in

Anti Kusut, Begini Cara Lipat Jilbab agar Selalu Siap Pakai

Udah siap-siap mau pergi, eh pas pakai hijab terlihat kusut, pasti kamu akan kesal dan sebel banget kan? Apalagi kalau sedang buru-buru dan tak ada waktu untuk menyetrika ulang. Belum lagi, jilbab yang kusut bisa membuat ia terlihat letoy dan gak tegak paripurna, nah perihal jilbab yang gini aja bisa bikin rusak mood seharian nih.

Tapi, jangan khawatir dulu, semua orang pasti pernah mengalami hal yang sama kok. Oleh karena itu, kali ini, Boombastis.com akan berbagi trik dan tips bagaimana cara melipat dan menyimpan jilbab agar ia tak letoy, kusut, serta selalu siap pakai.

Sesuaikan suhu dengan bahan jilbab kamu

Jilbab anti-kusut [sumber gambar]
Kunci yang pertama adalah menyesuaikan suhu panas setrikaan dengan bahan jilbab yang akan kamu pakai. Di setrika tentu ada tombol dan jenis kain yang bisa kamu lihat dan atur. Karena, beberapa jilbab yang bahannya tipis, ia akan mengerut atau bahkan bisa bolong saat disetrika dengan suhu yang terlalu tinggi atau tidak pas panasnya.

Jangan menumpuk jilbab terlalu lama

Menumpuk jilbab [sumber gambar]
Sebenarnya, jilbab adalah pakaian yang memang tidak disarankan untuk ditumpuk di dalam lemari, apalagi dalam jangka waktu yang lama. Karena, jilbab yang dilipat dan ditumpuk akan meninggalkan garis lipatan –yang susah hilang bahkan saat setelah dicuci dan disetrika—sehingga enggak bisa tegak sempurna saat dipakai. Akan lebih baik kalau jilbab digantung di hanger atau gantungan khusus untuk jilbab.

Letakkan dalam boks khusus agar tak tercampur dengan pakaian lain

Boks jilbab [sumber gambar]
Selain hanger, beberapa orang memilih untuk meletakkan jilbab pada boks atau koper khusus. Dengan begini, ia tidak akan tercampur dengan pakaian lain, tak akan tertumpuk dan mudah diambil saat akan dipakai. Meletakkan jilbab dalam wadah pakaian khusus juga akan membuat ia tampak lebih rapi.

Jilbab akan aman saat digulung

Jilbab yang digulung [sumber gambar]
Daripada melipat, lebih baik menggulung jilbab yang akan kamu pakai. Cara ini memang sedikit lebih ribet tapi akan membuat jilbab tidak mudah kusut. Kamu bisa menggunakan kardus sebagai alat gulungan jilbab atau plastik panjang lain.

Agar segi empat atau pashmina lebih rapi, lipat secara vertical

Cara melipat pasmina [sumber gambar]
Nah, bagi yang memang mau enggak mau harus melipat jilbabnya, maka bisa diakali dengan trik ini. Untuk jilbab segi empat atau pashmina, kamu bisa melipatnya secara vertical, sehingga tak menimbulkan garis saat ia diambil dari lipatan.

Menggunakan hairspray

Trik yang satu ini bisa membuat jilbab tahan badai dan tetap tegak paripurna. Caranya, saat menyetrika jilbab, kamu bisa menggunakan hairspray di bagian kepalanya. Setelah hairspray disemprotkan kibas-kibas lalu pakai dan segera bentuk. Hairspray ini akan membantu kamu mengatasi masalah jilbab letoy dan mudah jatuh.

BACA JUGA: Ternyata Nggak Susah, Ini 4 Langkah Pakai Jilbab Tegak Paripurna Sesuai dengan Bentuk Muka

Bagaimana, sudah siap menghadapi hari dengan jilbab rapi dan tegak paripurna? Tips di atas sangat mudah untuk kamu aplikasikan, Sahabat Boom. Semoga berhasil ya!

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Kisah Lain Tutupnya McD Sarinah yang Sempat jadi Tempat Muhammad Ali Traktir Warga Jakarta

Diperlakukan Bak Budak, Begini Kisah Menyayat Hati ABK Asal Indonesia yang Bekerja di Kapal Asing