Rasa-rasanya nggak ada yang tak kenal dengan sosok Wahyu Sardono alias Dono. Bersama grup Warkop DKI, ia sukses membuat pemirsa televisi terpingkal tatkala film-filmnya diputar saat liburan. Kehidupan Alm Dono sendiri memang menarik. Misalnya tentang sosoknya yang ternyata seorang aktivis, padahal di film kita melihat Dono ialah figur yang sama sekali berlainan. Kocak dan sering apes.

Pernah juga ada berita heboh soal salah satu anak Dono yang pendidikannya gahar banget, yakni Teknik Nuklir. Entah ya, kehidupan asli Dono agaknya memang banyak yang mengejutkan. Termasuk juga bagaimana ia mendapatkan jodohnya. Tentu penasaran kan bagaimana cerita sang komedian legenda mendapatkan belahan jiwanya?

Jika di film Dono begitu gampangnya mendapatkan gadis-gadis cantik, di dunia nyata tentu berbeda. Tapi ada satu kejadian ajaib terkait itu. Kata kuncinya adalah Jailangkung.

Dono dapat bocoran jodoh dari Jailangkung

Jailangkung adalah permainan unik di mana kita melibatkan boneka buatan dan ritual pemanggilan makhluk halus. Biasanya sih Jailangkung dipakai untuk menanyakan sesuatu. Nah, siapa sangka ternyata Dono pernah juga melakukan ini saat SMP, dan ketika itu terkuak bocoran soal masa depannya. Yup, soal jodoh sang komedian.

Dono pernah main Jailangkung [sumber gambar]
Awalnya sang kakak entah iseng atau bagaimana, menanyakan siapa jodoh Dono kelak. Ajaibnya, si Jailangkung memberikan jawaban. Nggak cuma inisial, tapi juga nama lengkap plus dari mana asalnya. Ketika itu jawabannya adalah Titi Kusumawardhani asal Madiun. Wah bisa begitu ya? Tapi apakah benar Dono akan berjodoh dengan sosok ini?

Pembuktian jawaban sang Jailangkung saat kuliah

Sejak kejadian itu, waktu tak terasa terus berjalan. Dono sendiri mungkin sudah lupa kalau pernah mendapat jawaban perihal jodohnya dari sesosok Jailangkung. Sampai akhirnya tiba masa kuliah di mana waktu itu Dono berhasil masuk UI. Ia bertemu dengan seseorang yang namanya persis seperti apa yang dikatakan oleh si makhluk halus, Titi Kusumawardhani atau biasa dipanggil Didiet.

Dono semasa masih jadi aktivis [sumber gambar]
Situasinya ketika itu adalah Dono sedang melakukan ospek kepada Didiet. Selayaknya masa orientasi tahun 70an, sang gadis dibentak-bentak oleh Dono. Perawakan teman Kasino dan Indro ketika itu tidak seperti di film. Ia masih mahasiswa gahar dengan rambut gondrongnya.

Meskipun sering digas oleh sang senior, Didiet sendiri memilih Dono sebagai senior yang paling disukainya. Biasanya hal seperti ini lazim diadakan saat akhir masa ospek. Hmmm, apakah ini tanda?

Sang Jailangkung ternyata benar

Singkat cerita seusai momen masa orientasi tersebut, Dono dan Didiet akhirnya menjalin kasih betulan. Tidak diketahui lika-liku apa yang dijalani keduanya, namun pada akhirnya mereka berdua menikah. Kejadian ini pun seolah jadi bukti bahwa apa yang dikatakan sang Jailangkung ternyata benar.

Keluarga Dono [sumber gambar]
Hal ini bahkan disampaikan lagi oleh sang ibu pada momen sebelum Dono menikah. “Calon istrimu itu persis seperti yang dikatakan Jailangkung dulu,” ucap sang ibu. Wah, tahu begitu dulu tanya macam-macam saja ya, mumpung bocorannya pas hehehe.

Momen setelah menikah

Dono menikah pada tanggal 13 November 1979. Bersama sang istri ia dikaruniai tiga orang anak. Andika Aria Sena, Damar Canggih Wicaksono, dan Satrio Sarwo Trengginas. Uniknya, ternyata sang komedian sebenarnya pernah bilang ingin punya dua anak saja. Ternyata ia dikasih tiga.

Foto keluarga Dono [sumber gambar]
Soal anak-anaknya, Dono tak mau ketiganya ada yang menjadi tentara. Benar saja, tak ada satu pun anak sang legenda berseragam loreng. Namun demikian ketiganya punya profesi yang tak kalah hebat, termasuk salah satunya yang kuliah Teknik Nuklir. Dono sendiri meninggal pada tanggal 30 Desember 2001. Sedangkan sang istri berpulang dua tahun sebelum sang suami.

BACA JUGA: Mengenang Wahyu Sardono Alias Dono Warkop Lewat Sisi Lain yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Memang menarik ya kehidupan Dono ini. Ternyata banyak hal-hal yang sangat berbeda dari apa yang ia tampilkan di film. Oh iya ada satu celetukan lucu saat Dono menikah. Ketika itu ia ditanya kenapa nggak melucu saat menikah, padahal Dono mengatakan akan terus melucu setelah menikah. Mendapati pertanyaan tersebut sang komedian pun menjawab, “Saya ingin serius untuk sekali ini saja. Kalau saya harus melucu, lebih baik undangannya saja jual.” Ada-ada saja ya hehehe…