kalian yang melakukan challenge ini mau tanggung jawab?

Mengakibatkan beberapa penyakit jika terlalu lama bersentuhan dengan kecoa

Bisa menyebabkan penyakit asma [Sumber Gambar]
Serangga satu ini dianggap menjijikkan karena bisa menyebarkan beragam penyakit. Salah satunya asma yang rentan menyerang anak-anak, tapi tak dapat dipungkiri jika orang dewasa juga bisa terkena. Menurut American Lung Association, kecoak membawa alergen yang bisa memicu alergi mirip dengan butiran debu. Menakutkannya lagi, asma ini bisa muncul meskipun orang tersebut tidak pernah ada riwayat penyakit sesak nafas itu. Duh, ngeri banget sih…

Kecoa bisa menggigit manusia

Gigitan kecoa yang bisa sebabkan infeksi [Sumber Gambar]
Sahabat Boombastis tahu tidak kalau sebenarnya hewan kecil ini bisa menggigit manusia? Yup, dilansir dari laman kumparan.com, kecoak dapat menggigit orang ketika dirinya merasa terancam. Ia biasanya menggigit di bagian kulit atau kuku manusia. Nah, menurut Science Trends, gigitan kecoak terlihat seperti bekas gigitan nyamuk atau kutu dan rasanya seperti dicubit. Bekas gigitannya berwarna merah cerah, bengkak dan gatal, serta bisa menyebabkan infeksi.

BACA JUGA : 4 Fakta Kecoa yang Ternyata Mahal dan Dijadikan Balapan di Negeri Kangguru Australia

Challenge yang satu ini memang sepertinya tidak perlu diviralkan di media sosial. Pasalnya, lebih banyak membawa dampak buruk daripada baiknya. Apalagi ini kecoak yang bisa menimbulkan beberapa penyakit.