5 Hal Ini Lho yang Bikin Bulan Ramadan Itu Selalu Ditunggu-tunggu

oleh Tetalogi
07:00 AM on Jun 3, 2016

Bulan Ramadan adalah salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Karena di saat inilah banyak manfaat dan hal spesial yang selalu dirasakan oleh umat Islam. Maka ketika Ramadan tiba, bulan yang istimewa tersebut akan selalu disambut dengan penuh suka cita.

Ada beberapa hal yang membuat setiap umat Islam menanti datangnya kembali bulan penuh berkah tersebut. Berikut ini beberapa diantaranya.

Baca Juga
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia

1. Kegiatan Berpuasa

Bagi umat Islam, puasa itu sesuatu yang selalu dinanti. Di bulan ini kita berusaha mengendalikan hawa nafsu dan memperbanyak amal ibadah. Dengan berpuasa, kita juga bisa merasakan menjadi mereka yang hidup tidak berkecukupan. Sehingga, kita semakin jauh dari sifat-sifat yang tidak baik seperti sombong dan tidak bersyukur.

Ilustrasi Puasa [Image Source]
Ilustrasi Puasa [Image Source]
Selain itu di bulan ini kita juga jadi lebih sering bertemu dan menghabiskan waktu dengan anggota keluarga. Sahur dan berpuka puasa jadi momen istimewa ketika kita berkumpul. Karena di hari lain biasanya kita jarang makan bersama dengan keluarga.

2. Bulan Istimewa yang Penuh Rahmat dan Ampunan

Di bulan Ramadan, pintu surga dibuka selebar-lebarnya dan neraka ditutup serapat-rapatnya. Iblis dan setan dibelenggu agar tidak bisa mengganggu umat Islam. Jadi, sayang sekali jika bulan pernuh berkah ini disia-siakan begitu saja.

Ilustrasi [Image Source]
Ilustrasi [Image Source]
Tidak hanya itu saja, Ramadan juga waktu ketika Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad sebagai pemandu umat manusia. Kemudian ada juga malam Lailatul Qadar yang lebih baik dari seribu bulan.

3. Acara Spesial Ngabuburit

Ada hal istimewa lain yang membuat bulan puasa juga terasa istimewa, yaitu ngabuburit. Kegiatan ngabuburit ini maksudnya adalah meluangkan waktu untuk kegiatan positif sambil menunggu waktunya untuk berbuka puasa tiba.

Ngabuburit [Image Source]
Ngabuburit [Image Source]
Acara ngabuburit bisa diisi dengan macam-macam kegiatan seru. Mulai dari jalan-jalan bersama teman dan keluarga, membaca, mengerjakan hobi baru, dan banyak lagi. Atau juga bisa diisi dengan mengaji membaca Al-Qur’an. Nah, dengan begitu waktu yang dihabiskan juga tetap bermanfaat dan tidak sia-sia.

4. Mudik Asyik, Paling Ditunggu Oleh Mereka yang Jauh dari Rumah

Ramadan juga berarti bersiap untuk mudik buat mereka yang tinggal jauh dari rumah. Berada lama di perantauan pasti membuat kita merindukan nuansa hangat saat bersama keluarga. Nah, liburan panjang lebaran bisa jadi momen pas untuk pulang dan kembali berkumpul dengan orang-orang terdekat.

Jalan ramai karena mudik [Image Source]
Jalan ramai karena mudik [Image Source]
Tapi, jangan lupa untuk segera memesan tiket sejak jauh-jauh hari. Karena bukan saja tiket yang cenderung naik di musim mudik, tapi juga karena saat itu banyak orang lainnya juga ingin pulang kampung, sehingga pasti cepat kehabisan tiket. Di Indonesia, acara mudik ini juga sudah menjadi tradisi tersendiri sehingga setiap tahun selalu ada pemberitaan khusus tentang kegiatan tahunan ini.

5. Idul Fitri yang Paling Dinanti

Selanjutnya, ada Idul Fitri yang berlangsung pada 1 Syawal. Sebagai salah satu hari raya besar umat Islam, tidak heran momen ini menjadi yang paling dinanti bahkan saat bulan Ramadan menjelang dimulai.

Idul Fitri [Image Source]
Idul Fitri [Image Source]
Setelah melakukan shalat Idul Fitri, kita berkumpul bersama keluarga besar dan saling maaf-maafan. Acara berkumpul ini yang akan sangat terasa berharga apalagi bagi mereka yang tinggal jauh dari rumah. Kita yang biasanya disibukkan dengan macam-macam kegiatan sehari-hari, bisa menghabiskan waktu untuk kembali bercengkerama dengan orang terdekat yang sangat dirindukan.

Itu tadi cuma sebagian kecil hal yang membuat bulan Ramadan selalu dinanti. Banyak hal dan manfaat yang bisa didapatkan mulai dari mendapatkan berkah, pahala, hingga mendekatkan hubungan kekeluargaan. Nah, jadi selamat berpuasa dan manfaatkan momen berharga ini sebaik-baiknya, ya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA