in

Tak Perlu Panik, Cobalah 4 Jurus Jitu untuk Kembalikan Data di Ponsel yang Sudah Terhapus

Terkadang kita tak sengaja menghapus beberapa data penting pada ponsel. Nah, hal itu pasti membuat kita panik dan tak tahu harus berbuat apa. Sebab, di ponsel tidak ada tempat sampah seperti pada komputer. Biasanya kalau sudah seperti itu, kita hanya bisa pasrah dan menunggu keajaiban dari ponsel yang mungkin dapat mengembalikan data seperti semula.

Kalau yang hilang adalah lagu, kita masih bisa men-download ulang. Lha jika yang terhapus merupakan foto penting, ya bisa-bisa kita nangis darah, khususnya para ladies. Tapi hal ini bisa diatasi kok dengan beberapa cara. Sehingga kita tak perlu khawatir jika ada data yang terhapus.

Menggunakan aplikasi Photo Recovery

Rata-rata, data yang sering tidak sengaja terhapus adalah foto. Hal ini kerap terjadi karena saking asyiknya men-scroll foto dan akhirnya tidak sadar kalau kita mengklik pilihan hapus. Tapi, jangan khawatir ya Saboom karena ada aplikasi yang bisa kembalikan fotomu lagi bernama Photo Recovery.

Menggunakan Photo Recovery [Sumber Gambar]
Jangan diragukan lagi deh dengan aplikasi yang satu ini, lantaran ia sudah dipercaya banyak orang untuk mengembalikan foto yang terhapus. Caranya pun cukup mudah, terlebih dahulu download Photo Recovery via Google Playstore, kemudian instal. Jika sudah, buka aplikasi itu dan pilih menu Start Recovery. Alhasil, foto kalian yang terhapus dari dulu sampai sekarang akan ditampilkan kembali. Kemudian, pilih deh gambar mana yang ingin disimpan pada ponsel kalian lalu pilih Recovery. Selesai, foto kalian sudah kembali ke ponsel seperti sedia kala.

Menggunakan aplikasi Dumpster – Recycle Bin

Kalau mimin tadi bilang tidak ada tempat sampah pada bawaan smartphone, ternyata sekarang sudah diciptakan aplikasinya lho. Dengan aplikasi yang satu ini, dijamin deh data-data kalian yang terhapus akan tersimpan di dalam aplikasi tersebut. Nama dari aplikasi ini adalah Dumpster -Recycle Bin.

Bisa juga memakai Dumpster [Sumber Gambar]
Cara kerja dari aplikasi ini sangat mudah kok. Karena Dumpster bekerja mirip dengan recycle bin seperti komputer pada umumnya. Jika kita menghapus data dalam bentuk apapun itu, ia akan masuk ke dalam Dumpster tersebut.

Bisa juga dengan aplikasi ES File Explorer

Ada juga lho aplikasi lain yang menyediakan tempat sampah di dalamnya. Aplikasi tersebut bernama ES File Explorer. Mungkin bagi pecinta android sudah enggak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Sebab, ES File Explorer biasanya digunakan sebagai tempat untuk merapikan data pada ponsel.

Memakai ES Explorer [Sumber Gambar]
Nah, beberapa bulan lalu ternyata aplikasi satu ini sudah diperbarui oleh para pengembangnya. Ya, itu adalah penambahan fitur Recycle Bin di dalamnya. Untuk cara melhatnya, bisa klik di tanda 3 garis sebelah kiri atas dan di sana terdapat tulisan Recycle Bin lalu jangan lupa geser panelnya untuk mengaktifkan tempat sampahnya. Cukup mudah kan?

Memulihkan foto dengan aplikasi Pemulihan Foto yang Dihapus

Cara terakhir untuk mengembalikan gambar terhapus adalah dengan memakai aplikasi Pemulihan Foto yang Dihapus. Cukup banyak lho yang memakai aplikasi ini dikarenakan ampuhnya ia mengembalikan semua gambar.

Dapat dikembalikan dengan aplikasi Pemulihan Foto yang Dihapus [Sumber Gambar]
Untuk menggunakannya, bisa unduh dulu di Google Playstore dan lanjutkan dengan menginstalnya. Nah, di dalamnya akan ada langsung semua foto yang telah dihapus oleh kalian. Lalu, pilih saja gambar mana yang ingin kalian simpan pada ponsel lalu klik menu Kembalikan Foto. Alhasil, foto kalian akan kembali seperti sebelumnya.

Nah, itu dia cara-cara untuk mengembalikan data kalian yang menghilang. Baik file foto maupun data dengan bentuk lain bisa dikembalikan. Namun, mungkin ada beberapa ponsel yang tidak kompatibel dengan aplikasi di atas, sehingga data tidak bisa dicari secara maksimal. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencari data-data kalian yang telah menghilang.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Diyakini Diculik Makhluk Halus, Pemuda Asal Magetan Ini Baru Ditemukan 6 Tahun Kemudian

Tak Pernah Di Sangka, Inilah Sosok di Balik Logo Rambo Pendukung Persebaya yang Ikonik