Kamera CCTV saat ini bukan sekedar jadi mata-mata aja. Bisa dibilang, benda ini menjadi pelindung bagi semua orang. Coba lihat deh di setiap tempat tinggal, komplek perumahan atau bahkan kandang ternak, semuanya dipasangi CCTV. Ya apalagi tujuannya kalau bukan untuk mencari aman.

Dari sini kita bisa tahu kalau CCTV mempunyai peranan penting di kehidupan. Ini dibuktikan dengan beberapa kasus yang berhasil dipecahkan berkat kamera mungil ini. Seperti apa saja kasusnya? Cek ulasan di bawah ini yuk.

Pencuri tertangkap polisi berkat kamera CCTV

Salah satu jasa yang paling sering dilakukan oleh mata-mata ini adalah dapat mempercepat penangkapan pencuri. Kita ambil saja salah satu peristiwa yang pernah terjadi di Banda Aceh 2017 silam. Sebut saja Faisal si pelaku pencuri sepeda motor beraksi di parkiran RSGM Unsyiah, Banda Aceh. Ia langsung saja mencomot sepeda motor dengan merek Vario. Tak butuh waktu lama, Faisal hanya membutuhkan beberapa menit untuk bisa membawa kuda besi tersebut.

Ilustrasi pencuri motor terekam cctv [Sumber Gambar]
Tahu motornya dicuri dan wajah sang pelaku telah terekam CCTV, Merry Paulina langsung membuat laporan ke polisi. Tak hanya itu, Merry juga menyebarluaskan rekaman aksi sang pelaku ke whatsapp. Berkat itu semua, di malam harinya, Faisal sudah diamankan oleh kepolisian Banda Aceh dengan motor milik Merry yang terpampang di depan rumahnya.

Menjadi inovasi di Bandung untuk monitoring lalu lintas

CCTV yang semakin viral karena jasa-jasanya, membuat Bandung tertarik untuk menciptakan inovasi baru dengan kamera kecil ini. Adalah dengan membuat aplikasi pemantau lalu lintas untuk para pengguna jalan. Inovasi ini dibuat supaya para pengguna kendaraan bermotor bisa mengetahui mana jalan yang macet dan tidak.

Aplikasi Bandung Hub [Sumber Gambar]
Dikutip dari laman republika.co.id, aplikasi ini terkoneksi melalui CCTV yang terpasang di banyak titik. Nah, dari aplikasi ini kita dapat memantau kondisi lalu lintas di berbagai ruas jalan yang diinginkan pengguna. Tapi kegunaan Bandung HUB ini tak sebatas itu saja. Aplikasi tersebut juga dapat membantu aparat kepolisian untuk mengawasi titik rawan kejahatan dan antisipasi tindak kriminal.

Jadi polisi kedua untuk menegur pengguna jalan yang melanggar lalu lintas

Tidak hanya di Bandung, Banjarmasin pun juga ikut-ikutan untuk memasang kamera CCTV di setiap lampu merah. Bahkan sekarang ada lima titik yang dipasangi oleh kamera tersebut. Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Ichwan Noor Chalik menuturkan jika kamera ini dipasang bukan hanya untuk memonitoring saja.

Walikota Banjarmasin tegur pelanggar lewat CCTV [Sumber Gambar]
Melainkan juga untuk menegur para pelanggar aturan secara langsung. Dari cara ini diyakini olehnya, jika para pengguna jalan yang melanggar tidak akan mengulangi kesalahannya kembali. Alasannya ia sudah kepalang malu karena ditegur di depan banyak orang.

BACA JUGA : Dimarahi CCTV Lalu Lintas, Pengendara Motor yang Injak Zebra Cross Langsung Mundur Teratur

Dari ulasan di atas, kita jadi tahu kalau kamera CCTV sangat berperan penting dalam kehidupan. Asalkan kita tahu cara memanfaatkannya. Tapi ingat, jangan gunakan kamera mungil ini untuk hal yang tidak baik ya. Seperti mengintip orang ganti baju, misalnya.