Kalau melihat jadwal diselenggarakannya, tentu Olimpiade tahun 2020 Tokyo Jepang masihlah tergolong lama. Di mana ajang bergensi olahraga dunia tersebut baru akan bergulir pada 24 Juli 2020. Meski demikian, namun bocoran akan bonus atlet mampu meraih emas di sana sudah tersebar. Kabarnya nominal tinggi akan dirasakan mereka yang mampu medulang emas di Olimpiade 2020. Bahkan sangat mampu membuat seorang atlet menjadi orang kaya baru (OKB).

Menurut Eko Yuli Irawan yang dikutip dari laman Republika.com, kabar tersebut sangat patut untuk disyukuri, dan menuratnya bisa memotivasi para kontingen Indonesia di sana untuk menunjukkan yang terbaik. Sedangkan ungkap mantan Legenda bulu tangkis Indonesia, Christian Hadinata, naiknya bonus peraih medali emas adalah sebuah hal wajar. Pasalnya, untuk mencapai hal tersebut perjuangan jauh dari kata mudah.

Olimpiade Tokyo 2020 [Sumber Gambar]
Kembali tentang bonus atlet Indonesia bisa merebut emas. Dilansir Boombastis dari Bolasport.com, tutur Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) jumlahnya akan naik sekitar enam kali lipat dari yang diterima di Asian Games 2018 silam. Jadi bila dihitung-hitung, maka mereka yang akan berhasil jadi nomor di Olimpiade akan menerima sekurang 7 miliaran lebih. Jumlah yang pastinya akan menjadi terbesar dalam sejarah olahraga di Indonesia.

Atlet Indonesia peraih emas Rio [Sumber Gambar]
Hal ini tentu bukanlah tanpa sebab, pasalnya bila berkaca dari bonus Olimpiade beberapa tahun silam jumlahnya masih di bawahnya. Dari penelusuran yang dilakukan penulis, mereka yang mampu mendapatkan medali tersebut diganjar dengan bonus sebesar 5 miliar. Lalu atlet peraih perak Rp 2 miliar, dan perunggu Rp 1 miliar. Sedangkan untuk melatihnya yang dapat memoles anak asuhnya beprestasi di olimpiade akan diberikan hadiah sebesar 2 miliar sampai 800 juta.

Emas Olimpiade Rio [Sumber Gambar]
Walaupun terbilang kecil bila dibandingkan dengan sekarang. Namun pada Olimpiade Rio Brazil tiga tahun lalu, bonus emas kontingen Indonesia diam-diam menjadi terbesar kedua setelah Singapura untuk wilayah Asia Tenggara. Atlet Singapura sediri bila bisa meraih emas akan mendapatkan uang dengan nominal sampai Rp 9,2 miliar. Angka yang bisa dibilang jauh lebih besar dari yang diberikan negara Eropa kepada atletnya.

BACA JUGA:  Seperti Bumi dan Langit, Beginilah Perbandingan Bonus Atlet Malaysia dengan Indonesia

Berkaca dari ulasan tadi, pastinya keinginan pemerintah menaikan bonus atlet Indonesia di Olimpiade 2020 adalah hal sangat baik. Selain bisa memotivasi lebih prestasi, juga menjadi bentuk apresiasi pemerintah untuk para patriotnya di lapangan olahraga. Kalau menurut kalian bagaimana sobat Boombastis, layak kah 6 kali lipat?