Punya motor kinclong pasti jadi kebanggaan tersendiri dari si pemilik kuda besi tersebut. Ya bagaimana tidak, meski si empunya terlihat kucel, tapi kalau motornya mengkilap sih pasti semua orang udah tertarik dengannya. Apalagi kalau motornya model sport dan kekinian banget, dijamin cewek-cewek bakal klepek-klepek melihatnya.

Tapi, pada umumnya orang-orang mengkilapkan kendaraan kesayangannya tersebut ke salon motor. Ya meskipun mahal tak apa, yang penting motornya bisa mengkilap seperti baru. Padahal nih, ada cara-cara gampang nan murah untuk mengkilapkan motor kalian lho. Penasaran? Lihat terus ulasan di bawah ini ya.

Minyak kayu putih mampu bikin motor jadi seperti baru

Salah satu benda yang bisa membuat motor kalian tampak baru adalah minyak kayu putih. Pasti kalian juga sudah tidak ragu lagi dengan keajaiban benda yang bisa hangatkan tubuh ini. Di beberapa kasus, minyak kayu putih bisa membersihkan segala jenis noda membandel pada barang-barang elektronik. Alhasil, benda-benda tersebut benar-benar kinclong tanpa ada noda membekas sedikit pun. Begitu juga kepada motor, ia bisa menyulapnya supaya terlihat seperti baru.

Menggunakan minyak kayu putih [Sumber Gambar]
Untuk menggunakan kayu putih ini caranya mudah kok. Pertama-tama, cuci motor dan kalau sudah, lap sampai benar-benar kering. Lalu, oleskan minyak kayu putih secukupnya dengan bantuan kain yang bersih dan halus. Kemudian gosok secara perlahan supaya tidak menimbulkan lecet akibat gesekan kain. Nah, jika sudah kalian bisa melihat perbedaannya sebelum dan sesudah body motor diberi dengan minyak kayu putih.

Tak hanya sebagai bahan memasak, minyak goreng bisa kinclongkan motormu

Bahan lain yang bisa digunakan untuk mengkilapkan body motor adalah minyak goreng. Ini bukan hanya isapan jempol belaka karena banyak orang yang sudah membuktikannya. Hasilnya pun juga tidak kalah bersih dengan kendaraan yang dibawa ke salon motor. Jadi, enggak perlu ragu lagi dengan keampuhan minyak goreng ini ya.

Memakai minyak goreng [Sumber Gambar]
Nah, untuk memakai minyak goreng ini ada yang harus diperhatikan nih. Yaitu gunakan minyak goreng setelah motor dicuci bersih. Lalu, body motor yang ingin dikilapkan harus benar-benar kering karena jika minyak terkena air, maka bahan dapur tersebut tidak akan berfungsi. Selanjutnya, minyak goreng yang dipakai harus baru bukan bekas pakai. Jika sudah mengerti, cara menggunakan bahan dapur ini sama dengan pemakaian minyak kayu putih yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Beeswax juga mampu kinclongkan motor

Terakhir, barang yang bisa dipakai untuk membuat body motor menjadi lebih kinclong yakni beeswax. Bagi yang belum tahu, dilansir dari hargamotor.co.id kalau beeswax merupakan produk hasil olahan dari sarang lebah madu dan dijadikan lilin. Biasanya, beeswax digunakan sebagai produk kecantikan. Namun, beberapa orang telah mencoba benda ini untuk mengkilapkan motor dan hasilnya tidak mengecewakan.

Menggunakan beeswax [Sumber Gambar]
Bahkan, dikutip dari hargamotor.co.id, kalau beeswax ternyata juga punya keuntungan lain untuk motor yakni membuat body motor menjadi lebih lembut, tidak mudah mengelupas, menjaga warna asli dari kendaraan. Jika kalian ingin menggunakannya tidak perlu membeli beeswax dalam bentuk asli. Sebab, sudah banyak produk perawatan body motor yang mengandung beeswax beredar di pasaran.

Tiga bahan alami di atas sangat ampuh untuk membuat body motor kalian kembali seperti baru. Namun, untuk menggunakannya harus memperhatikan peringatan-peringatan yang sudah dijelaskan di atas. Supaya kalian tidak sia-sia melakukan perawatan body motor. Selamat mencoba Sahabat Boombastis.