Inilah Buku yang Bisa Menyelamatkan Masa Depan Dunia

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Jun 21, 2015

Pernahkah terlintas di pikiran anda dari mana asalnya buku? Sebelum menjadi buku proses apa saja yang terjadi? Kita cenderung cuek dengan hal-hal semacam itu. Padahal buku erat hubungannya dengan lingkungan. Buku juga memberi sumbangan eksploitasi kayu di hutan-hutan di seluruh dunia. Ya, karena buku berisi kertas yang terbuat dari serat kayu.

Untuk itulah muncul inovasi berupa e-book. Membaca tanpa membutuhkan buku secara fisik. Lalu muncullah lagi buku yang ramah lingkungan. Buku yang bisa tumbuh menjadi tanaman jika kita tanam dalam tanah. Berikut ulasan buku unik yang di setiap lembar halamannya berisi biji tanaman.

Baca Juga
Inilah 4 Cara Greget BNN dalam Menghukum Para Bandar Narkoba yang Mulai Merajarela
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam

1. Buku Pertama Yang Bisa Ditanam

Buku ini memiliki judul “Mi papa estuvo en la selva” atau dalam bahasa Inggris memiliki arti “My Daddy was in the jungle”. Buku ini diperuntukkan untuk anak-anak dengan usia 8-12 tahun. Penulis dan ilutrator dari buku ini adalah Gusti dan Anne Decis.

Buku Bisa Ditanam [image source]
Buku Bisa Ditanam [image source]
Buku ini bisa ditanam dalam tanah. Pada Lembaran-lembaran buku terdapat biji tanaman Jacaranda. Sesaat setelah buku ini ditanam dan disiram dengan air, biji-biji akan mulai menyerap air dan akhirnya tumbuh menjadi tunas baru hingga akhirnya tumbuh dan membesar. Buku ini satu-satunya di dunia yang bisa ditanam dan merupakan inovasi ramah lingkungan yang ditujukan pada anak-anak.

2. Isi Dari Buku Hebat Ini Mengajarkan Cinta Lingkungan

Buku ini adalah buku ilustrasi dengan disertasi narasi pendek yang menceritakan gambar secara jelas. Seorang anak kecil dalam buku ini bercerita tentang ayahnya yang berpetualang di dalam hutan Ekuador. Sang Ayah melakukan kegiatan-kegiatan hebat dalam cerita.

Mmbaca Buku Dengan Ayah [image source]
Mmbaca Buku Dengan Ayah [image source]
Salah satu hal yang dilakukan Sang Ayah adalah dengan tidak merusak hutan. Bahkan ikut menjaga kelangsungan ekosistem hutan agar tetap bertahan. Merusak hutan hanya akan membuat banyak binatang di dalam hutan akan perlahan mati dan punah. Buku ini mengajarkan anak-anak untuk mengetahui cara menjaga lingkungan dan tahu dari mana asalnya buku. Yaitu dari kayu yang didapat dari pepohonan.

3. Pembuatan Buku Dilakukan Dengan Penuh Cinta

Buku ini dibuat dengan penuh rasa cinta. Bahkan satu persatu buku dibuat menggunakan tangan. Tidak dengan mesin percetakan yang akan menghasilkan ribuan buku dalam waktu yang relatif cepat. Seorang seniman membuat buku ini secara perlahan-lahan menggunakan tangannya sendiri.

Buku ini dibuat dengan menggunakan sablon yang terbuat dari bahan tinta ramah lingkungan. Selain itu kertas terbuat dari serat semacam sutra. Dalam kertas akan ditanamkan satu persatu biji Jacaranda. Setelah itu ditutup lagi dengan lapisan serat. Buku ini akan muda hancur di dalam tanah dan biji bisa segera pecah dan tumbuh jadi tanaman baru.

Buku yang benar-benar menarik. Tidak hanya mengajarkan untuk menghargai alam, tapi secara tidak langsung juga membantu proses penghijauan. Semoga di Indonesia ada inovasi buku ramah lingkungan seperti ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA