Kasus ditemukannya cacing pita maupun larva sedang banyak ditemukan belakangan ini. Meski kelihatan baik-baik saja, namun manusia bisa merasakan ada gejala aneh pada salah satu bagian tubuhnya. Saat diperiksa menggunakna roentgen, barulah ketahuan kalau si kecil parasit ini ada di dalam tubuh manusia tersebut.

Seorang dokter asal Australia, memeriksa kaki seorang pria yang mengeluh bengkak dan sakit. Setelah diperiksa dengan sinar X, ia sangat terkejut karena menemukan dua bagian cacing pita Afrika di kaki pria tersebut. Meski telah terbelah dan mati, cacing pita itu melepaskan larvanya sehingga berkembang dalam perut manusia.

Cacing Pita di Kaki Manusia
Cacing Pita di Kaki Manusia

Kondisi inilah yang menyebabkan kaki pria tersebut membengkak. Seperti yang dilansir dari Mirror (13/12) Dr. Jonathan Darby menjelaskan bagaimana proses ini bisa terjadi. “Orang meredakan sakit dengan menggunakan air. Ini adalah trik melepaskan larva di air. Namun kemudian larva berubah menjadi kutu air dan bisa jadi air ini yang akan diminum oleh manusia,” ujarnya.

Di sisi lain, larva yang berkembang dalam tubuh manusia, berkembang di dalam usus. Setelah menjadi cacing, mereka turun ke kaki dan berusaha keluar melalui luka atau kulit. Proses yang makan waktu bertahun-tahun ini pernah terjadi juga pada seorang imigran di Sudan. Kakinya membengkak dan ada cacing yang akhirnya bisa ditarik keluar dari punggung telapak kakinya itu.

Kebersihan menjadi kunci dari permasalahan ini. Membersihkan makanan dan peralatan makan adalah hal yang penting. Selain itu bila mengunyah makanan mentah, sebaiknya 30-70 kali untuk menghindari masuknya telur cacing atau berkembangnya bakteri yang bersifat parasit. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan dan kaki dengan sabun setelah berada di tanah atau lumpur dalam waktu lama. Karena telur cacing juga bisa terbawa di kuku maupun kulit.