Becak mungkin kendaraan kuno dan usang, namun faktanya banyak orang yang masih meminatinya. Selain karena ongkos murah, becak juga sangat ramah pada lingkungan. Jadi bukan hal yang aneh kalau kendaraan yang satu ini jadi opsi utama bersantai keliling kota. Apalagi sensasi menaiki becak ini, tidak bisa digantikan dengan kendaraan yang lain.

Rupanya bukan hanya orang Indonesia yang merasakan sensasi menaiki becak itu, bule yang satu ini juga ketagihan. Saking cintanya dengan kendaraan roda tiga itu, bahkan pria ini rela jadi tukang becak di Belanda. Lalu bagaimana ceritanya sampai Daan Goppel bisa sampai seperti itu? Simak ulasan berikut.

Pertama kali datang ke Indonesia, langsung cinta mati

Ternyata, awal mula dari kecintaan dari pria Belanda bernama Daan Goppel ini pada Indonesia, dimulai saat pertama kali dia datang ke bumi pertiwi bersama adiknya untuk liburan. Ya, melihat keindahan Indonesia, pria ini mulai menaruh hati akan budaya dan adat yang ada di negeri ini.

Daan Goppel dan becak [image source]
Akhirnya, setelah dia menyelesaikan kuliahnya di Belanda, Daan Goppel memutuskan untuk hijrah ke Indonesia dan mempelajari bahasanya. Tidak hanya sampai di situ, kecintaannya pada budaya Indonesia juga dia sebarkan di Belanda. Buktinya, Daan Goppel bergabung dengan komunitas pembelajar bahasa Indonesia di sana. Bahkan dirinya sampai menjadi juara pidato bahasa Indonesia. Tuh lihat sendiri kan bagaimana cintanya bule ke Indonesia, lah kita sendiri bagaimana?

Tidak sampai di situ, Daan juga luluh dengan becak

Selain budaya dan adat yang ada di Indonesia, rupanya ada lagi hal yang membuat Daan Goppel ini tertarik dengan bumi pertiwi ini. Ya, hal itu rupanya sebuah kendaraan tradisional Indonesia, becak. Baginya, menaiki becak merupakan hal yang sangat unik dan memberikan sensasi berbeda dibanding kendaraan lainnya. Meskipun di Belanda banyak sepeda yang disediakan, namun bagi Daan Goppel, menaiki becak lebih menyenangkan.

jatuh cinta dengan becak [image source]
Hal itu dikarenakan saat menaiki becak, bagi seorang penumpang, mereka mendapatkan pemandangan yang lebih luas ketimbang menaiki sepeda, dan yang lebih penting tidak merasakan capek karena mengayuh. Ya, itulah yang dirasakan oleh Daan Goppel sehingga membuat dirinya jatuh hati dengan becak. Baru dengar kan ya, ada orang bule yang kecantol dengan Indonesia gara-gara becak.

Akhirnya memutuskan menjadi tukang becak

Mungkin di Indonesia hal menjadi tukang becak adalah hal yang biasa saja, namun bagi Daan Goppel beda lagi ceritanya. Ya, karena kesengsem dengan kendaraan roda tiga ini, akhirnya pria Belanda ini memutuskan untuk membeli satu unit becak dengan harga 4 juta rupiah untuk dikirimkan ke Belanda. Lalu buat apa becak itu? Bukan hanya untuk pajangan doang, namun benar-benar untuk narik.

Daan Mbecak [image source]
Ternyata Daan Goppel sengaja memberikan tour pada wisatawan dengan kendaraan khas Indonesia itu di Amsterdam. Apalagi dirinya sebenarnya berprofesi sebagai tour guide, sembari mengantarkan wisatawan, pria ini menunjukkan bagaimana enaknya menggunakan sebuah becak. Istilahnya sih, sambil menyelam minum air.

Akan terus mengembangkan becak di Belanda

Ternyata, Dann Goppel ini benar-benar serius mengenalkan masalah becak ini di Belanda. Buktinya, dia sampai membuat website dan akun media sosial bagi mereka yang ingin menggunakan jasa becaknya. Tidak hanya itu, bahkan pria ini akhirnya bisa bertemu secara langsung dengan presiden untuk menyampaikan tentang becak di Belanda itu.

Bertemu Presiden [image source]
Jangan khawatir masalah harga, Daan Goppel pastinya akan memberikan diskon pada orang Indonesia yang berkunjung ke Belanda dan ingin berkeliling Amsterdam dengan becak. Lumayan tuh bisa jadi sebuah opsi baru jika ingin ke Belanda.

Dengan adanya becak di Belanda ini bisa jadi sebuah promosi budaya bagi Indonesia. Ini bukti kalau tradisi dan budaya negara kita ternyata sangat diterima di luar negeri. Nanti jangan kaget loh, kalau bakal banyak kang becak di luar negeri sana. Apalagi kang becaknya ganteng seperti itu, banyak wanita Indonesia yang bakal kepincut tuh.