Pasti kalian yang punya kendaraan bermotor sedang pusing-pusingnya karena harga BBM mengalami kenaikan. Meski hanya Rp500 sampai Rp600 saja, tapi itu sudah sangat terasa. Apalagi bagi kalian yang masih sekolah dan kuliah, kenaikan ini bisa mengurangi uang jajan sehari-hari.

Nah, kalau sudah begini pastinya banyak orang yang gundah gulana. Ingin pakai motor, tapi takut bahan bakar cepat habis. Tapi kalau naik angkutan umum, bakal menghabiskan waktu di jalan. Namun, sebenarnya hal ini tidak perlu digalaukan lagi nih para Sahabat Boombastis yang budiman. Sebab, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan supaya bahan bakar motor menjadi lebih irit dari sebelumnya.

Kurangi kecepatanmu karena awetnya bahan bakar tergantung itu

Bagi kalian yang suka sekali mengendarai motor dengan kecepatan tinggi, harus memperhatikan poin satu ini. Ya, karena ternyata mengemudikan sepeda motor berkecepatan tinggi bisa mempengaruhi keawetan dari bahan bakar.

Mengurangi kecepatan [Sumber Gambar]
Sehingga, untuk kalian yang terbiasa dengan berkendara seperti itu, kurangilah kecepatannya sedikit saja. Misal jika kalian suka berkendara dengan kecepatan 100 km per jam, bisa dikurangi menjadi 60. Coba lakukan ini setiap kalian mengemudikan kuda besi kalian. Niscaya, bahan bakar dan uang kalian akan awet lebih lama lagi.

Tekanan ban harus sesuai aturan yang berlaku

Selain kecepatan, tekanan ban juga dapat mempengaruhi cepat habis atau tidaknya bahan bakar lho Sahabat Boombastis. Ini dikarenakan, jika tekanan ban kurang dari yang seharusnya, maka kekuatan permukaan roda menapak di aspal menjadi jauh lebih besar. Nah, kalau sudah begitu, maka bisa membebani mesin saat memutar roda.

Cek tekanan ban [Sumber Gambar]
Akibatnya membuat BBM menjadi lebih boros daripada yang seharusnya. Jika tak ingin itu terjadi, kalian harus rutin memeriksa tekanan ban pada motor. Idealnya, tekanan ban depan adalah 29 psi. Sedangkan untuk ban belakang sebesar 33 psi.

Suka ganti diameter pelek? Mending pikir-pikir lagi

Ada lagi bagian ban yang juga mempengaruhi keawetan dari BBM. Adalah bagian pelek.Yap, ternyata jika ukuran pelek diganti sembarangan, bisa membuat BBM cepat habis. Alasannya karena diameter pelek mempunyai kekuatan tempuh masing-masing. Contohnya seperti motor kalian menggunakan pelek dengan diameter 14 inci, namun diganti menjadi ukuran 17 inci.

Ukuran pelek motor [Sumber Gambar]
Nah, pelek 14 inci bisa menempuh sekitar 37,5 km/liter. Sedangkan untuk ukuran 17 inci, hanya dapat berlari hingga jarak 35,9 km/liter. Itu artinya penggantian ukuran pelek bisa membuat bahan bakar menjadi lebih boros jika tak sesuai dengan motornya. Sehingga, untuk kalian yang ingin ganti pelek motor, harus dipikir terlebih dahulu ya.

Kualitas oli juga mempengaruhi awet atau tidaknya bahan bakar lho

Biasanya kita mengira kalau semua jenis oli sama saja. Padahal, itu tidak sepenuhnya benar Sahabat Boombastis. Penyebabnya, setiap jenis oli memiliki kelebihan masing-masing. Kalau oli yang kalian gunakan pada motor kualitasnya nomor wahid, maka akan membuat gesekan pada mesin menjadi lebih halus.

Memilih oli yang berkualitas [Sumber Gambar]
Selain itu, bisa mengurangi suhu panas pada mesin dan juga dapur pacu menjadi lebih ringan. Alhasil, konsumsi bahan bakar pda motor kalian akan menjadi lebih hemat. Jadi, sebisa mungkin pilih oli yang kualitasnya bagus ya. Bukan untuk gaya-gayaan, tapi supaya BBM pada motor yang kalian punya jadi lebih irit.

Penggunaan rem pun harus diperhatikan

Terakhir, yang bisa kalian lakukan adalah mengurangi penggunaan rem. Mungkin kalian agak heran dengan pernyataan satu ini. Mengurangi pemakaian rem sangat mustahil dilakukan ketika kita berkendara. Namun penggunaan rem pada poin ini maksudnya adalah pemakaian yang tidak perlu.

Penggunaan rem juga harus diperhatikan [Sumber Gambar]
Biasanya, ada beberapa pengendara motor yang tangannya menempel pada handle rem. Ini dilakukan supaya praktis jika harus melakukan pengereman secara tiba-tiba. Padahal, kebiasaan seperti ini bisa memberatkan kinerja dari mesin motor Sahabat Boombastis. Sehingga bisa membuat bahan bakar ikut terkuras habis.

Jika kalian sudah menerapkan lima cara di atas, bahan bakar bisa menjadi lebih hemat. Jadi kalian tidak perlu lagi deh mengeluh karena harga BBM yang naik. Dengan begitu, uang jajan juga tidak akan berkurang. Oke, sekian untuk artikel kali ini. Selamat mencoba Sahabat Boombastis.