Kisah Unik Dani Maxey, Pria Amerika yang Cinta Mati Terhadap Papua

Bukan hanya fasih berlogat Papua, bule Amerika ini sehari-hari juga kerap memakai atribut Papua lho

oleh Aini Boom
11:05 AM on Jun 5, 2017

Pesona Indonesia seolah tak habis-habisnya menarik hati wisatawan dari berbagai belahan dunia. Keramahan, aneka ragam budaya, dan berupa-rupa seni dan bahasa menjadi daya tarik tersendiri bagi negara kita. Tak jarang beberapa turis betah bertahan lebih lama di tanah air untuk mendalami bahasa, adat istiadat hingga budaya kita. Satu di antara wisatawan yang jatuh hati pada Indonesia, khususnya Papua adalah Dani Maxey.

Sosok berkulit putih, berhidung mancung, dengan tubuh jangkung dan rambut jagung itu jelas menunjukkan bahwa lelaki itu pria Amerika. Tapi melihat isi postingan sosial media instagramnya, kebanyakan memperlihatkan dirinya berucap dengan logat Papua. Tak hanya lancar berbicara, Dani pun tak pernah ketinggalan memakai kalung khas Papua.

Baca Juga
Menilik Perjuangan Mbah Wongso, Rela Tinggalkan Suriname Demi Mencari Sanak Saudara di Indonesia
Diusir dan Ditelantarkan, Sosok Kakek yang Sedang Viral Ini Ungkapkan Tetap Sayang Pada Anaknya

Dani Fasih Berbicara Menggunakan Logat Papua

Jang main deng tong pu sunset di Papua

A post shared by Dani (@suku_dani) on

Ciri-ciri logat orang-orang Papua adalah memiliki tempo kecepatan berbicara dan dialek unik yang khas digunakan. Jika orang Papua atau Indonesia yang berlogat Papua, maka hal itu menjadi wajar. Tapi Dani Maxey, pria yang menetap di Amerika malah lancar berucap bahasa Indonesia dengan logat Papua. Hal ini sontak menghebohkan netizen, sebab dilihat dari wajah dan perawakan, Dani sama sekali tidak menunjukkan keturunan orang Papua bahkan Indonesia sekalipun.

Mengunggah Banyak Video Berbahasa Indonesia dengan Logat Papua

Ade2 komplex dong! Talingkar di sa pu daerah. @eckoshow @moppapua

A post shared by Dani (@suku_dani) on

Adanya warga Amerika yang lancar berlogat Papua awalnya diketahui dari postingan netizen di Facebook. Dalam postingan itu terlihat video-video Dani bercerita tentang perjalanannya di Amerika, tapi uniknya bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia dan lagi-lagi dengan pengucapan berlogat Papua. Postingan Facebook itupun langsung viral dan dibagikan hingga 19 ribu kali dengan ratusan komentar.

Kerap Memakai Atribut Papua dalam Postingan Instagramnya

Memakai atribut Papua [image: source]
Daripada orang Indonesia sendiri, bisa jadi Dani memiliki kecintaan yang lebih pada Papua. Terbukti lelaki ini mengenakan kalung, aksesoris, dan benda-benda hasil kesenian papua di berbagai kesempatan. Selain aksesoris, tak ketinggalan juga kaos Persipura kerap ia kenakan. Dalam sebuah postingan Instagram Dani mengenakan kaus berkerah warna biru cerah sembari mempertontonkan logo Persipura. Selain itu, banyak juga postingan yang menggambarkan betapa akrabnya Dani dengan penduduk Papua.

Dani Prihatin dan Memberi Dukungan Agar Papua Lepas dari Aids

Sodara sodara, hari ini hari AIDS sedunia. Di Papua su terlalu banyak orang meninggal gara-gara virus ini. Termasuk teman2 saja juga. Saya sebagai orang yang lahir, besar di Papua sayang tanah ini terlalu banyak untuk tetap diam saja. Menurut statistik, 18k kasus HIV su dilaporkan di pulau Papua. Tetapi menurut aktivis, angka-angka itu jauh lebih tinggi. Kalau kita mau stop penyakit ini, kita harus stop sex bebas yang sudah jadi kebiasaan di budaya Papua. Kita harus berusaha untuk jadi suci sebelum menikah dan setia setelah menikah. Jangan pikir bahwa saya sudah menguasai ini. Tidak! Saya ini orang yang sama sekali tidak sempurna. Saya tetap akan berusaha dan saya harap kalian akan berusaha bersama saya untuk jadi suci sebelum menikah dan setia setelah menikah. Ada harapan! Jangan putus asa atau patah semangat. Kalau kita bersatu, kita bisa stop penyakit ini dan lanjutkan didup dengan harapan baru terhadap tong pu pulau Cendrawasih. #sucisetia #worldaidsday2016 #berusahadanberdoa #papua

A post shared by Dani (@suku_dani) on

Saat hari AIDS Sedunia, Dani membuat video khusus yang berisi keprihatinannya terhadap banyaknya orang Papua yang meninggal karena penyakit ini. Dani pun mengimbau agar masyarakat tidak melakukan hal-hal yang bisa membuat diri terkena penyakit ini. Pesan menyentuh pun diberikannya, “Kita harus berusaha untuk jadi suci sebelum menikah dan setia setelah menikah. Jangan pikir saya sudah menguasai ini. Tidak! Saya ini orang yang sama sekali tidak sempurna. Saya tetap akan berusaha dan saya harap kalian akan berusaha bersama saya untuk jadi suci sebelum menikah dan setia setelah menikah.” Tidak lupa Dani memberikan #papua dan menyebutkan tong pu pulau Cenderawasih. Selain di video ini, banyak juga postingan Dani yang mengajak netizen untuk tidak melupakan budaya, dan ada juga dukungan bagi tim sepakbola Persipura. Tak ketinggalan, Dani juga pernah mengunggah caption mengutip lirik lagu Iwan Fals.

Postingan Dani Dibanjiri Komentar Netizen Indonesia

Komentar netizen [image: source]
Seringkali Dani memposting sesuatu berbahasa Indonesia juga Papua, maka banyak masyarakat Indonesia yang berkomentar pada postingannya di akun @suku_dani tersebut. Kebanyakan orang menunjukkan kekaguman mereka pada lelaki yang sehari-hari tinggal di Amerika tersebut. Selain itu beberapa netizen juga menyemangati Dani dan menyatakan respek padanya.

Kisah tentang Dani, bule Amerika yang segitu cintanya pada Papua seolah membuat pribumi tertampar. Sebab saat orang-orang di tanah air sibuk bergaya kebarat-baratan, justru mereka yang sungguhan orang barat malah cinta mati pada apa yang kita punyai saat ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA