in

5 Hal Inilah yang Bisa Bikin Laki-laki Bertekuk Lutut pada Perempuan Jawa

Perempuan Jawa sejak dulu terkenal sopan dan kalem. Tapi seiring perkembangan jaman, pesona mereka ikut berubah. Stigma kalem itu tidak selalu lagi melekat. Walau demikian wanita-wanita semanis gula merah ini tetap punya daya pikat sendiri.

Entah sudah berapa banyak pria Indonesia dari berbagai daerah yang kepincut dengan wanita Jawa. Selain karena populasinya yang cukup banyak, beberapa hal di bawah ini lho yang bikin banyak pria menjatuhkan pilihan pada mereka.

Biar Hitam Tapi Manis

Mayoritas cewek Jawa memang memiliki warna kulit sawo matang hingga gelap. Tapi gurat wajah manis khas perempuan sana memang tidak terbantahkan. Kadang ada lesung pipitnya, bermata relatif bulat dan kulit yang berkilau. Nggak heran lah kalau cewek Jawa kerap diberi julukan si hitam manis. Apalagi kalau sudah senyum, beuh, cowok mana yang nggak klepek-klepek?

Pengantin Jawa [Image Source]
Sayangnya, banyak di antara mereka yang tidak menyadari kecantikan khas ini. Ada yang berusaha agar kulitnya terlihat lebih putih seperti artis-artis Korea, dan menggunakan berbagai macam produk pemutih. Yah, asal nggak mutihin kulit di polres pas musim pemutihan, deh ya!

Mengenal Tata Krama

Sebenarnya, tak hanya kaum perempuan saja yang punya tata krama jempolan. Nyaris semua orang Jawa memang dikenal memiliki tata krama yang baik. Hal tersebut memang sudah membudaya dan turun temurun diajarkan pada para generasi penerus. Sumeh atau murah senyum, menyapa balik bila dipanggil, agak membungkuk saat melewati orang lain atau orang yang lebih tua. Hal-hal ini remeh, tapi jadi bawaan yang menambah nilai etis seseorang.

Perempuan Jawa [Image Source]
Kesopanan tersebut tergambar dari cara bicara dan tutur kata. Sebagai cowok normal, tentu bakal lebih memilih cewek yang sopan dan memiliki tata krama daripada yang pecicilan dan petakilan. Karena sedikit banyak mereka membayangkan akan seperti apa anak-anaknya kelak. Kan, wanita bukan cuma membesarkan anak tapi juga adalah pembesar generasi.

Sifat yang Sederhana, tapi Sebenarnya Nggak Biasa

Kepribadian tersebut ditanamkan oleh para leluhur, dari semboyan Jawa yang berbunyi, “Pilih-pilih oleh bongkeng.” Yang memiliki makna, “Suka pilih-pilih akan mendapatkan yang lebih buruk.” Semboyan tersebut mengajarkan para wanita untuk tidak mematok standard terlalu tinggi untuk dijadikan pasangan hidup.

Pengantin Jawa [Image Source]
Perempuan Jawa cenderung tidak banyak syarat dalam memilih pasangan. Entah itu tidak berasal dari keluarga kaya, entah itu punya fisik yang di luar tipenya. Sebagian wanita di Jawa punya watak ‘nriman‘ alias cukup mudah menerima, tidak banyak minta macam-macam  Dari pribadi yang sederhana tersebut, mereka bisa memahami pasangan tidak hanya dari sisi kelebihan tapi juga dari kekurangannya.

Penurut, Mudah Diatur

Berbekal ajaran tata krama sejak kecil, perempuan Jawa cenderung sudah memiliki mental penurut, Mental ya, bukan berarti semua penurut artinya pasti mau disuruh atau dibilangi ini itu. Nah, cowok punya kecenderungan juga untuk memilih perempuan yang bisa diajak bermasa depan seperti ini.

Indah Kalalo dan Suami Bule [Image Source]
Jawa juga menjunjung tinggi lelaki sebagai imam atau pemimpinnya. Sebagai calon imam, pria juga mencari wanita yang bisa diajak bekerja sama, bertukar pikiran, tapi juga bisa dikendalikan. Perempuan seperti ini cocok banget buat pria-pria penyuka perempuan tidak ngeyelan.

Menghormati yang Tua

Berbahagialah para lelaki yang punya pasangan perempuan Jawa, sebab mereka sudah mahir banget menghormati yang lebih tua. Bagaimana memperlakukan, mengambil hati, bertutur kata pada orang tua, perempuan Jawa punya keluwesan tersendiri akan hal ini.

Pasanagan Artis Jawa Raffi Gigi [Image Source]
Menghormati yang lebih tua itu hal yang sudah membudaya di kalangan orang Jawa. Istilahnya mereka punya unggah-ungguh. Misalnya saja, gaya bahasa ketika ngobrol dengan yang lebih tua, mereka akan menggunakan bahasa kromo inggil atau setidaknya leih menjaga sikap. Melewati orang tua yang sedang duduk, mereka juga akan menunduk hingga meninggalkan kesan santun.

Pada dasarnya, perempuan Indonesia dari berbagai suku punya daya tariknya masing-masing. Dan semua balik lagi ke pribadi masing-masing dan masalah selera. Ada yang suka kalemnya, ada yang suka watak kerasnya, ada yang suka bentuk tubuhnya dan lain-lain. Meski kelihatan remeh, lima hal di atas memang jadi faktor yang membuat banyak pria bertekuk lutut pada wanita Jawa.

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

Iskandar Zulkarnain, Raja Bijaksana yang Mampu Membendung Kiamat

Kisah Mak Lampir, Legenda Seorang Putri yang Menjadi Buruk Rupa Demi Lelaki Pujaan Hatinya