in

7 Bunker Bawah Tanah Ini Diyakini Dapat Melindungi Manusia Dari Kiamat, Benarkah?

6. Iron Mountain – Amerika Serikat

Tempat ini awalnya tak ditujukan sebagai sebuah bunker. Sebab, tempat ini merupakan kawasan penyimpanan data terpadu milik sebuah perusahaan teknologi dan informasi. Meski demikian, Iron Mountain disebut-sebut merupakan salah satu kawasan paling aman yang dapat dijadikan bunker bila sewaktu-waktu terjadi bencana di permukaan bumi.

Bunker bawah tanah. [Image Source].
Hal yang luar biasa dari tempat ini adalah sistem energinya. Di mana sistem pendingin dan pemanas dirancang sedemikian rupa supaya maksimal namun menekan biaya yang sangat minimal. Faktor ini jadi penentu manakala bencana besar datang. Terutama apabila bencana atau dampak yang diakibatkan bencana tersebut berefek lebih panjang dari yang mereka perkirakan.

7. Oppidum – Republik Ceko

Kalau kamu menginginkan bunker yang menawarkan fasilitas super mewah, Oppidum tempatnya. Namun, pastikan kalau kamu termasuk dalam golongan orang berduit. Sebab, bunker ini punya fasilitas yang benar-benar mewah yang tentunya tak sembarang orang dapat mencicipinya.

Bunker bawah tanah. [Image Source].
Oppidum, yang luas bangunannya mencapai 70 ribu meter, lebih menyerupai sebuah real-estate mewah ketimbang sebuah bunker. Ada spa, kolam renang, ruang konferensi, sinar mentari buatan, serta segudang fasilitas lainnya yang tentu saja tak dapat ditebus dengan biaya yang ecek-ecek. Meski banyak menuai kontroversi, nyatanya bunker ini tetap ada dan siap digunakan apabila kiamat datang menyerang.

Itulah ketujuh bunker paling rahasia dan paling aman yang pernah diciptakan sejauh ini. Setidaknya, itulah klaim mereka. Untuk membuktikan itu, mungkin kita harus menunggu hingga hari akhir itu tiba (yang mana kita juga tak dapat menyaksikannya). Dan lihat, apakah tembok tebal dan rancangan konstruksi super kokoh di kedalaman ratusan meter di bawah tanah itu dapat menghindarkan mereka dari suratan takdir manusia bernama kiamat?

Leave a Reply

Suka Duka Ini Pasti Pernah Dirasakan Oleh Kamu yang Cowoknya Seorang Prajurit TNI

7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu